Alami Saraf Kejepit Harus ke Dokter Spesialis Apa?

saraf kejepit harus ke dokter spesialis apa

Ketika mengalami saraf kejepit sebaiknya ke dokter spesialis apa? Jika masih bingung, Anda bisa mengunjungi dokter spesialis bedah saraf sebagai langkah awal untuk diagnosis dan penanganan yang tepat untuk saraf kejepit. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja dan harus segera ditangani. Tapi, jangan sembarang memilih dokter karena bisa berakibat pada lamanya kesembuhan atau risiko tinggi terjadi komplikasi pasca tindakan. Untuk itu, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami yang terpercaya, handal dan berpengalaman hanya di Lamina Pain and Spine Center.

 

Mengapa Saraf Bisa Terjepit?

Saraf kejepit atau hernia nukleus pulposus (HNP) terjadi ketika ada bantalan tulang yang bergeser dan menonjol keluar dari posisinya sehingga menekan saraf di sekitarnya. HNP merupakan kondisi yang cukup serius karena dapat menimbulkan gejala yang bervariasi, yaitu:

  • Rasa nyeri yang menjalar ke bagian tubuh lainnya
  • Mati rasa di bagian tubuh yang terkena
  • Kesemutan yang berlangsung sering dan lama
  • Melemahnya sebagian otot tubuh hingga terasa sakit saat berdiri, duduk atau berjalan
  • Kesulitan mengontrol buang air kecil dan buang air besar.

Tekanan pada saraf ini bisa terjadi akibat cedera, faktor pertambahan usia, postur tubuh yang tidak baik, mengangkat benda berat dengan tumpuan yang salah, kelainan lengkung tulang belakang seperti skoliosis, atau penyakit tertentu seperti radang sendi, kanker tulang atau infeksi di tulang belakang. 

Untuk mencegah memburuknya kondisi saraf kejepit Anda, segeralah periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter spesialis bedah saraf adalah pilihan tepat untuk mengatasi masalah nyeri akibat saraf kejepit yang Anda alami. 

Baca Juga:  Nyeri Punggung Berkepanjangan Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Baca juga: Ini Cara Cepat Mengatasi Saraf Kejepit Kronis Tanpa Operasi

Peran Dokter Spesialis Bedah Saraf 

Dokter spesialis bedah saraf atau Neurosurgeon memiliki keahlian dalam menangani berbagai masalah yang terkait sistem saraf, termasuk otak, sumsum tulang belakang, dan seluruh persarafan yang memanjang dari sumsum tulang belakang di tubuh kita. 

Peran dokter spesialis bedah saraf yaitu melakukan diagnosis dan pengobatan berbagai kondisi medis yang mempengaruhi sistem saraf. Misalnya, saraf kejepit, carpal tunnel syndrome, nyeri kronis di punggung dan pinggang, fraktur tulang belakang, dan kondisi lainnya. Selain melakukan prosedur operasi, neurosurgeon juga berperan dalam memberikan penanganan non-bedah seperti pemberian obat, terapi minimal invasif ataupun terapi fisik. 

Ahli neurosurgeon biasanya juga berkoordinasi dengan dokter spesialis lainnya, seperti dokter spesialis saraf, dokter ortopedi dan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis. 

Kapan Sebaiknya ke Dokter Spesialis Bedah Saraf?

Apabila Anda mengalami gejala nyeri yang menjalar,kebas dan kesemutan dalam waktu lama, sebaiknya jangan tunda pengobatan. Inilah waktunya Anda mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf untuk dilakukan diagnosis. 

Dokter spesialis kami di Lamina Pain and Spine Center dapat mengatasi sejumlah masalah medis yang terkait dengan saraf kejepit, arthritis di tulang belakang, spondylosis, gangguan di saraf skiatika, hingga sindrom piriformis (adanya tekanan pada otot piriformis di bokong). 

Untuk mendiagnosis penyakit pasien, dokter biasanya akan melakukan anamnesis (tanya jawab), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan radiologis, seperti Rontgen, CT-Scan dan MRI. Kemudian dokter akan menyarankan sejumlah pengobatan sesuai dengan kondisi pasien, seperti pemberian obat antiinflamasi, terapi fisik, atau tindakan minimal invasif. 

Di Lamina, kami menggunakan berbagai metode pengobatan berteknologi tinggi tanpa operasi. Dengan metode ini, waktu tindakan lebih singkat, minim risiko, minim perdarahan, tanpa rawat inap, dan proses penyembuhan cepat. Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir dengan risiko komplikasi yang mungkin terjadi pasca tindakan. 

Baca Juga:  Mengenal Tentang Operasi Saraf Kejepit dengan Risiko Komplikasi Minimal

Rekomendasi Dokter Spesialis Bedah Saraf di Lamina Pain and Spine Center

Jika Anda merasakan gejala nyeri di tulang belakang ataupun saraf kejepit, langsung saja temui dokter spesialis bedah saraf kami untuk penanganan yang tepat. Berikut ini adalah pilihan Dokter Spesialis Bedah Saraf di Lamina: 

Tim dokter spesialis bedah saraf kami telah menangani lebih dari 1700 tindakan endoskopi terbesar se-Asia Tenggara. Berdasarkan pengalaman, kompetensi dan profesionalitas yang tinggi, pengobatan saraf kejepit Anda ada di tangan yang tepat. Untuk itu, segeralah periksakan diri Anda hanya di Lamina Pain and Spine Center

Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Faisal, Sp.BS (Dokter Spesialis Bedah Saraf di Lamina Pain and Spine Center)

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer