Nyeri Leher Belakang, Ketahui Penyebabnya! - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Nyeri Leher Belakang, Ketahui Penyebabnya!

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Nyeri Leher Belakang, Ketahui Penyebabnya!
 Nyeri Leher Belakang, Ketahui Penyebabnya!

Nyeri leher belakang merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak masyarakat alami dan keluhkan. Hal ini dapat penyebabnya bisa karena otot-otot leher yang kaku, aktivitas tubuh yang kurang baik seperti duduk terlalu lama depan komputer dengan posisi terlalu membungkuk. Atau akibat tulang leher yang mengalami osteoarthritis atau peradangan sendi.

Apakah Nyeri Leher Berbahaya?

Meski jarang terjadi, jika kondisi ini bersifat kronik bisa menyebabkan masalah serius seperti kelemahan pada tangan hingga terganggunya melakukan aktivitas sehari-hari. Terlebih jika ada pembengkakan atau nyeri yang menjalar hingga pundak atau tangan. Pada kondisi seperti ini sangat kami sarankan untuk mencari dokter.

Apa Saja Gejalanya?

Berikut ini adalah gejala yang mungkin muncul pada penderita, antara lain; ketidaknyamanan saat menyangga kepala dalam waktu lama, seperti mengendarai mobil atau bekerja depan komputer. Kaku pada bagian leher serta berkurangnya kemampuan menggerakan kepala.

Sebagain besar, akan mengalami perbaikan setelah beberapa waktu, tanpa mendapatkan pengobatan dokter. Namun, pada beberapa kondisi ini akibat kecelakaan saat mengendari kendaraan, trauma atau terjatuh, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter atau disertai dengan beberapa kondisi berikut;

  • Nyeri terus bertambah berat.
  • Sakit yang menetap, tanpa ada perbaikan.
  • Sakit menyebar sampai ke bahu atau tangan.
  • Nyeri dan adanya sakit kepala, pembengkakan dan kelamahan pada tangan.

Apa Saja yang Menjadi Penyebabnya?

Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi,  antara lain:

  • Gangguan otot leher akibat penggunaan leher secara berlebihan. Misalnya duduk depan komputer terlalu lama, duduk dengan posisi membungkuk atau membaca di tempat tidur.
  • Perburukan bantalan sendi leher.
  • Penekanan saraf tulang belakang.
  • Kecelakaan kenadaraan bermotor.
  • Beberapa jenis penyakit, misalnya rheumatoid arthritis, meningitis, dan kanker terbukti dapat menyebabkan kondisi ini terjadi

Bagaimana Cara Pencegahnya?

Sebagian besar nyeri leher belakang penyebabnya bisa karena kebiasaan posisi/ postur tubuh yang tidak baik. Lalu, faktor bertambahnya usia yang meningkatkan terjadinya keausan sendi dan batalannya. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya nyeri leher, menjaga postur tubuh atau kepala secara baik. Mengubah posisi duduk juga sangat membantu mencegah terjadinya nyeri leher.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online