Logo Lamina

Awas, Saraf Kejepit Leher yang Diabaikan Bisa Picu Kelumpuhan!

saraf kejepit di leher

Saat ini, keluhan saraf kejepit di leher mulai banyak mengintai masyarakat modern. Pemicunya bisa karena posisi yang salah ketika menggunakan smartphone atau laptop, pergi ke tempat gym dan mengangkat beban terlalu berat, atau karena cedera. Berbagai faktor ini dapat menyebabkan gangguan pada saraf di sepanjang ruas tulang belakang, termasuk leher dan punggung bawah. Lantas, apa yang terjadi jika saraf kejepit di leher ini dibiarkan saja? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Sekilas Tentang Tulang Belakang Leher

Cervical spine atau tulang belakang leher adalah kolom tulang yang panjang dan fleksibel yang berperan penting dalam melindungi sumsum tulang belakang. Ruas tulang belakang bermula dari tengkorak kepala dan berakhir di tulang ekor pada bagian panggul. Tulang belakang leher terdapat pada leher di ruas tulang belakang yang terdiri dari tujuh tulang (C1-C7 vertebrae).

Tulang belakang ini terpisahkan oleh diskus atau cakram yang bentuknya seperti bantalan lembut. Diskus memiliki bagian tengah yang lembut seperti gel dan lapisan luar yang lebih padat dan kuat. Fungsinya yaitu sebagai bantalan tulang untuk menyerap benturan atau cedera pada kepala dan leher. Selain itu, diskus juga dapat membantu fleksibilitas kepala dan leher agar bisa menekuk dan tegak kembali.

Sumsum tulang belakang berperan penting sebagai penghubung seluruh saraf pada tubuh untuk mengirimkan sinyal dari otak. Jika ada bagian dari akar saraf yang terjepit atau tertekan, maka dapat memengaruhi saraf yang melekat di sekitarnya. Pada kasus saraf kejepit leher (radikulopati servikal) bisa menimbulkan rasa nyeri yang menjalar hingga ke lengan dan bahu.

Baca Juga:  Olahraga Renang Untuk Penderita Saraf Kejepit

Apa Saja Gejala Saraf Kejepit Leher?

Pada umumnya, gejala saraf kejepit leher berbeda tergantung dari letak saraf yang mengalami gangguan. Pada saraf kejepit di leher, Anda mungkin akan merasakan gejala berikut ini:

  • Rasa nyeri yang menjalar seperti tertusuk jarum
  • Muncul sensasi terbakar pada lengan, bahu dan tangan
  • Kebas dan kesemutan yang berlangsung lama pada lengan dan tangan
  • Kelemahan otot pada lengan dan tangan
  • Rasa sakit yang meningkat ketika menggerakkan leher atau kepala
  • Bengkak atau radang pada leher

Gejala tersebut bisa hilang dan membaik seiring waktu dengan perawatan mandiri. Namun, jika nyeri berlanjut dan berkepanjangan, bisa menandakan bahwa saraf Anda telah terjepit sepenuhnya. Akibatnya fungsi saraf bisa terganggu dan tidak berfungsi seperti biasa. Kondisi saraf kejepit yang tidak segera tertangani bisa memicu kelemahan otot, menurunnya fungsi gerak tubuh, hingga menyebabkan kerusakan permanen seperti kelumpuhan.

Untuk mencegah risiko komplikasi dan kelumpuhan, periksakan diri ke dokter secepatnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Saraf Kejepit Penyebab, Gejala dan Penanganan dengan Endoskopi

Pengobatan Saraf Kejepit Tanpa Operasi di Lamina

Operasi saraf kejepit leher sebaiknya tidak dilakukan untuk menghindari risiko tinggi terjadinya komplikasi. Saat ini, pengembangan teknologi modern telah memberikan berbagai inovasi canggih dalam dunia kedokteran. Salah satu solusi pengobatan saraf kejepit terbaik dan unggul adalah teknik endoskopi Joimax.

Endoskopi Joimax bisa mengatasi sakit akibat saraf kejepit di leher yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Sebagai tindakan minimal invasif, endoskopi Joimax hanya menggunakan sayatan kecil sebagai portal untuk memasukkan kamera khusus dan alat dekompresi endoskopi lainnya. Kamera kecil ini akan terhubung dengan layar monitor untuk membantu dokter dalam melihat lokasi dan kondisi saraf yang terjepit.

Baca Juga:  Tulang Belakang Nyeri Saat Udara Dingin, Apa Penyebabnya?

Dengan endoskopi Joimax, waktu tindakan relatif cepat, kerusakan jaringan minimal, tanpa harus rawat inap dan proses penyembuhan lebih cepat.

Jadi, sebaiknya jangan pilih metode pengobatan lainnya, karena hanya endoskopi Joimax sebagai solusi tepat untuk mengatasi saraf kejepit Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter kami dengan menghubungi Assistant Center Lamina Pain and Spine Center pada nomor kontak yang tertera.

Yuk, jangan tunda hingga nyeri bertambah parah dan segeralah ke Lamina Pain and Spine Center untuk penanganan yang tepat!

Simak video berikut tentang saraf kejepit leher yang dialami oleh artis Ferry Irawan:

Referensi:

https://www.webmd.com/pain-management/pain-management-cervical-radiculopathy#:~:text=The%20main%20symptom%20of%20cervical,tingling%20in%20fingers%20or%20hands

https://www.spine-health.com/conditions/neck-pain/cervical-radiculopathy-symptoms

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4958381/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22639-cervical-radiculopathy-pinched-nerve

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer