Mengenal Penyebab Nyeri Pinggang Sebelah Kanan - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Mengenal Penyebab Nyeri Pinggang Sebelah Kanan

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Mengenal Penyebab Nyeri Pinggang Sebelah Kanan
 Mengenal Penyebab Nyeri Pinggang Sebelah Kanan

Nyeri pinggang sebelah kanan terjadi karena beberapa faktor. Meskipun terlihat sederhana namun keluhan ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena hal tersebut penting untuk mengetahui penyebab terjadinya nyeri pinggang sebelah kanan. 

Pada umumnya,keluhan ini terjadi karena cedera otot akibat posisi yang salah saat duduk, tidur, ataupun gerakan saat berolahraga. Selain itu juga bisa terjadi akibat gangguan pada organ dalam tubuh. 

Penyebab nyeri pinggang sebelah kanan

Nyeri pinggang sebelah kanan bisa terjadi akibat berbagai hal. Melansir dari Heatline (2020), berikut beberapa penyebab terjadinya keluhan yang paling sering terjadi.

Akibat penyempitan tulang belakang

Penyebab umum terjadinya nyeri pinggang sebelah kanan adalah penyempitan tulang belakang. Kondisi ini terjadi akibat radang sendi yang berkaitan dengan penuaan. 

Masalah yang muncul pada bagian bantalan saraf tulang karena terjepit juga bisa menjadi penyebab keluhan ini terjadi. Pada kondisi yang ringan akan hilang dengan beristirahat secara cukup. 

Gangguan kondisi ginjal

MediceNet (2020), menyebutkan jika nyeri pinggang sebelah kanan juga bisa terjadi akibat gangguan ginjal. Keluhan yang muncul pada penderita bisa bersifat akut maupun kronis.

Cedera

Cedera yang menimbulkan keluhan tersebut bisa terjadi saat seseorang mengangkat beban berlebihan. Nyeri yang muncul bisa terjadi selama beberapa hari. 

Masalah pada otot 

Masalah otot yang muncul bisa menyebabkan penderita mengalami kesulitan berjalan, berdiri, dan membungkuk.

Skiatika

Skiatika bisa terjadi pada semua orang saat saraf mengalami tekanan ataupun iritasi pada bagian saraf skiatik. Saraf skiatik adalah saraf dengan ukuran paling panjang pada bagian tubuh manusia. Saraf skiatik membentang melalui punggung, hingga ke bagian pinggul, bokong hingga bagian ujung kaki. Jika kamu merasakan nyeri pada bagian tubuh tersebut, bisa jadi kamu mengalami skiatika dan perlu memeriksakan diri ke dokter. 

Masalah pada empedu 

Empedu adalah bagian tubuh manusia yang terletak pada perut bagian atas kanan. Masalah yang muncul seperti batu empedu bisa menimbulkan sakit yang menjalar hingga bagian pinggang sebelah kanan. Nyeri yang terjadi bisa semakin terasa saat pasien melakukan aktivitas sederhana seperti makan. 

Pinggang merupakan bagian tubuh yang cukup vital karena jadi penunjang aktivitas harian. Nyeri yang muncul pada pinggang sebaiknya tidak dianggap sepele begitu saja. Hal ini karena nyeri pinggang bisa menjadi penanda kesehatan tubuh bahkan gejala penyakit yang cukup serius. Dalam beberapa kasus nyeri pinggang yang bisa menjadi berakibat fatal jika telat dalam penanganan. 

Jika kamu mengalami nyeri pinggang sebelah kanan bersamaan dengan gejala lain, seperti mual, demam, kesulitan buang air kecil dan buang air besar, serta mengalami kesulitan bergerak dan lemah pada bagian tungkai dan kaki, segeralah periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan lebih awal bisa meminimalisir kemungkinan komplikasi penyakit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online