Sakit Pinggang Sebelah Kiri Semakin Parah, Apa Penyebabnya?

sakit pinggang sebelah kiri

Aktivitas harian, seperti berolahraga, bekerja di kantor, atau bersepeda ternyata bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri yang cukup serius. Ketika Anda duduk terlalu lama sambil bekerja mungkin sering merasakan pegal atau nyeri ringan di area pinggang. Namun, rasa nyeri yang didiamkan lama kelamaan bisa mengakibatkan kondisi yang semakin memburuk, seperti pinggang kaku, sakit yang menjalar ke kaki, sampai anda kesulitan berdiri atau berjalan. 

Hal-hal yang Bisa Memicu Sakit Pinggang

sakit pinggang sebelah kiri

Umumnya, sakit pinggang termasuk kondisi yang dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Meskipun kondisi ini tidak boleh disepelekan karena sakit pinggang sebelah kiri bisa menandakan gejala penyakit tertentu. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya seperti berikut ini: 

  • Radang sendi di bagian pinggul
  • Radang usus buntu atau apendisitis
  • Batu ginjal
  • Gangguan pada sistem reproduksi
  • Saraf kejepit
  • Sindrom piriformis (peradangan pada otot piriformis di bokong)

Gejala yang Harus Diperhatikan

Sakit pinggang sebelah kiri bisa terasa hilang dan timbul atau berkepanjangan. Gejala yang umumnya muncul, yaitu:

  • Nyeri yang terjadi dengan intensitas parah
  • Sakit menusuk dan terus menerus
  • Saat bergerak pinggang terasa ngilu dan kaku
  • Nyeri tumpul yang konstan 
  • Semakin parah ketika berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas
  • Rasa sakitnya meluas ke bagian tubuh lainnya seperti bokong, paha dan pergelangan kaki

Untuk mencegah perburukan kondisi sakit pinggang, segeralah berobat ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang akurat sehingga penanganannya pun lebih cepat dan tepat. 

Baca juga: Jangan Anggap Enteng Nyeri Pinggang, Bisa Jadi Saraf Kejepit!

Seperti Apa Penanganannya? 

Sebelum melakukan penanganan, dokter akan melakukan anamnesis atau tanya jawab terkait gejala dan penyebab sakit pinggang yang Anda alami. Selanjutnya, pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan seberapa parah kondisinya. Dokter akan menyarankan pengobatan sesuai hasil dari pemeriksaan penunjang, seperti Rontgen, CT-Scan atau MRI. 

Baca Juga:  Nyeri Tulang Belakang Tak Kunjung Sembuh, Stres Bisa Jadi Penyebabnya

Salah satu metode terbaik untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri adalah dengan St.Cox Catheter. Jika rasa nyeri pada pinggang cukup parah dan obat-obatan tidak berdampak apapun pada kesembuhan, maka prosedur St.Cox Catheter dapat dilakukan. 

Prosedur ini merupakan minimal invasif tanpa operasi dengan memasukkan kateter berukuran kecil ke dalam ruas tulang belakang, terutama area pinggang. Dokter kemudian akan menyuntikkan obat-obatan khusus ke area yang terasa sakit untuk menghilangkan nyerinya. St.Cox Catheter tidak membutuhkan waktu lama untuk tindakannya, hanya dengan bius lokal di area penyuntikkan, minim risiko perdarahan, hasil kesembuhan lebih optimal, dan tanpa rawat inap.

Setelah prosedur, Anda bisa langsung pulang dan beraktivitas kembali. Dengan berbagai kemudahan teknologi pengobatan terkini yang tersedia di Lamina, Anda tak perlu ragu lagi untuk kesembuhan sakit pinggang yang terbukti ampuh. 

Hubungi tim Assistance Center kami di nomor 021-7919-6999 atau bisa juga chat melalui whatsapp ke nomor 0811-1443-599.

Selain datang ke klinik, Lamina juga menyediakan layanan telekonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah saraf kami. Untuk melihat jadwal dokter, silakan klik di sini ya!

Yuk, konsultasi sekarang dan jangan  biarkan nyeri pinggang mengganggu aktivitas Anda!

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Faisal, Sp.BS

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer