Menjaga Kesehatan Mental Saat WFH - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Menjaga Kesehatan Mental Saat WFH

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Menjaga Kesehatan Mental Saat WFH
 Menjaga Kesehatan Mental Saat WFH

Menjaga kesehatan mental di masa pandemi sangat penting agar tak mudah terserang penyakit. Pandemi COVID-19  masih belum berakhir dan sudah banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Mengenakan masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tak hanya itu, bagi para pekerja kantoran saat ini masih banyak yang menjalani sistem Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Menjalani sistem WFH membuat sebagian besar pekerja sulit untuk membagi kehidupan sehari-hari dengan masalah pekerjaan. Kondisi yang tidak teratasi dengan baik ini kemudian akan menyebabkan stres. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi khususnya bagi pekerja. Seperti yang kita ketahui bersama, stres bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Kesehatan Mental Memburuk Sebabkan Nyeri Tulang Belakang

Nyeri tulang belakang yang tak kunjung sembuh bisa disebabkan oleh  stres atau, depresi. Biasanya, penyebab seseorang sakit, karena lemahnya daya tahan tubuh, terpapar virus atau kuman, gaya hidup yang kurang sehat, aktivitas secara berlebihan, dan/atau, lingkungan yang tidak sehat.

Namun tak hanya itu, kondisi pikiran mereka ternyata cukup berperan dalam memengaruhi kesehatan. Sehingga, saat seseorang mengalami stres ataupun depresi maka sangat rentan terhadap penyakit.

Saat seseorang sedang alami stres, tubuh akan merespons dengan menyempitnya pembuluh darah dan meningkatnya tekanan darah dan nadi. Bernapas pun akan lebih cepat dan juga otot-otot menegang. Jika hal ini terus dibiarkan sehingga menjadi kronis, maka akan terjadi perubahan fisiologi. Kemudian, berjalannya waktu hal tersebut menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan mental yang bisa kamu coba agar kesehatan mental dan fisik tetap terjaga.

Tips Menjaga Kesehatan Mental
Buatlah Jadwal Rutin Setiap Harinya

Tanpa adanya jadwal yang kamu miliki, batas antara pekerjaan dan kebutuhan pribadi akan sangat sulit kamu pisahkan dan memicu kondisi stres. Untuk mencegahnya, sebaiknya, atur jadwal kerja dengan istirahat dengan baik. Saat waktunya bekerja, kamu bisa bekerja dan sesekali melakukan gerakan ringan agar tubuh tidak kaku.

Kemudian, saat waktunya istirahat jam makan siang gunakan waktu untuk benar-benar istirahat. Lakukan peregangan ringan, konsumsi makan siang yang bergizi dan minum air yang cukup.

Setelah jam bekerja selesai, sebaiknya kamu mulai berhenti melakukan pekerjaan dan kembali pada kegiatan rutinitas di rumah.

Siapkan Lokasi Bekerja yang Baik dan Layak

Siapkan lokasi bekerja yang baik dan layak. Hindari bekerja dalam kamar tidur atau area dapur. Perhatikan kenyamanan dalam bekerja. Kondisi kursi, meja kerja, maupun lingkungan bekerja dalam kondisi yang mendukung dan nyaman.

Jaga Komunikasi dengan Tim Berjalan Baik

Pastikan kamu selalu berkomunikasi dengan tim. Jika ada kendala yang kamu alami, bicarakan pada teman satu tim maupun atasan untuk mengatasi permasalahan yang kamu alami. 

Bekerja dari rumah akan membuat kamu lebih banyak duduk dan kurang aktivitas fisik. Tidak ada salahnya untuk sesekali melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan dalam rumah atau melakukan peregangan agar kondisi kesehatan tetap optimal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online