Atasi Gejala Kolesterol Tinggi dengan Pemeriksaan Rutin di Lamina Pain and Spine Center

gejala kolesterol tinggi - Lamina Pain and Spine Center

Kadar kolesterol tinggi mungkin bisa menjadi hal yang menakutkan bagi kita semua. Pasalnya, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Bahkan, kita sering tidak menyadari gejala yang timbul akibat kolesterol yang menumpuk dalam darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi agar dapat segera tertangani dengan baik. 

Gejala Kolesterol Tinggi

Gejala kolesterol tinggi terkadang tidak kita sadari, namun ada gejala yang cukup umum terjadi yaitu mudah lelah dan kesemutan. 

Adapun beberapa gejala lain yang sering muncul, antara lain: 

Benjolan di Sekitar Mata (Xanthoma)

Lemak yang tumbuh dan berkembang di bawah kulit, biasanya di daerah kelopak mata harus diwaspadai. Meskipun tidak berbahaya, namun hal ini bisa menjadi tanda kadar kolesterol dalam darah cukup tinggi. 

Penurunan Nafsu Makan

Apabila mengalami penurunan nafsu makan secara tiba-tiba, mungkin ini saatnya untuk melakukan tes kolesterol. Dengan melakukan tes sedini mungkin, kondisi kolesterol yang tinggi dapat ditangani segera dan tidak menyebabkan risiko komplikasi yang berbahaya.

Sering Mengantuk

Gejala kolesterol tinggi lainnya yaitu sering merasa mengantuk, bahkan tidak hanya di malan atau pagi hari namun bisa setiap saat. Kolesterol yang menumpuk dalam darah dapat menghambat aliran darah sehingga pasokan oksigen ke otak berkurang. 

Berat Badan Naik

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat membuat berat badan naik drastis. Untuk mencegah kenaikan berat badan akibat kolesterol, mulailah untuk menjaga asupan makanan dan berolahraga secara rutin.

Baca Juga:  Aktivitas dan Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Syaraf Kejepit

Nyeri Dada

Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan endapan atau penumpukan plak di dinding arteri. Endapan tersebut akan mengurangi aliran darah dan menimbulkan keluhan nyeri di bagian dada. 

Pentingnya Pemeriksaan Kadar Kolesterol di Lamina Pain and Spine Center

Apabila merasakan gejala-gejala seperti di atas, segeralah melakukan pemeriksaan kadar kolesterol di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan membantu melakukan diagnosis dan memberikan penanganan yang sesuai. 

Anda bisa berkonsultasi dengan dr. Melsa Aprima, Sp.PD di Lamina dengan menghubungi nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811 1443 599.

Baca juga: Awas, Kolesterol Tinggi Berisiko Sebabkan Stroke

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Bahaya Kolesterol Tinggi?

Kadar kolesterol tinggi mungkin bisa menjadi hal yang menakutkan bagi kita semua. Pasalnya, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Bahkan, kita sering tidak menyadari gejala yang timbul akibat kolesterol yang menumpuk dalam darah.

Bagaimana Gejala Kolesterol Tinggi?

Beberapa gejala yang umum muncul, antara lain: 1. Benjolan di sekitar mata (xanthoma) 2. Penurunan nafsu makan 3. Sering mengantuk 4. Berat badan naik 5. Nyeri dada

Apa Itu Xanthoma?

Lemak yang tumbuh dan berkembang di bawah kulit, biasanya di daerah kelopak mata harus diwaspadai. Meskipun tidak berbahaya, namun hal ini bisa menjadi tanda kadar kolesterol dalam darah cukup tinggi.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer