Cara Mengatasi Saraf Terjepit Pada Pergelangan Tangan

cara mengatasi saraf terjepit pergelangan tangan

Cara mengatasi saraf terjepit ada beragam, bergantung pada lokasinya. Apakah kamu sering mengalami nyeri atau kesemutan pada area sekitar tangan? Nah, ini mungkin berkaitan dengan seberapa sering kamu melakukan pekerjaan dengan menggunakan tangan pada posisi yang sama dan jarang berubah.  

Jika sering mengalami kesemutan dan nyeri, ada kemungkinan mengalami saraf terjepit sekitar pergelangan tangan. Nah, jika mengalami kondisi ini ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri dan kesemutan akibat saraf kejepit pada pergelangan tangan. 

Apakah saraf terjepit bisa terjadi pada pergelangan tangan?

Saraf  pada area sekitar pergelangan tangan juga bisa terjepit. Kondisi ini disebut dengan carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom terowongan/lorong karpal.

 CTS terjadi saat jari dan pergelangan tangan merasakan nyeri atau kesemutan. Penyebabnya bisa karena penggunaan tangan yang berlebihan atau melakukan gerakan yang berulang. Misalnya, mengulek, mencuci baju, mengetik komputer, menggunakan mouse komputer, maupun menulis.

Selain itu, kehamilan serta beberapa penyakit lainnya yang menyertai seperti hipotiroid, diabetes mellitus, dan artritis reumatoid juga bisa memicu terjadinya CTS. Saraf tejepit pada pergelangan tangan ini banyak terjadi pada perempuan daripada  laki-laki dengan rata-rata usia berkisar 30 tahun.

Selain nyeri dan/atau kesemutan, gejala CTS terkadang disertai juga dengan sensasi rasa panas atau terbakar yang sangat mengganggu. Apabila gejala CTS tidak segera mendapatkan penanganan atau perawatan,  dapat menimbulkan kerusakan saraf median yang permanen. Kerusakan saraf ini yang kemudian akan membuat otot-otot sekitar tangan mengecil dan sulit menggerakkan jari-jari.

Baca Juga: Waspada! Tangan Kesemutan Bisa Jadi Gejala Carpal Tunnel Syndrome!

Baca Juga:  Ibu Hamil Sering Sakit Pinggang, Ini Penyebabnya

Bagaimana mendiagnosis CTS?

Dalam mendiagnosis penyakit ini, dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan jika perlu pemeriksaan penunjang berupa elektromiografi. Biasanya, seseorang yang memiliki CTS, maka ia akan merasakan kesemutan pada sekitar pergelangan tangan.

Cara mengatasi saraf terjepit tangan/CTS

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengatasi atau mengurangi gejala CTS yang mengganggu, seperti:

  • Istirahtkan tangan yang sakit atau merasakan keluhan ketidaknyamanan, dengan mengompres dingin selama 10-15 menit setiap 1-2 jam sekali.
  • Gunakan band atau splint untuk membebat pergelangan tangan saat sedang tidur. Biasanya, penggunaan band atau splint ini bisa membantu meringankan gejala yang penderita rasakan.
  • Jika nyeri yang muncul sangat tidak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi obat antinyeri. Lebih lanjut, bila perlu dapat mengombinasikan dengan injeksi kortikosteroid. Tujuannya, untuk mengurangi peradangan atau injeksi anestesi untuk menekan rasa nyeri yang berkepanjangan. Tentunya perawatan ini perlu sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter.
  • Jika gejala kian parah dan memburuk, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan tindakan pembedahan untuk melepaskan saraf median yang terjepit.

Baca Juga: Profesi Yang Rentan Carpal Tunnel Syndrome

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer