Logo Lamina

Kyphoplasty, Cara Efektif Mengatasi Patah Tulang Belakang

Tulang Belakang - Lamina Pain and Spine Center

Patah tulang belakang adalah cedera serius pada tulang belakang yang dapat berdampak signifikan pada kesehatan dan mobilitas seseorang. Tulang belakang, yang juga dikenal sebagai tulang punggung atau vertebra, melindungi sumsum tulang belakang dan memainkan peran penting dalam mendukung tubuh serta menjaga fungsi sistem saraf. Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai faktor dengan sejumlah gejala yang berbeda pada penderitanya. Namun, dengan kemajuan teknologi modern, kini patah tulang belakang dapat ditangani dengan prosedur minimal invasif, kyphoplasty. 

Penyebab Patah Tulang Belakang

Patah tulang belakang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Kecelakaan Kendaraan: Kecelakaan mobil, motor, atau kendaraan lainnya dapat menyebabkan trauma serius pada tulang belakang akibat benturan kuat.
  • Kecelakaan Olahraga: Aktivitas olahraga yang intens, seperti sepak bola, rugby, atau olahraga ekstrim, dapat menyebabkan patah tulang belakang jika terjadi cedera hebat.
  • Kecelakaan Kerja: Kecelakaan di tempat kerja, terutama di lingkungan yang berisiko tinggi, dapat menyebabkan cedera tulang belakang.
  • Jatuh: Jatuh dari ketinggian yang signifikan atau jatuh dengan posisi yang tidak benar dapat merusak tulang belakang.
  • Penyakit: Kondisi medis seperti osteoporosis, kanker tulang, atau infeksi tulang belakang dapat melemahkan tulang dan meningkatkan risiko patah.

Gejala Patah Tulang Belakang

Gejalanya dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan cedera, tetapi beberapa gejala umum meliputi:

  • Nyeri hebat: Nyeri tajam atau tumpul di area tulang belakang yang cedera.
  • Kekakuan: Kesulitan bergerak atau merasa kaku di area tulang belakang.
  • Kehilangan Fungsi Motorik: Kehilangan kemampuan untuk bergerak atau merasakan bagian tubuh tertentu.
  • Kesulitan Bernapas: Patah tulang belakang pada bagian tertentu dapat memengaruhi fungsi pernapasan.
  • Gangguan Kandung Kemih atau Usus: Patah tulang belakang yang serius dapat mempengaruhi kontrol kandung kemih dan usus.
Baca Juga:  Adakah Cara Mengobati Saraf Kejepit yang Aman dan Efektif?

Diagnosis 

kyphoplasty - Lamina Pain and Spine Center

Proses diagnosis patah tulang belakang biasanya mencakup:

  • Pemeriksaan Klinis: Dokter akan menanyakan riwayat medis pasien dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai gejala dan kondisi fisik secara keseluruhan.
  • Pemeriksaan Radiologi: Pemeriksaan seperti sinar-X, MRI, atau CT scan dapat digunakan untuk mengidentifikasi adanya patah tulang belakang, melihat sejauh mana kerusakan yang terjadi, dan menilai bagaimana tulang belakang berinteraksi dengan struktur lain di sekitarnya.
  • Evaluasi Fraktur: Patah tulang belakang biasanya diklasifikasikan berdasarkan tipe fraktur, seperti fraktur kompresi (collapse), fraktur wedging, atau fraktur burst (meledak). Ini membantu dokter merencanakan perawatan yang tepat.

Pengobatan dengan Kyphoplasty

Kyphoplasty adalah prosedur minimal invasif untuk mengatasi patah tulang belakang dan mengurangi nyeri serta gangguan postur yang mungkin terjadi akibat fraktur. Tindakan ini dapat membantu memulihkan tingkat aktivitas fisik yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Prosedur kyphoplasty melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Pembiusan: Pasien akan diberikan anestesi lokal atau umum agar tidak merasakan sakit selama prosedur.
  • Memasukkan alat dan balon: Dokter akan membuat sayatan kecil di kulit dan memandu kateter ke dalam tulang belakang yang mengalami patah. Kateter ini menciptakan saluran untuk memasukkan balon kecil.
  • Mengembangkan Balon: Balon kecil ditempatkan melalui kateter dan diisi dengan udara untuk mengembangkan ruang kosong di dalam tulang belakang yang retak atau patah.
  • Injeksi Semen Tulang: Setelah balon mengembang, kateter diganti dengan semacam semen tulang khusus yang mengisi ruang kosong yang terbentuk dan membantu memperbaiki struktur tulang belakang.
  • Penutupan dan Pemulihan: Setelah prosedur selesai, dokter akan menutup sayatan kecil dan pasien akan melalui proses observasi sebelum pulang

Keunggulan Kyphoplasty

Kyphoplasty telah terbukti efektif dalam meredakan nyeri dan memperbaiki postur pasien yang mengalami patah tulang belakang. Beberapa manfaat utamanya meliputi:

  • Mengurangi Nyeri: Kyphoplasty dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan nyeri yang disebabkan oleh patah tulang belakang.
  • Memulih: Proses bedah minimal ini memungkinkan pemulihan yang lebih cepat dibandingkan dengan metode operasi konvensional.
  • Pemulihan Fungsi: Dengan mengembalikan bentuk dan fungsi tulang belakang, pasien dapat memulihkan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.
  • Pencegahan Kecacatan: Kyphoplasty dapat mencegah komplikasi lebih lanjut seperti gangguan pernapasan atau tekanan pada organ dalam.
Baca Juga:  Saraf Kejepit di Leher Belakang, Apa Penyebabnya?

Namun, seperti halnya semua prosedur medis, kyphoplasty juga memiliki risiko dan komplikasi potensial. Oleh karena itu, pasien harus berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang belakang untuk menentukan apakah kyphoplasty adalah pilihan yang tepat bagi mereka.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Kyphoplasty?

Kyphoplasty adalah prosedur minimal invasif untuk mengatasi patah tulang belakang dan mengurangi nyeri serta gangguan postur yang mungkin terjadi akibat fraktur. Tindakan ini dapat membantu memulihkan tingkat aktivitas fisik yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Bagaimana Prosedur Kyphoplasty?

Langkah-langkah prosedur yang dilakukan sebagai berikut: 1. Pembiusan 2. Memasukan alat dan balon 3. Mengembangkan balom 4. Injeksi semen tulang 5. Penutupan dan pemulihan

Apa Keunggulan Kyphoplasty?

Kyphoplasty memiliki beberapa manfaat utama, diantaranya: mengurangi nyeri, pemulihan yang lebih cepat dam mencegah komplikasi lebih lanjut

Baca juga: Hati-hati, Ini Perbedaan Sakit Pinggang Biasa dan Saraf Kejepit!

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer