Logo Lamina

Mandi Air Hangat Bisa Sembuhkan Saraf Kejepit, Mitos atau Fakta?

mandi air hangat

Benarkah mandi air hangat bisa membantu sembuhkan saraf kejepit yang Anda alami? Selama ini, masyarakat kita mungkin menganggap bahwa terapi air hangat dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Pasalnya, air hangat dapat membantu merelaksasi otot maupun sendi yang tegang dan kaku. Lalu, apa benar saraf kejepit bisa sembuh dengan mandi air hangat secara rutin? Penasaran kan, yuk simak ulasannya apakah ini hanya mitos atau memang benar sebuah fakta ya!

Saraf Kejepit

Saraf kejepit dapat terjadi pada segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan usia tua. Meskipun kondisi ini sangat rentan menyerang orang dengan usia lebih dari 50 tahun. 

Tulang belakang merupakan area yang paling rentan terkena saraf kejepit. Ketika ada bantalan tulang belakang yang menonjol keluar dan menekan saraf, inilah yang disebut dengan saraf kejepit. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkannya, antara lain: 

  • Cedera berolahraga atau karena terjatuh
  • Faktor degeneratif atau proses penuaan
  • Postur tubuh yang tidak baik
  • Mengangkat benda berat dengan posisi yang salah
  • Obesitas
  • Penyakit lainnya seperti tumor di tulang belakang atau radang sendi

Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai gejala, tergantung dari lokasi terjepitnya saraf. Terkadang nyeri yang muncul bisa menjalar hingga ke area tubuh lainnya. Bahkan, pada kasus tertentu, Anda mungkin akan merasakan kebas atau kesemutan yang berlangsung lama. Jika diabaikan, maka bisa menyebabkan kelemahan otot hingga kerusakan saraf yang lebih parah. 

Cara Sembuhkan Saraf Kejepit dengan Air Hangat, Benarkah Efektif?

Berbagai cara bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan nyeri akibat saraf kejepit. Misalnya, dengan cukup beristirahat, mengompres dingin area yang nyeri, minum obat anti nyeri atau antiinflamasi non steroid, atau mandi air hangat.

Baca Juga:  Tulang Ekor Sakit: Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

Akan tetapi, mandi air hangat ternyata tidak bisa menyembuhkan saraf kejepit dengan tuntas. Terapi ini hanya berguna untuk membuat otot ataupun sendi di sekitar area yang terkena saraf kejepit bisa lebih rileks dan tidak tegang. Selain itu, bisa juga untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.

Mengatasi Saraf Kejepit Lebih Tepat dengan ESI

Jika nyeri terus memburuk dan perawatan di rumah tidak bisa menghilangkan rasa sakitnya, maka solusi terbaik adalah dengan metode ESI. 

ESI atau Epidural Steroid Injection bekerja dengan cara yang berbeda tergantung kebutuhannya. Pada kasus saraf kejepit, dokter akan menyuntikkan jarum epidural ke rongga tulang belakang dengan panduan alat pencitraan yaitu fluoroskopi. 

Tujuan dari prosedur ini yaitu untuk memasukkan obat-obatan seperti kortikosteroid guna mengurangi peradangan, pembengkakan atau rasa nyeri pada tulang belakang. 

Injeksi epidural dapat digunakan pada bagian yang berbeda di ruas tulang belakang, termasuk cervical (leher), thoracic (punggung tengah) ataupun lumbal (pinggang). 

Jadi, operasi bukanlah jalan satu-satunya untuk mengatasi saraf kejepit Anda. Di Lamina Pain and Spine Center, kami memiliki metode pengobatan minimal invasif tanpa operasi yang lebih minim risiko. Saraf kejepit Anda juga langsung ditangani oleh tim dokter spesialis bedah saraf kami yang handal dan berpengalaman.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Lamina Pain and Spine Center di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp ke 0811-1443-599.

Baca juga: Penanganan Saraf Kejepit dengan Metode Terbaru Laser PLDD

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer