Keunggulan Endoskopi Joimax sebagai Teknologi Terkini Atasi Saraf Kejepit

endoskopi joimax

Endoskopi tulang belakang Joimax adalah salah satu teknologi mutakhir yang digunakan untuk mengatasi gangguan pada tulang belakang, seperti stenosis spinal dan saraf kejepit. Sebelum hadirnya endoskopi, kebanyakan orang masih memilih untuk menjalani tindakan bedah konvensional untuk penanganan saraf kejepit. Namun, bedah konvensional memiliki risiko komplikasi jangka panjang yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh seperti lumpuh. Oleh karena itu, endoskopi Joimax menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menderita saraf kejepit. Mau tahu lebih lanjut apa saja keunggulannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.  

Saraf Kejepit Bisa Hambat Aktivitas

Saraf kejepit terjadi akibat adanya bantalan tulang yang menonjol dan menekan saraf di sekitarnya. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala seperti nyeri terpusat pada area tubuh yang terkena, nyeri radikuler yang menjalar ke area lain, kebas, ataupun kesemutan. Penyebabnya pun beragam mulai dari cedera, radang sendi, tekanan dari kegiatan berulang, hingga obesitas.

Nyeri akibat saraf kejepit bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari yang kita lakukan. Sebab, rasa sakitnya bisa muncul secara tiba-tiba dan berlangsung lama. Bahkan, beberapa orang sampai tidak bisa bekerja, berolahraga ataupun melakukan rutinitas lainnya. Pada kasus carpal tunnel syndrome (CTS), Anda mungkin tidak bisa melakukan aktivitas yang menggunakan tangan seperti mengetik, mengangkat benda berat atau mengambil barang. Kondisi ini tentunya sangat menghambat pergerakan atau mobilitas yang kita lakukan, sehingga bisa menurunkan kualitas hidup penderita.

Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Konsultasikan segera dengan dokter spesialis bedah saraf agar nyeri tidak berkepanjangan. Rasa sakit yang berlangsung lama bisa mengakibatkan komplikasi dan membahayakan kesehatan. Setelah dokter melakukan diagnosis saraf kejepit, biasanya dokter akan memberikan beberapa terapi pengobatan, seperti:

  • Obat-obatan seperti antibiotik, obat pereda nyeri seperti golongan NSAID (Nonsteroid Anti-Inflammatory Drugs) bersamaan dengan relaksan otot
  • Fisioterapi untuk merelaksasi dan memperkuat otot dan sendi pada tubuh terutama tulang belakang.
  • Tindakan endoskopi tulang belakang jika terapi obat dan fisioterapi tidak bisa mengatasi nyeri saraf kejepit.
Baca Juga:  Saraf Kejepit Harus Berobat Kemana? Klinik Lamina Solusinya!

Endoskopi Joimax Sebagai Solusi Terbaik

Endoskopi Joimax merupakan tindakan yang dilakukan dengan memasukkan alat dekompresi endoskopi melalui satu sayatan kecil. Alat endoskopi ini berupa kamera khusus yang tersambung dengan layar monitor High Definition, sehingga memudahkan dokter dalam melihat kondisi dan lokasi saraf yang terjepit. Dokter dapat melihat dengan jelas gambar yang diperbesar pada layar saat akan memotong atau membuang cakram hernia, sendi atau ligamen flavum yang menekan saraf.

Mengutip laman Joimax, Endoscopic Spine Experts, keunggulan lain dari endoskopi Joimax adalah:

  • Tindakan ini termasuk minimal invasif yang memiliki risiko kecil terjadinya perdarahan, sehingga lebih aman.
  • Salah satu teknologi mutakhir dan terbaik yang berasal dari Jerman.
  • Tidak memotong banyak jaringan di sekitar saraf, seperti otot, ligamen, ataupun tendon sehingga kerusakan jaringan minimal.
  • Luka sayatan kecil dan hanya satu portal (lubang) sebesar 7mm.
  • Waktu pelaksanaan prosedur relatif singkat sekitar 45-60 menit.
  • Proses pemulihan pasca tindakan lebih cepat. Studi klinis menunjukkan pasien lebih cepat sembuh dan bisa kembali bekerja setelah menjalani prosedur endoskopi Joimax1,2 .
  • Hanya membutuhkan bius lokal sehingga pasien masih setengah sadar selama tindakan. Hal ini memungkinkan dokter untuk bertanya tentang reaksi pasien jika timbul rasa nyeri.
  • Instrumen endoskopi dibuat berdasarkan keahlian tangan para dokter spesialis bedah saraf yang berpengalaman.

Untuk berkonsultasi dan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Care Line Officer di Klinik Lamina Pain and Spine Center. Lamina berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan dan memiliki beberapa cabang di RS.Meilia Cibubur, RS.Kartika Pulomas, dan RS.Mayapada Kuningan. Kami memiliki tim dokter spesialis bedah saraf profesional dan berpengalaman yang telah menangani lebih dari 1600 tindakan endoskopi tulang belakang, terbesar se-Asia Tenggara. Anda juga bisa menggunakan layanan antar jemput ambulans dari Lamina untuk memudahkan transportasi dari dan menuju ke Klinik Lamina.

Baca Juga:  Cara Mengobati Saraf Terjepit Leher, Pinggang Hingga Bokong Pada Pekerja

Sumber: https://www.joimax.com/us/professionals/endoscopic-spine-surgery/

1. Molyneux S, Spens HJ, Gibson A. Transforaminal Endoscopic or Micro-Discectomy – Early Results of a Randomized Controlled Trial. Proceedings of Britspine. 2010.
2. Ruetten S, Komp M, Merk H, Godolias G. Full-endoscopic interlaminar and transforaminal lumbar discectomy versus conventional microsurgical technique: a prospective, randomized, controlled study. Spine. 2008;33(9):931.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer