6 Tips Mudah untuk Mencegah Diabetes 

mencegah diabetes

Tahukah Anda jika diabetes dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup? Diabetes tipe 2 merupakan jenis paling umum dari penyakit diabetes. Penyakit ini biasanya dipicu oleh berbagai faktor, seperti kegemukan atau obesitas, kolesterol tinggi, dan adanya riwayat penyakit diabetes dalam keluarga. 

Apabila Anda terdiagnosis dengan pre diabetes, yaitu tingginya kadar gula dalam darah namun belum sampai diagnosis diabetes, maka cobalah untuk melakukan perubahan lifestyle atau gaya hidup yang dijalani selama ini. Hal ini sangat penting untuk mencegah atau menunda gejala awal penyakit diabetes. 

Tips Mudah Mencegah Diabetes

Mulailah untuk melakukan perubahan gaya hidup dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. 

Mengurangi berat badan

Menurunkan berat badan dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes. The American Diabetes Association menyarankan orang-orang yang terkena prediabetes agar mengurangi berat badan mereka sekitar 7% hingga 10% guna mencegah perkembangan penyakit. Selain itu, cara ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Tentukan tujuan akhir (goal) berat badan turun berdasarkan berat badan anda saat ini. Berkonsultasilah dengan dokter terkait harapan dan tujuan jangka pendek yang telah Anda tetapkan, misalnya menurunkan berat badan sekitar satu atau dua kilogram dalam seminggu. 

Tetaplah Bergerak Aktif

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari melakukan latihan atau aktivitas fisik secara rutin. Misalnya, menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula dalam darah, dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, yang akan menjaga kadar gula darah tetap normal. 

Latihan yang bisa anda lakukan antara lain aerobik, latihan kekuatan otot, dan latihan low-impact seperti berjalan, berenang ataupun bersepeda. 

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Autoimun dan Gejalanya

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Mulailah untuk mengonsumsi makanan bergizi dan berserat tinggi. Anda bisa mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup sebagai sumber energi, namun sebaiknya jangan berlebihan. Konsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan menurunkan risiko terkena diabetes. 

Makanan tinggi serat umumnya ditemukan pada buah-buahan, sayuran hijau, maupun gandum utuh. 

Sebisa mungkin hindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh, tinggi garam dan gula. Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan olahan dan minuman soda. 

Pantau Gula Darah

Terutama bagi Anda yang memiliki risiko tinggi atau riwayat diabetes dalam keluarga, penting untuk secara rutin memeriksa kadar gula darah. Ini dapat membantu mendeteksi potensi masalah secara dini dan mengambil tindakan pencegahan yang sesuai.

Hindari Merokok dan Batasi Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes. Berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol untuk mendukung kesehatan umum dan mengurangi risiko penyakit diabetes.

Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah. Temukan cara-cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan. Ini tidak hanya baik untuk kesehatan mental tetapi juga dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah.

Itulah tadi berbagai tips mencegah diabetes yang bisa Anda coba mulai sekarang. Dengan langkah pencegahan yang tepat, Anda bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Bahkan, tubuh pun akan lebih sehat dan bugar. 

Jangan lupa juga untuk selalu memeriksakan kesehatan dan kadar gula darah Anda secara berkala ke Klinik Lamina. Lamina memiliki dokter spesialis penyakit dalam, yaitu dr. Raden Panji Surya Putra, Sp.PD yang akan membantu mengelola gejala diabetes dengan pengobatan yang tepat. 

Baca Juga:  6 Gejala Asam Urat yang Sebaiknya Anda Waspadai

Jika Anda memiliki keluhan atau merasakan gejala diabetes, silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis kami dengan chat ke nomor Whatsapp 0811 1443 599.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer