Logo Lamina

Operasi HNP Tidak Selalu Dilakukan, Kamu Mungkin Bisa Coba Fisioterapi

operasi hnp tak selalu dilakukan

Operasi HNP pada beberapa kasus tidak perlu dilakukan, mengapa? Jawabannya, tidak semua penyakit saraf terjepit atau dalam istilah medisnya hernia nukleus pulposus (HNP) perlu melakukan operasi. 

Ada penderita saraf kejepit yang kondisinya membaik setelah menjalani pengobatan, baik dengan konsumsi obat-obatan dan juga fisioterapi. Bahkan, pada beberapa kasus, penderita HNP bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu.

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang daftar obar saraf kejepit yang bisa menghilangkan nyeri. Sekarang, kita akan membahas pengobatan fisioterapi pada penderita saraf kejepit tanpa perlu melakukan operasi HNP. 

Baca Juga: Sembuhkan Saraf Kejepit atau HNP Tanpa Operasi

Apa Itu Fisioterapi?

Fisioterapi merupakan proses pengobatan yang dilakukan agar seseorang terhindar dari cacat fisik akibat penyakit atau cedera. Metodenya dengan melakukan sejumlah tindakan pencegahan, diagnosis, dan penanganan guna mengatasi gangguan fisik yang pasien alami. 

Langkah awal fisioterapi tanpa operasi hnp 

HNP adalah penyakit saraf terjepit yang bisa terjadi dari leher, bahu, punggung atas, pinggang, tangan, bokong, hingga kaki sekalipun.

Hernia nukleus pulposus atau HNP merupakan penyakit yang terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser hingga menonjol keluar dan menekan saraf tulang belakang sehingga menimbulkan nyeri yang bergantung lokasinya.

Dalam kasus yang ringan, HNP bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, jika terjadi selama berbulan-bulan, keluhan nyeri bisa ganggu aktivitas, maka kamu harus segera menemukan langkah penanganan yang tepat, salah satunya adalah fisioterapi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi saraf kejepit dengan fisioterapi? Langkah pertama yang  adalah keterlibatan peserta terapi secara aktif dan kedisiplinan.  Maksudnya adalah kedisiplinan waktu dalam melakukan fisioterapi dan mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat untuk mempersingkat waktu kesembuhan. Berikut ini metode untuk mengatasi saraf kejepit dengan fisioterapi:

Baca Juga:  Lamina Pain and Spine Center Menyediakan Layanan Penjaminan Asuransi untuk Tindakan Operasi Syaraf Kejepit

1.Program Pelatihan

Program pelatihan bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, senam atau olahraga, dan peregangan otot.

2.Teknik Elektroterapi

Teknik elektroterapi membutuhkan bantuan aliran listrik untuk terpai. Jenisnya sendiri terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN).
  • Terapi stimulasi listrik melalui jaringan lemak (PENS).
  • Metode PENS yang menggabungkan teknik akupuntur dan terapi listrik.

3.Fisioterapi Manual

Fisioterapi manual cara melakukannya dengan memijat, latihan peregangan, serta mobilisasi sendi. Langkah ini bertujuan untuk membantu relaksasi, mengurangi nyeri, serta meningkatkan fleksibilitas anggota gerak tubuh yang terkena HNP. 

4.Terapi Okupasi

Terapi okupasi atau occupational therapy bertujuan untuk membantu seseorang yang memiliki keterbatasan fisik, sensorik, atau kognitif agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

Itulah beberapa prosedur fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah saraf terjepit tanpa operasi HNP. Untuk lebih jelasnya mengenai hal-hal apa yang harus penderita saraf kejepit lakukan sebelum, selama, dan sesudah prosedur, bisa berkonsultasi dengan dokter kami di klinik Lamina Pain and Spine Center atau Lamina Rehab ya.

Baca juga: Penyakit Yang Bisa Sembuh Dengan Fisioterapi

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer