Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Nyeri Bahu Jadi Salah Satu Ciri Ciri Saraf Kejepit Leher

Pernahkah kamu mengalami nyeri bahu? Awas, bisa jadi ciri ciri saraf kejepit, lho. Saat bahu terasa nyeri atau sakit, kemampuan tubuh untuk bergerak bebas mungkin akan terhambat, jika tidak segera mendapatkan penanganan. Rasa nyeri pada bahu, sebenarnya termasuk masalah umum yang mungkin bisa terjadi akibat berbagai penyebab yang berbeda.

Apa Itu saraf kejepit leher?

Terjadi ketika saraf pada tubuh mendapatkan tekanan yang berlebihan. Sehingga, saraf mengirimkan sinyal peringatan ke otak dan mulailah merasakan nyeri, sensasi kesemutan, dan lemah pada otot. Kerusakan saraf yang bisa terjadi pada area sekitar tulang belakang, yakni area leher dan dapat menyebabkan cervical radiculopathy.

Cervical radioculopathy terjadi ketika saraf pada leher yang terhubung dengan sumsum tulang belakang alami kerusakan. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang menjalar ke bahu dengan disertai kelemahan otot yang merambat ke area lengan dan jari tangan.

Penyebab dari saraf terjepit leher ini biasanya akibat kerusakan yang terjadi pada sendi tulang belakang. Pemicunya bisa karena trauma cedera atau faktor umur, yang kemudian menyebabkan akar syaraf leher terasa seperti kejepit.

Ciri ciri saraf kejepit leher

Ciri ciri saraf kejepit sebenarnya berbeda-beda bergantung pada letak syaraf yang alami gangguan. Jika terjadi pada bagian leher, biasanya rasa nyeri pada bagian leher terasa seperti tertusuk jarum.

Namun, bisa juga gejala saraf kejepit mungkin tidak terjadi pada bagian tubuh yang syarafnya mengalami gangguan. Rasa sakitnya bahkan bisa akan terasa pada bagian tubuh lainnya, seperti gejala syaraf terjepit leher berikut ini:

  • Sensasi terbakar pada bagian lengan dan tangan.
  • Mati rasa atau tidak bisa merasakan apapun pada lengan dan tangan.
  • Alami kesemutan pada lengan dan tangan.
  • Melemahnya lengan
  • Rasa nyeri yang meningkat pada kedua area tersebut saat menggerakkan leher atau kepala.
  • Pada beberapa kasus, area leher juga bisa alami pembengkakan.

Baca Juga: Kenali Gejala HNP Servikal atau Saraf Kejepit Leher

Pada beberapa pasien, ciri ciri saraf kejepit leher tersebut bisa hilang dengan berjalannya waktu. Namun, melansir dari laman Stanford Health Care,hal tersebut ternyata bisa saja menjadi tanda jika saraf telah terjepit sepenuhnya.

Akibatnya, fungsi syaraf tidak bisa bekerja sama sekali sehingga mengganggu fungsi otot. Maka dari itu, saat kamu merasakan ciri ciri saraf kejepit leher tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah kami di klinik Lamina Pain and Spine Center.

Author:

Penulis

Ditinjau oleh:

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2022, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved. PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online