Waspadai Penyebab Nyeri Tulang Belakang Pada Usia Muda

penyebab nyeri tulang belakang

Penyebab nyeri tulang belakang beragam. Siapapun bisa mengalaminya, jadi kata siapa yang  nyeri tulang belakang hanya orang usia lanjut saja? Keluhan ini juga bisa menyerang usia muda, lho.  Oleh sebab itu sangat penting untuk mengenal struktur tulang belakang dan fungsinya, sehingga bisa mengantisipasi gangguan yang mungkin terjadi.

Tulang belakang berfungsi untuk menyangga kepala, bahu dan tubuh agar bisa berdiri tegak, duduk, berjalan dan lebih mudah bergerak. Selain itu, fungsinya juga sebagai pelindung sumsum tulang belakang dari cedera.

Strukturnyan terdiri dari tiga lengkungan alami yang memiliki bentuk seperti huruf S jika melihatnya dari samping. Ketiganya meliputi tulang belakang bagian  leher , punggung tengah  dan punggung bawah.

Lengkungan ini penting untuk memberikan keseimbangan tubuh dan membantu agar bisa berdiri tegak.  Akan ada 33 ruas tulang yang saling menumpuk dan terbagi lagi menjadi beberapa bagian jika menggabungkan ketiga lengkungan.

Bagian-Bagian Tulang Belakang

struktur tulang belakang
Tulang Belakang Leher (Servikal)

Tujuh tulang belakang pertama dari atas disebut servikal bentuknya seperti huruf C. Letaknya, berada pada belakang leher tepatnya di bawah otak. Bukan hanya untuk menopang kepala dan leher, tapi juga untuk mendukung kemampuan kepala untuk memutar, memiringkan dan menganggukkan kepala.

Tulang Punggung Tengah (Torakal)

Pada bagian bawah servikal ada 12 tulang torakal, mulai dari dada bagian atas sampai punggung tengah. Tulang rusuk menempel pada bagian ini. Struktur normalnya, sedikit menekuk untuk membentuk seperti huruf C terbalik.

Baca Juga:  Beda Dokter Saraf dan Dokter Spesialis Bedah Saraf
Tulang Punggung Bawah (Lumbal)

Setelah torakal, ada lima tulang yang menyusun struktur tulang belakang bagian bawah (lumbal). Bentuknya seperti huruf C yang berfungsi sebagai penopang bagian atas tulang belakang yang terhubung ke panggul. Selain itu, juga bisa berfungsi untuk menopang sebagian besar berat badan  dan tekanan saat mengangkat atau membawa barang. Oleh sebab itu, banyak gangguan pada bagian ini, misalnya nyeri punggung bawah.

Sakrum

Terbentuk oleh lima tulang belakang yang menyatu dan bentuknya menyerupai segitiga. Sakrum terhubung ke pinggul dan membentuk panggul. Sebagai tempat menyatunya tulang punggung.

Tulang Ekor

Selanjutnya, pada bagian sakrum ada tulang ekor yang merupakan pangkal dari tulang belakang. Terdiri dari empat tulang belakang yang menjadi satu membentuk satu tulang kecil. Memiliki peran penting dalam menahan beban dan menjadi pusat gravitasi yang baik.

Jenis Jaringan Di Antara Tulang Belakang

Antara bagian tulang belakang, ada beberapa jaringan yang saling terhubung satu sama lain, yakni:

  • Sendi facet, berfungsi untuk menghubungkan setiap bagian tulang belakang dan memberikan kemudahan bergerak dan stabilitas tubuh.
  • Diskus intervertebralis, cakram kecil yang terbuat dari tulang rawan yang berfungsi mencegah struktur tulang saling bergesekan. Selain itu juga menjadi bantalan bagi tulang punggung.
  • Bukaan tempat keluarnya cabang jaringan syaraf sebagai penyampai pesan antara otak dan otot.
  • Jaringan lunak yang terdiri dari ligamen, otot, dan tendon.

Gangguan Penyebab Nyeri Tulang Belakang

Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab munculnya gangguan kesehatan pada struktur tulang belakang, seperti munculnya rasa nyeri. Berikut penyebab nyeri tulang belakang pada:

Leher

Penyebab nyeri tulang belakang leher biasanya terjadi akibat tertariknya otot leher,saraf kejepit, pengapuran sendi, dan cedera. Namun, selain kondisi tersebut ada juga faktor lain seperti adanya kondisi medis terntu. Misalnya, meningitis, infeksi leher, tortikolis, kanker, rheumatoid arthritis leher.

Baca Juga:  Ciri Saraf Terjepit Pergelangan Tangan Atau CTS
 Punggung

Nyeri punggung bisa terjadi karena beberapa kondisi tertentu, seperti posisi/postur tubuh yang salah,  cedera bantalan tulang belakang, kelainan struktur tulang belakang, dan penipisan tulang belakang akibat osteoporosis. Selain itu juga bisa karena penyakit, seperti infeksi tulang belakang, tumor, dan spondilolisis.

 Tulang Ekor

Kondisi ini biasa disebut Coccydynia, terjadi ketika tulang ekor meradang akibat sebuah rangsangan. Penyebabnya beragam, seperti terjatuh, kehamilan dan melahirkan, gerakan berulang, obesitas, infeksi, dan tumor atau kanker.

Cara Penanganan

Penanganannya berdasarkan penyebab nyeri tulang belakang dan kondisinya. Untuk, mengetahui penyebab pasti konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan, salah satunya adalah gejala yang pasien rasakan. Selain itu, kemungkinan dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan hasil diagnosisnya. Pemeriksaan penunjang antara lain CT Scan atau MRI.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer