Penanganan Patah Tulang Belakang dengan Kyphoplasty

Patah Tulang Belakang - Lamina Pain and Spine Center

Patah tulang belakang, terutama pada tulang belakang bagian punggung (vertebra), terjadi ketika satu atau lebih tulang belakang mengalami retak, patah sebagian, atau patah total. Kondisi ini merupakan cedera serius yang memiliki dampak signifikan pada kesehatan dan mobilitas seseorang. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri yang parah, ketidakstabilan tulang belakang, dan gangguan fungsi tulang belakang. 

Salah satu metode yang efektif untuk mengobati patah tulang belakang adalah kyphoplasty. Kyphoplasty merupakan prosedur minimal invasif yang bertujuan untuk memperbaiki deformitas tulang belakang dan mengurangi rasa nyeri.

Faktor Penyebab

Patah tulang belakang umumnya terjadi akibat adanya trauma berat pada tulang belakang. Misalnya, karena kecelakaan, jatuh dari ketinggian, atau kecelakaan olahraga yang parah. Cedera ini juga dapat terjadi akibat penyakit seperti osteoporosis, tumor tulang belakang, atau infeksi.

Gejala yang Timbul

Gejala yang muncul dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan fraktur. Beberapa gejala umum meliputi nyeri parah di daerah tulang belakang yang terkena, kesulitan atau kehilangan fungsi gerak pada anggota tubuh bagian bawah, kesemutan atau mati rasa pada anggota tubuh, gangguan fungsi kandung kemih atau usus, serta kesulitan bernapas.

Diagnosis dan Pengobatan

Untuk mendiagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik yang menyeluruh dan menggunakan berbagai metode pencitraan seperti sinar-X, CT scan, atau resonansi magnetik (MRI) untuk melihat kondisi tulang belakang dengan lebih rinci.

Pengobatannya pun tergantung pada tingkat keparahan cedera. Pada beberapa kasus, konservatif, seperti istirahat, penggunaan alat bantu seperti penyangga tulang belakang (brace), dan terapi fisik mungkin sudah cukup untuk pemulihan. Namun, dalam kasus yang lebih parah, mungkin dokter akan menyarankan tindakan intervensi lainnya untuk mengembalikan stabilitas tulang belakang, mengurangi tekanan pada sumsum tulang belakang, atau memperbaiki kelainan struktural yang terjadi.

Baca Juga:  Jenis Jenis Nyeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Kyphoplasty untuk Mengatasi Patah Tulang Belakang

Kyphoplasty melibatkan penggunaan balon khusus yang dimasukkan ke dalam tulang belakang yang patah untuk mengembangkannya. Berikut adalah langkah-langkah umum yang terlibat dalam prosedur kyphoplasty:

  1. Persiapan: Dokter akan memberikan anestesi lokal atau umum untuk memastikan kenyamanan selama prosedur. Pasien akan berbaring dalam posisi yang tepat, dan dokter akan membersihkan serta mensterilkan area punggung yang terkena.
  2. Pemasangan Kateter: Dokter bedah akan memasukkan kateter kecil melalui kulit dan memandu kateter tersebut hingga mencapai tulang belakang yang patah menggunakan bantuan alat pemantauan gambar, seperti fluoroskopi.
  3. Penyisipan Balon: Setelah kateter masuk ke target area dengan tepat, dokter akan memasukkan balon ke dalam tulang belakang yang patah. Dokter kemudian akan mengembangkan balon secara perlahan untuk memperbaiki deformitas tulang belakang dan mengembalikan tinggi tulang yang hilang.
  4. Penyuntikan Semen Tulang: Selanjutnya, ruang yang terbentuk akan diisi dengan semen tulang yang kental. Semen ini mengeras dalam beberapa menit dan membantu memperkuat tulang yang patah serta mempertahankan koreksi deformitas tulang yang fraktur.
  5. Penyelesaian dan Pemulihan: Setelah prosedur selesai, dokter akan mengeluarkan alat kyphoplasty, dan menutup luka kecil di kulit. Pasien akan masuk ke ruang pemulihan untuk memastikan tidak ada komplikasi yang terjadi. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin perlu tinggal di rumah sakit selama beberapa hari untuk pemantauan lebih lanjut.

Manfaat Kyphoplasty

Kyphoplasty memiliki beberapa manfaat potensial, antara lain:

  1. Mengurangi Rasa Sakit: Prosedur ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan memperkuat dan mengembalikan tinggi tulang yang hilang.
  2. Memperbaiki Deformitas: Kyphoplasty dapat membantu memperbaiki deformitas tulang belakang, mengurangi kyphosis (punggung bungkuk), dan memperbaiki postur pasien.
  3. Pemulihan Fungsi: Dengan mengembalikan tinggi tulang yang hilang dan memperkuat tulang yang patah, kyphoplasty dapat membantu memulihkan fungsi tulang belakang yang terganggu.
Baca Juga:  Solusi Terkini Pengobatan Saraf Kejepit dengan St.Cox atau Racz Catheter

Jika Anda memiliki keluhan nyeri tulang belakang karena fraktur kompresi, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter di Lamina Pain and Spine Center.  Hubungi tim Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811 1443 599

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Patah Tulang Belakang Jangan Dibiarkan, Bisa Berakibat Fatal!

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Metode yang Tepat untuk Mengobati Patah Tulang Belakang?

Salah satu metode yang efektif untuk mengobati patah tulang belakang adalah kyphoplasty. Kyphoplasty merupakan prosedur minimal invasif yang bertujuan untuk memperbaiki deformitas tulang belakang dan mengurangi rasa nyeri.

Apa Keunggulan Kyphoplasty?

Kyphoplasty memiliki beberapa keunggulan, diataranya: 1. Mengurangi rasa sakit 2. Memperbaiki deformitas 3. Memulihkan fungsi tulang belakang yang terganggu

Bagaimana Langkah Penanganan Dengan Kyphoplasty?

Berikut langkah-langkahnya: 1. Persiapan 2. Pemasangan kateter 3. Penyisipan balon 4. Penyuntikan semen tulang 5. Penyelesaian dan pemulihan

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer