Logo Lamina

Luka Operasi Cepat Sembuh Dengan Konsumsi Makanan Ini

makanan untuk sembuh luka operasi

Bekas luka operasi membutuhkan waktu cukup lama untuk hilang. Namun, lama tidaknya luka operasi tersebut sembuh bisa juga bergantung pada tiap individu.

Dalam kondisi normal, luka operasi ini bisa sembuh dalam waktu enam minggu. Tapi, bisa juga lebih lama jika ternyata individu tersebut memiliki penyakit lain seperti gula, dan penyakit lainnya. Tak hanya itu, penyembuhan juga akan bergantung pada perawatan pascaoperasi tersebut.

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi. Berikut adalah beberapa makanan yang membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca-operasi :

Ragam Jenis Makanan yang Dapat Membantu Proses Penyembuhan Luka Operasi

Mengandung Vitamin C dan Flavonoid

Vitamin C dan Flavonoid adalah dua zat yang sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka operasi. Hal ini karena keduanya mengandung jaringan ikat yang mampu membantu menunjang penyembuhan luka. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C  dan flavonoid :

1. Blueberry

Buah ini memiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan baik untuk tubuh. Selain flavonoid, di dalam blueberry juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi otak dari penyakit alzheimer.

2. Teh Hijau

Teh hijau atau yang biasa disebut green tea adalah salah satu jenis teh yang mengandung flavonoid. Green tea mampu membantu menyembuhkan luka pasca operasi. Selain itu juga mengandung polyphenol untuk membantu mencegah inflamasi dan kanker.

Baca Juga:  Obat Saraf Terjepit Yang Bisa Meringankan Rasa Sakit
3. Bilberry

Bilberry juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan flavonoid yang cukup untuk tubuh. Selain itu, juga bilberry juga memiliki kandungan buah yang mengandung vitamin C kompleks.

4. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan flavonoid tinggi yang mampu membantu menutup luka operasi.

5. Paprika dan bayam

Dua sayuran ini memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk tubuh. Selain itu, dua sayuran ini juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Bayam (Amaranthus) merupakan sayuran yang mengandung zat besi dan baik untuk produksi darah.

Kaya Vitamin A

Vitamin A mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A:

1. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan semua orang tentunya sudah mengetahui itu. Selain membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi, wortel juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan hipertensi dan nyeri akibat menstruasi.

2. Cabai Merah

Cabai merah juga merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak sekali vitamin A. Akan tetapi, dalam mengkonsumsi cabai merah, tidak dianjurkan mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan sakit perut.

3. Amaranthus

Amaranthus atau bayam mengandung flavonoid yang berlimpah, bayam juga mengandung vitamin A. Satu cangkir bayam mengandung 49% vitamin A yang cukup untuk tubuh.

4. Hati sapi

Dalam sebuah penelitian, menyebutkan bahwa dalam tiap 100 gram dagig sapi mengandung 300% vitamin A.

5. Olahan Susu

Susu dan beberapa hasil olahannya mengandung vitamin A yang baik untuk tubuh.

Kandungan Zinc

Zinc adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung zinc yang baik untuk tubuh :

1. Bayam

Sayuran ini juga mengandung zinc yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:  Nyeri Bahu Yang Ganggu Aktivitas Harian
2. Kepiting

Kepiting adalah salah satu yang memiliki kandungan zinc yang melimpah.

3. Tiram

Tiram adalah salah satu hewan laut yang mengandung zinc yang tiggi dan baik untuk tubuh.

4. Daging merah

Daging merah yang segar mengandung zinc yang melimpah ruah. Terutama dalam daging domba, kandungan zincnya begitu tinggi.

5. Ikan Gabus

Berdasarkan penelitian, ikan gabus mampu membantu menyembuhkan luka pasca-operasi. Hal ini karena ikan gabus merupakan makanan yang mengandung protein Albumin. Albumin mampu membantu penyembuhan luka. Dalam ikan gabus, kadar albumin cukup tinggi, sebesar 6,224 gram.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer