Logo Lamina

5 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Sering Tidak Disadari

ciri ciri kolesterol tinggi

Anda pernah merasa pusing yang terus menerus dan jadi mudah lelah? Hati-hati ya, karena ini adalah ciri-ciri kolesterol tinggi yang seringkali tidak disadari. Kolesterol sendiri sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh untuk menghasilkan vitamin D, membentuk hormon, dan melancarkan sistem pencernaan. Namun, yang perlu Anda khawatirkan adalah ketika kadar kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi daripada kolesterol baik (HDL). 

Penumpukan LDL atau low density lipoprotein bisa berbahaya bagi tubuh karena lemak dalam darah akan mengeras dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Kadar kolesterol berlebih dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, hipertensi, stroke dan masalah kesehatan lainnya. Lantas, seperti apa ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diwaspadai? Yuk, cari tahu jawabannya. 

Tanda Kolesterol Tinggi

Penderita kolesterol tinggi terkadang tidak mengalami gejala khusus, sehingga Anda mungkin sering tidak menyadarinya. Berikut ini adalah ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu Anda waspadai, antara lain: 

Mudah lelah dan mengantuk

Rasa cepat lelah dan sering mengantuk merupakan salah satu tanda kolesterol tinggi. Hal ini terjadi akibat munculnya timbunan plak di dinding pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi, sehingga aliran darah ke jaringan tubuh menjadi berkurang. Dengan berkurangnya oksigen dalam darah, otomatis Anda akan lebih mudah mengantuk dan lelah. 

Sering merasa kram dan kesemutan

Mungkin Anda merasa jika sering kram atau kesemutan di malam hari adalah hal yang wajar. Sebab kondisi ini sering terjadi akibat salah posisi tidur. Namun, jika Anda menderita kolesterol tinggi biasanya akan terasa kram di telapak kaki, jari, ataupun tumit. 

Baca Juga:  Penting! 7 Pantangan Syaraf Kejepit Yang Perlu Kamu Tahu

Sesak Napas

Penumpukan plak di arteri jantung membuat menurunnya  pasokan darah yang membawa oksigen ke sistem pernapasan. Kondisi ini bisa menyebabkan kadar oksigen menurun dan timbul gejala sesak napas yang berbahaya. 

Rasa Nyeri di Area Dada

Nyeri di bagian dada terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan endapan pada dinding-dinding arteri. Endapan tersebut akan menghambat aliran darah  arteri sehingga penerimaan oksigen berkurang dan kinerja organ vital lain akan menurun. 

Nyeri Tungkai Kaki

Ketika Anda memiliki kolesterol tinggi, kaki bisa terasa sangat kaku dan muncul sensasi terbakar yang cukup mengganggu. Selain kaki, rasa sakit juga mungkin terjadi di bagian paha dan bokong. Kaki juga akan terasa dingin karena adanya penyumbatan pada aliran darah sehingga tidak sampai ke kaki. 

Faktor Risiko Kolesterol Tinggi

Gaya hidup tidak sehat adalah penyebab utama dari kolesterol tinggi. Biasanya karena kebiasaan mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi atau kolesterol tinggi. 

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol tinggi, yaitu: 

  • Kegemukan atau obesitas
  • Jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik
  • Menderita diabetes
  • Gangguan pada ginjal
  • Kelainan kelenjar tiroid
  • Wanita hamil

Nah, itu tadi adalah berbagai informasi mengenai tanda kolesterol tinggi yang penting untuk Anda ketahui. Untuk mencegahnya, mulailah ubah gaya hidup sehat, rutin berolahraga dan kelola stres dengan baik.

Lakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan kadar kolesterol tetap normal. Namun, jika memiliki keluhan dan gejala seperti yang telah dijelaskan di atas, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dr. Melsa Aprima, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam di Lamina Pain and Spine Center.  Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan gejala yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga:  Apa yang Terjadi Jika Saraf Terjepit? Ini Penjelasannya!

Yuk, langsung chat dan hubungi kami sekarang untuk hidup bebas nyeri!

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer