Amankah Penderita GERD Berpuasa?

amankah penderita gerd berpuasa

Amankah penderita GERD jika berpuasa? Mungkin bagi Anda yang mengalami gangguan lambung seperti GERD, pasti khawatir jika akan merasakan mual, muntah atau begah di perut saat puasa. Meski hal tersebut bisa saja terjadi, Anda dapat mencegahnya dengan mengatur jumlah dan jenis asupan makanan yang masuk ke tubuh saat sahur maupun berbuka. 

Apa itu GERD?

GERD atau gastroesophageal reflux disease  merupakan penyakit refluks asam lambung yang terjadi akibat naiknya cairan asam lambung ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan dalam saluran pencernaan. Serangan GERD dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh, apalagi saat tengah berpuasa.

Ketika Anda mengalami GERD, maka gejala yang biasa terjadi yaitu rasa asam atau pahit di mulut, rasa panas terbakar dan sensasi perih di dada atau ulu hati (heartburn), perut sakit, mual, muntah nyeri dada dan gangguan pernafasan. 

Menderita GERD Saat Puasa

Seseorang yang mengidap GERD dapat menjalankan puasa, namun tetap harus memperhatikan pengaturan makanan yang dikonsumsi. Apabila asam lambungnya sangat berlebih, maka sebaiknya tidak berpuasa. Puasa sebenarnya aman bagi penderita GERD, selama asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka juga sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. 

Namun, untuk memastikan kondisi kesehatan Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu mengelola gejala dan melakukan penanganan yang tepat apabila kondisi GERD sudah cukup parah.

Tips Berpuasa Bagi Penderita GERD

Berikut ini adalah beberapa tips bagi penderita GERD agar lebih lancar dalam menjalankan ibadah puasa: 

  • Jangan lewatkan waktu sahur 
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
  • Hindari mengonsumsi daging secara berlebihan
  • Setelah sahur sebaiknya jangan langsung tidur karena bisa timbul rasa panas di dada
  • Pada saat berbuka sebaiknya tidak makan takjil yang mengandung tinggi gula dan garam
  • Hindari konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh
Baca Juga:  Apakah Patah Tulang Belakang Bisa Sembuh Tanpa Operasi? Ini Kata Dokter

Apabila Anda mengalami GERD ataupun maag kronis, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk pemberian obat yang dapat meringankan rasa nyeri selama menjalankan puasa. Anda bisa berkonsultasi dengan dr. Melsa Aprima, dokter spesialis penyakit dalam terpercaya di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan membantu mengelola gejala dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. 

Referensi: 

Healthline. Everything You Need to Know About Acid Reflux and GERD.

https://www.healthline.com/health/gerd#symptoms

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer