HNP Bisa Disembuhkan Tanpa Operasi?

HNP bisa disembuhkan tanpa operasi

HNP bisa disembuhkan tanpa operasi menjadi solusi yang Anda inginkan saat dokter sudah memastikan nyeri yang Anda alami penyebabnya adalah HNP atau saraf terjepit.

Untuk mengetahui diagnosis yang tepat dari keluhan nyeri tulang belakang yang Anda alami, apakah betul akibat HNP atau bukan, serta bagaimana derajat berat penyakitnya, membutuhkan pemeriksaan yang menyeluruh, dan juga dengan pemeriksaan penunjang tertentu.

HNP atau hernia nukleus pulposus memerlukan fase pengobatan cukup kompleks dan kadang bertahap.

Salah satunya, Anda perlu melakukan perubahan atau modifikasi pada aktivitas harian agar dapat membantu mengurangi atau meringankan gejala. Selain itu, mungkin setelah dokter menilai juga akan memberikan anjuran program terapi fisik/fisioterapi, dan/atau perlu menggunakan alat bantu seperti korset.

Fisioterapi hanya sebagai salah satu bentuk pendukung, sehingga postur tubuh dan gerakan tidak memperberat nyeri atau kondisi HNP.

Pemberian kompres pada area yang nyeri juga sangat membantu.

Obat-obatan pereda nyeri, bila diperlukan, juga akan dokter resepkan guna membantu mengatasi peradangan sehingga nyeri pun mereda. Namun konsumsi obat pereda nyeri yang terus menerus, sebaiknya tidak menjadi solusi HNP yang Anda alami.

HNP Bisa Disembuhkan Tanpa Operasi?

Kondisi HNP artinya ada jepitan pada saraf tulang belakang akibat isi dari bantalan antarruas tulang belakang bocor atau ‘melejit’ keluar sehingga menekan saraf. Hal inilah yang mengakibatkan serangkaian gejala yang Anda rasakan.

Gejala HNP atau istilah awamnya adalah syaraf kejepit, cukup bervariasi. Hal ini bergantung pada area mana yang mengalami tekanan. Umumnya gejala berupa nyeri di area tersebut atau pun menjalar ke bagian tubuh lainnya, kesemutan, baal, seperti tersetrum, mati rasa dan bahkan bisa mengakibatkan kelumpuhan.

Baca Juga:  Operasi Syaraf Kejepit di Pinggang yang Terjangkau

Mungkin Anda yang mengalami kondisi ini akan mencari tahu apakah HNP bisa disembuhkan tanpa operasi? Jawaban pertama adalah bergantung pada derajat keparahan penyakit ini. Jawaban kedua, bisa dengan teknologi terkini atasi saraf kejepit yaitu endoskopi tulang belakang atau Percutaneous Stenoscopic Lumbar Decompression (PSLD).

HNP Bisa Disembuhkan Tanpa Operasi dengan Teknologi PSLD

Bila gejala yang Anda rasakan tidak membaik atau bahkan bertambah berat, mungkin salah satu solusinya adalah PSLD.

Seperti singkatannya yang salah satu katanya adalah decompression atau dekompresi yang artinya menghilangkan atau meniadakan tekanan. Dalam hal ini, menghilangkan tekanan atau jepitan pada saraf tulang belakang dengan cara mengambil tonjolan isi bantalan tulang. Bila tonjolan ini sudah teratasi dengan alat endoskopi ini, maka saraf tak lagi terjepit.

Berat Ringannya HNP

Pada kasus syaraf kejepit yang ringan, tonjolan bantalan tulang belum menyentuh saraf tulang belakang (derajat 1 dan 2), mungkin dokter akan memberikan opsi pengobatan seperti injeksi steroid, radiofekuensi ablasi, atau teknologi laser PLDD (Percutaneous Laser Disc Decompression).

Tetapi bila hasil MRI menunjukkan tonjolan bantalan tulang sudah sampai menjepit atau menekan saraf, maka dokter dapat menganjurkan tindakan endoskopi tulang belakang, PSLD atau PELD (Percutaneous Endoscopic Lumbar Discectomy).

Bila HNP terjadi pada ruas tulang leher, maka teknologi terkini untuk mengatasinya adalah PECD (Percutaneous Endoscopic Cervical Discectomy).

Jadi HNP bisa disembuhkan tanpa operasi bukan berarti perlu mengonsumsi jamu atau makanan tertentu, melakukan pijat, dan lainnya, karena bantalan tulang yang menonjol akan tetap ada sehingga tetap menimbulkan nyeri akibat.

Sebaiknya bila Anda mengalami keluhan yang mirip dengan gejala HNP ini, langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

Baca Juga:  Biaya Endoskopi CESSYS Joimax untuk Saraf Kejepit di Lamina Pain and Spine Center

Keunggulan PSLD

Teknologi ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Hanya memerlukan sayatan 7 mm sehingga bekas luka sangat minimal
  • Waktu tindakan cepat
  • Tidak perlu bius umum, hanya bius lokal
  • Proses pemulihan cepat
  • Tanpa rawat inap (mungkin pada kasus tertentu, bisa rawat inap sesuai kebutuhan)
  • Dapat kembali beraktivitas

Apakah Boleh Berolahraga?

Bila tidak sedang nyeri, berenang mungkin menjadi salah satu anjuran dokter. Pilih gaya dada atau gaya bebas. Hindari gaya kupu-kupu karena berisiko menekan tulang belakang yang mungkin dapat memperberat kondisi HNP.

Jangan lupa untuk selalu menjaga berat badan tetap ideal.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer