Sering Nyeri Pinggang Saat Duduk Lama? Waspada Saraf Kejepit!

saraf kejepit bokong

Keluhan nyeri pinggang mungkin sering Anda rasakan saat duduk terlalu lama. Beberapa orang terkadang hanya mengabaikan rasa sakitnya walau kerap mengganggu aktivitas. Padahal, bisa jadi ini adalah salah satu ciri Anda mengalami saraf kejepit. Biasanya, nyeri pinggang dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus melakukan perawatan medis. Namun, ada kalanya nyeri tidak juga membaik dan berlangsung lebih lama. Nah, kalau sudah begini Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secepatnya ya.

Saraf Kejepit Bisa Sebabkan Nyeri Pinggang Kronis

Kebanyakan kasus nyeri pinggang atau low back pain bersifat ringan dan pasti dialami setiap orang setidaknya sekali seumur hidupnya. Banyak hal yang menjadi faktor pemicunya, misalnya melakukan aktivitas fisik yang berat, cedera di bagian pinggang akibat berolahraga, duduk terlalu lama, obesitas atau faktor usia.

Kondisi ini kerap dianggap sebagai hal yang sepele. Pasalnya, beberapa keluhan nyeri pinggang juga bisa mengindikasikan kondisi medis tertentu yang lebih parah dan membutuhkan penanganan, salah satunya yaitu saraf kejepit.

Saraf kejepit atau dalam istilah medisnya hernia nukleus pulposus adalah kondisi yang terjadi akibat menonjol atau bergesernya bantalan tulang belakang karena berbagai faktor sehingga menekan saraf tulang belakang dan saraf tepi. Tekanan atau jepitan pada saraf ini dapat menimbulkan nyeri hebat pada pinggang. Selain di pinggang, saraf kejepit juga bisa terjadi di leher (radikulopati servikal) ataupun pergelangan tangan (carpal tunnel syndrome).


Apa Bedanya Nyeri Pinggang Biasa dan Nyeri Akibat Saraf Kejepit?

Nyeri pinggang biasa berbeda dengan nyeri karena saraf kejepit. Biasanya yang membedakannya adalah intensitas keparahan dan lokasi timbulnya rasa nyeri.

Baca Juga:  5 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Sering Tidak Disadari

Jika mengalami nyeri pinggang biasa misal saat duduk lama dalam posisi yang sama, gejala umumnya yaitu muncul rasa sakit mulai dari punggung bawah ke tulang rusuk hingga ke pinggang. Biasanya akan merasakan pegal, lalu nyerinya semakin terasa sehingga anda sulit berdiri atau bergerak. Namun, nyeri pinggang biasa dapat sembuh dan membaik tanpa perawatan medis. Anda hanya perlu berisitirahat dan minum obat anti nyeri untuk meredakan sakitnya.

Sementara itu, pada kasus sakit pinggang akibat saraf kejepit, gejalanya hampir mirip namun lebih parah, seperti:

  • Nyeri menjalar dari punggung bawah ke pinggang, bokong, paha hingga pergelangan kaki
  • Kebas dan kesemutan yang sering muncul dan berlangsung lama
  • Nyeri hebat di malam hari atau jika melakukan aktivitas berat
  • Rasa sakitnya memburuk setelah duduk dan berdiri
  • Muncul sensasi terbakar atau tersetrum pada area yang terkena
  • Kelemahan otot yang membuat kesulitan bergerak
  • Nyeri berkepanjangan dan tidak sembuh dengan minum obat anti nyeri

Untuk mencegah risiko komplikasi dan nyeri pinggang yang tidak juga membaik, segeralah ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan penanganan medis yang sesuai.

Baca juga: Hanya di Lamina! Pengobatan Terbaik Endoskopi Joimax Sembuhkan Saraf Kejepit dengan Tuntas

Solusi Terkini Hilangkan Saraf Kejepit dengan Endoskopi Joimax

Salah satu metode pengobatan terbaik untuk mengatasi saraf kejepit yaitu dengan endoskopi Joimax. Sebagai tindakan minimal invasif, endoskopi Joimax terbukti dapat menyembuhkan masalah nyeri saraf kejepit tanpa harus melakukan operasi bedah terbuka.

Endoskopi Joimax adalah satu-satunya teknologi terbaru dari Jerman yang dimiliki oleh Lamina Pain and Spine Center. Lamina juga memiliki tim dokter spesialis bedah saraf yang telah melakukan sebanyak 1700 tindakan endoskopi tulang belakang terbesar se-Asia Tenggara.

Baca Juga:  Waspada Nyeri Pinggang Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tanda Penyakit

Prosedur minimal invasif ini yaitu dengan membuat hanya satu sayatan kecil untuk memasukkan alat dekompresi endoskopi dengan kamera khusus ke area bantalan tulang belakang yang menjepit saraf. Dengan waktu tindakan hanya 45 menit, risiko perdarahan dan kerusakan jaringan minimal, serta tanpa rawat inap, keluhan saraf kejepit pasti teratasi.

Yuk, konsultasi sekarang dengan chat ke nomor whatsapp Lamina atau hubungi Assistance Center kami pada nomor yang tertera di website! Lamina Pain and Spine Center berlokasi di Mampang, Cibubur, Pulomas dan Kuningan.

Simak video tentang saraf kejepit dan penanganannya oleh dr. Kevin Mak berikut ini:

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer