Saraf Kejepit di Leher Belakang, Apa Penyebabnya?

saraf kejepit di leher belakang

Saraf kejepit di leher belakang umumnya disebabkan oleh faktor bertambahnya usia ataupun postur tubuh yang salah saat bermain gadget dan sering menunduk di depan laptop. Dalam istilah medis disebut juga dengan radikulopati servikal, yaitu kondisi yang terjadi akibat tekanan berlebih pada saraf dari jaringan di sekitarnya. Pada beberapa kasus, saraf kejepit bisa sembuh dengan perawatan konservatif yang mencakup obat-obatan dan terapi fisik atau fisioterapi. Namun, ada kalanya kondisi ini memerlukan penanganan lebih lanjut.

Kenali Penyebab Saraf Kejepit di Leher Belakang

Saraf leher yang tertekan ini biasanya terjadi pada akar saraf yang berlokasi dekat dengan tulang leher. Pada bagian leher ada tujuh tulang belakang yang membentuk tulang leher (servikal) yang bermula dari dasar tengkorak manusia. Akar saraf tersebut bercabang melalui ujung tulang belakang yang disebut dengan foramen.

Kerusakan pada saraf dapat menimbulkan nyeri menjalar dan hilangnya sensasi di sepanjang jalur saraf menuju lengan dan pergelangan tangan, tergantung lokasi rusaknya akar saraf.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, antara lain:

  • Degeneratif, yang mengakibatkan perubahan pada tulang atau cakram tulang belakang sehingga keluar dari posisinya semula dan menekan saraf
  • Cedera atau trauma pada tulang leher. Biasanya terjadi karena berolahraga, kecelakaan atau akibat terjatuh
  • Terlalu sering menunduk saat bermain gadget atau bekerja di depan laptop
  • Mengangkat beban berat yang menambah tekanan pada leher
  • Infeksi di tulang leher
  • Tumor leher

Gejala yang Harus Anda Waspadai

Gejala utama pada penderita saraf kejepit yaitu munculnya nyeri yang menjalar ke bahu, lengan, dan dada. Bahkan nyerinya bisa meluas sampai ke pergelangan tangan. Gejala ini juga biasanya hanya terjadi pada satu sisi tubuh saja.

Baca Juga:  Cara Mengobati Syaraf Kejepit Leher, Pinggang, dan Bokong

Jika Anda mengalami saraf kejepit di leher belakang, umumnya juga akan merasakan hal-hal berikut ini:

  • Masalah sensorik, seperti kebas atau kesemutan di area lengan atau pergelangan tangan.
  • Gangguan motorik, misalnya kelemahan otot, menurunnya koordinasi gerak tubuh, atau hilangnya refleks pada lengan dan tangan.

Diagnosis dan Penanganan Saraf Kejepit Leher

Untuk membuat diagnosis saraf kejepit leher, dokter akan meminta untuk menjelaskan gejala yang dirasakan dan meninjau kembali riwayat kesehatan. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik yang mencakup pemeriksaan leher, bahu, lengan dan tangan jika ada indikasi melemahnya otot atau sendi dan gangguan sensasi atau refleks.

Tak hanya pemeriksaan fisik, dokter juga memerlukan pemeriksaan penunjang seperti MRI guna memeriksa kerusakan akar saraf atau jaringan lunak pada area leher.

Pada gejala yang masih ringan, dokter mungkin akan memberikan obat-obatan anti nyeri ataupun terapi fisik. Namun, terkadang perawatan tersebut tidak berdampak pada kesembuhan pasien, sehingga Anda memerlukan penanganan lainnya yang lebih efektif.

CESSYS® Joimax

Pada saraf kejepit leher, endoskopi CESSYS® Joimax adalah solusi terbaik untuk kesembuhan yang optimal. CESSYS® atau Cervical Endoscopic Surgical System adalah teknologi terkini dengan menggunakan prosedur minimal invasif tanpa harus operasi. Prosedur ini hanya membutuhkan satu sayatan kecil di belakang leher untuk memasukkan alat dekompresi endoskopi.

Untuk melihat lokasi saraf yang tertekan atau terjepit, kamera khusus berukuran mikro yang dimasukkan ke area leher belakang akan menunjukkan dengan tepat area tersebut dengan bantuan layar monitor HD. Dengan alat ini, dokter akan lebih mudah melihat lokasi saraf yang terjepit sehingga lebih aman ketika mengambil bantalan tulang yang menonjol dan menekan saraf.

Baca Juga:  Sering Merasa Nyeri di Punggung Bawah? Waspada Terkena Saraf Kejepit!

Keunggulan dari CESSYS® adalah risiko kecil terjadinya komplikasi dan kerusakan jaringan juga lebih minimal. Dengan hanya bius lokal dan sayatan kecil, Anda tidak perlu rawat inap dan bisa langsung pulang. Meski demikian, tetap lakukan kontrol agar dokter lebih mudah memantau kondisi pasca tindakan dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Hubungi Lamina Pain and Spine Center untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang saraf kejepit leher dan endoskopi CESSYS® . Anda bisa chat kami di nomor whatsapp 0811-1443-599 atau konsultasi ke nomor 021-7919-6999 untuk penanganan masalah saraf kejepit Anda dengan tepat.

Baca juga: Waspada, Kenali Gejala Saraf Kejepit Leher yang Bisa Picu Kelumpuhan!

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer