Mengenal Text Neck Syndrome: Penyakit Bermain Handphone Terlalu Lama

Text Neck Syndrome - Lamina Pain and Spine Center

Pernahkah Anda mendengar apa itu Text Neck Syndrome? Text Neck Syndrome adalah kondisi yang terjadi akibat penggunaan handphone yang terus-menerus dan seringkali berjam-jam. Sindrom ini terjadi akibat postur yang buruk saat menggunakan handphone, terutama saat membungkukkan kepala untuk membaca atau mengetik pesan teks.

Apa Itu Text Neck Syndrome?

Text Neck Syndrome adalah kondisi yang terjadi ketika kepala dan leher terlalu sering dan terlalu lama dalam posisi membungkuk saat menggunakan handphone. Posisi ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher, bahu, dan punggung atas. Secara bertahap, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk nyeri leher, sakit kepala, kelelahan, ketegangan otot, dan bahkan kerusakan pada tulang belakang.

Faktor Penyebab

Text Neck Syndrome - Lamina Pain and Spine Center

Salah satu alasan mengapa Text Neck Syndrome menjadi semakin umum adalah karena kebiasaan penggunaan handphone yang berlebihan. Banyak orang cenderung menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca, mengetik, atau bermain game di handphone mereka. Namun, seringkali mereka tidak memperhatikan postur yang benar saat menggunakan perangkat ini. Kebanyakan orang membungkukkan kepala mereka dengan sudut yang tajam, menyebabkan tekanan yang berlebihan pada leher dan tulang belakang.

Bahaya Text Neck Syndrome

Efek jangka panjang dari sindrom ini tentu bisa sangat merugikan. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan struktural pada tulang belakang, termasuk ketegangan otot kronis, peningkatan risiko hernia tulang belakang, dan bahkan masalah postur permanen. Selain itu, sindrom ini juga dapat mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari seseorang, mengganggu produktivitas dan kenyamanan. 

Terkadang, jika tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan saraf kejepit leher. Saraf kejepit leher bisa menimbulkan gejala nyeri hebat yang menjalar sampai ke bahu ataupun pergelangan tangan. Bahkan, Anda juga akan merasa kebas, kesemutan dan sulit menggerakkan leher dan lengan karena melemahnya otot di sekitarnya. Oleh karena itu, hal tersebut tidak bisa diabaikan dan harus segera diobati. 

Baca Juga:  Pasien Lamina Wajib Menggunakan Masker Saat Berobat

Cara Mencegahnya

Untuk mencegah dan mengatasinya, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

  • Pergunakanlah handphone dengan bijak: Kurangi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan handphone, terutama jika itu tidak diperlukan. Coba atur batas waktu dan jadwal penggunaan handphone agar tidak terlalu lama.
  • Posisi yang benar saat menggunakan handphone: Jagalah postur yang baik saat menggunakan handphone. Usahakan untuk membawa handphone sejajar dengan mata sehingga tidak perlu membungkuk kepala terlalu jauh. Gunakan bantal leher atau penyangga leher yang sesuai untuk mendukung leher dan menjaga postur yang baik.
  • Lakukan peregangan dan latihan postur: Lakukan peregangan leher, bahu, dan punggung secara teratur. Latihan postur yang baik juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan memperkuat otot-otot yang lemah. Konsultasikan dengan ahli terapi fisik untuk mendapatkan saran dan panduan yang sesuai.
  • Beristirahat secara teratur: Penting untuk mengambil istirahat secara teratur saat menggunakan handphone. Berdiri, berjalan, atau melakukan peregangan singkat setiap 30 menit hingga satu jam dapat membantu mengurangi tekanan pada leher dan tulang belakang.
  • Perhatikan ergonomi: Jika Anda sering menggunakan handphone untuk waktu yang lama, pertimbangkan untuk menggunakan penyangga atau meja dengan tinggi yang sesuai untuk mengurangi tekanan pada leher dan tulang belakang.

Apabila Anda memiliki keluhan nyeri di leher, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter. Kondisi yang tidak tertangani dapat memicu saraf kejepit leher yang dapat mengganggu mobilitas yang Anda lakukan. Silakan berkonsultasi dengan dokter ahli di Lamina Pain and Spine Center untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. 

Baca juga: Awas, Salah Posisi Tidur Ternyata Bisa Picu Nyeri Leher!

Frequently Asked Questions (FAQ)

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Apa Itu Text Neck Syndrome?” answer-0=”Text Neck Syndrome adalah kondisi yang terjadi ketika kepala dan leher terlalu sering dan terlalu lama dalam posisi membungkuk saat menggunakan handphone. Posisi ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher, bahu, dan punggung atas.” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Apa Penyebab Text Neck Syndrome?” answer-1=”Salah satu alasan mengapa Text Neck Syndrome menjadi semakin umum adalah karena kebiasaan penggunaan handphone yang berlebihan tanpa memperhatikan postur tubuh yang benar.” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Bagaimana Cara Mencegahnya?” answer-2=”Pergunakanlah handphone dengan bijak dalam posisi yang benar dan lakukan peregangan serta istirahat secara teratur dalam penggunaannya.” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]

Baca Juga:  Berapakah Biaya Operasi Saraf Kejepit?

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer