Logo Lamina

Adakah Cara Mengobati Saraf Kejepit yang Aman dan Efektif?

cara mengobati saraf kejepit yang aman

Anda mengalami saraf kejepit yang tak kunjung sembuh? Untuk mengatasinya, ada cara mengobati saraf kejepit yang aman dan lebih efektif dengan cepat. Apalagi, dengan kemajuan teknologi saat ini, endoskopi Joimax hadir sebagai pilihan terbaik untuk saraf kejepit tanpa harus operasi. 

Saraf kejepit atau hernia nukleus pulposus terjadi akibat adanya robekan pada diskus tulang belakang yang akhirnya menonjol dan menekan saraf di sekitarnya. Tekanan tidak wajar ini dapat menyebabkan gejala yang bervariasi tergantung lokasi terjepitnya saraf. Misalnya, nyeri menjalar, kebas, kesemutan, bahkan kelemahan otot di bagian tubuh yang terkena. 

Nah, jika dulu saraf kejepit yang sudah parah biasanya sembuh dengan tindakan operasi, sekarang ada endoskopi Joimax sebagai alternatif pengobatan tanpa operasi. Penasaran seperti apa teknologi yang berasal dari Jerman ini? Yuk, kita bahas lebih lanjut di artikel ini.

Apa Itu Endoskopi Joimax?

Prosedur ini merupakan endoskopi tulang belakang yang bersifat minimal invasif dengan menggunakan alat dekompresi berteknologi tinggi. Tindakan yang dilakukan berdasarkan tingkat keparahan pasien dengan keluhan utama yaitu saraf kejepit. 

Cara kerjanya yaitu dengan memasukkan alat dekompresi ke area tulang belakang di mana terdapat jepitan pada saraf, melalui satu sayatan kecil sebesar kurang lebih 7 mm. Alat endoskopi memiliki kamera khusus yang berukuran mikro dan tersambung dengan layar monitor HD, yang berfungsi sebagai panduan dokter selama prosedur dilakukan. Dengan panduan tersebut, dokter dapat melihat lapang pandang yang lebih luas dan visualisasi langsung ke akar saraf yang terkena jepitan. 

Selanjutnya dokter akan mengambil atau membuang bantalan tulang yang menonjol, tanpa merusak jaringan lunak dan otot di sekitar saraf. Dengan cara ini, saraf akan terbebas dari tekanan dan rasa nyeri langsung hilang seketika. 

Baca Juga:  Pergelangan Tangan Sakit, Begini Cara Mengatasinya

Jenis Endoskopi Joimax

Berdasarkan kondisi dan lokasi saraf yang terjepit, endoskopi Joimax terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System: Metode ini bertujuan untuk mengatasi jepitan saraf yang berada di area leher (servikal). Teknik CESSYS dapat dilakukan melalui bagian depan atau belakang leher, yaitu dengan CESSYS Ventral dan Dorsal. 
  • TESSYS atau Transforaminal Endoscopic Surgical System: TESSYS bekerja dengan cara membuang bantalan tulang melalui foramen intervertebralis (celah pada ruas tulang belakang sebagai jalur persarafan).
  • iLESSYS atau Interlaminar Endoscopic Surgical System: Metode ini menggunakan akses interlaminar untuk membuang atau menghilangkan saraf kejepit dan juga cocok untuk penanganan spinal stenosis. Prosedur ini lebih minim risiko daripada teknik konvensional bedah terbuka.

Keunggulan Endoskopi Joimax

Ada berbagai keunggulan endoskopi Joimax sehingga sangat tepat sebagai pilihan terbaik pengobatan saraf kejepit, antara lain: 

  • Merupakan prosedur minimal invasif
  • Teknologi mutakhir dari Jerman
  • Tanpa operasi bedah terbuka
  • Lebih aman karena tidak merusak jaringan di sekitarnya seperti otot, ligamen atau tendon
  • Hanya dengan anestesi lokal sehingga pasien masih sadar saat tindakan
  • Waktu tindakan relatif singkat sekitar 45 menit
  • Tanpa rawat inap
  • Masa penyembuhan lebih cepat
  • Teknik ini hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf yang kompeten dan berpengalaman

Apabila Anda memiliki keluhan saraf kejepit, segeralah periksakan diri ke Lamina Pain and Spine Center. Lamina memiliki dokter spesialis bedah saraf berpengalaman yang akan membantu mengatasi saraf kejepit tanpa operasi. Dengan metode pengobatan berteknologi tinggi, saraf kejepit akan sembuh tuntas dan Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman. 

Lamina juga memiliki layanan ambulans untuk memudahkan pasien datang ke klinik dan konsultasi online bagi Anda yang terkendala jarak.

Baca Juga:  Penting! 7 Pantangan Syaraf Kejepit Yang Perlu Kamu Tahu

Silakan menghubungi Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat kami melalui whatsapp ke 0811 1443 599.

Baca juga: Luar Biasa! Saraf Kejepit Leher Langsung Sembuh Tanpa Operasi

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Faisal, Sp. BS (Dokter Spesialis Bedah Saraf di Lamina Pain and Spine Center)

Referensi: 

Mayo Clinic. Herniated Disk. Akses pada 26 Februari 2023

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/herniated-disk/symptoms-causes/syc-20354095

Joimax. Endoscopic Spine Surgery. Akses pada 26 Februari 2023

joimax.com/us/

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer