Logo Lamina

Penanganan Patah Tulang Belakang dengan Kyphoplasty

Penanganan Patah Tulang Belakang dengan Kyphoplasty - Lamina Pain and Spine Center

Patah tulang belakang adalah kondisi yang terjadi akibat dislokasi atau fraktur (retak) di bagian tulang belakang (vertebra). Lokasinya bisa terjadi di bagian mana saja di sepanjang ruas tulang belakang. Umumnya, fraktur disebabkan oleh cedera atau trauma karena kecelakaan, terjatuh dari ketinggian, olahraga, atau kondisi medis seperti osteoporosis. Penanganan pada masalah patah tulang ini berbeda tergantung dari tingkat keparahannya. Pada kasus yang masih ringan, Anda mungkin hanya perlu beristirahat cukup dan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Namun, jika fraktur sudah parah, maka metode pengobatan lainnya diperlukan, misalnya dengan Kyphoplasty. 

Sebelum membahas lebih lanjut apa itu Kyphoplasty, simak penjelasan berikut tentang patah tulang belakang. 

Jenis Patah Tulang Belakang

Ada beberapa jenis fraktur atau patah tulang belakang yang sebaiknya Anda ketahui, antara lain: 

  • Fraktur kompresi (Compression fracture): Fraktur kompresi umumnya disebabkan oleh kondisi medis seperti osteoporosis, tumor, atau kelainan pada tulang belakang lainnya. Tulang belakang di bagian depan biasanya patah dan retak cukup parah, sedangkan bagian belakang tetap stabil.
  • Fraktur ledakan aksial (Axial burst fracture): Fraktur ini biasanya terjadi karena hilangnya ketinggian tulang pada bagian depan dan belakang. Penyebabnya bisa karena terjatuh dari ketinggian atau terkena benturan secara vertikal.
  • Fraktur kebetulan (Chance fracture): Terjadi karena tulang belakang yang tertarik akibat cedera fleksi atau benturan yang cukup keras, biasanya disebabkan oleh kecelakaan.
Baca Juga:  Respon Cepat dan Siaga, Sopir Ambulans Lamina Selalu Siap Memberikan Pelayanan Terbaiknya!

Gejala Patah Tulang Belakang

Gejala patah tulang belakang biasanya berbeda pada setiap orang. Hal ini tergantung pada tingkat keparahan, lokasi fraktur dan kondisi kesehatan Anda. Berikut adalah gejala patah tulang yang harus Anda waspadai: 

  • Nyeri punggung hebat, terutama saat bergerak dan melakukan aktivitas
  • Sulit berjalan atau sakit saat membungkuk
  • Timbul pembengkakan di lokasi fraktur
  • Rasa kaku di bagian otot punggung 
  • Perubahan bentuk di tulang belakang seperti terlihat lebih melengkung
  • Terkadang terjadi kelumpuhan (paralisis) di anggota tubuh dekat area patah tulang

Dampak Patah Tulang Belakang yang Tidak Ditangani

Patah tulang belakang yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan dampak dan risiko komplikasi yang serius. Kondisi ini dapat mengakibatkan trauma pada saraf tulang belakang yang pada akhirnya akan mengganggu beberapa fungsi anggota tubuh. Misalnya, hilangnya sensasi raba (fungsi sensorik), kekuatan otot (fungsi motorik), dan sistem gerak tubuh. 

Penanganan Patah Tulang Belakang dengan Kyphoplasty

Penanganan patah tulang belakang kini dapat dilakukan dengan prosedur minimal invasif seperti Kyphoplasty. Sebelumnya, dokter akan melakukan anamnesis (tanya jawab riwayat kesehatan pasien) dan pemeriksaan fisik serta radiologis. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi fraktur dan lokasi terjadinya fraktur. 

Kyphoplasty atau balloon kyphoplasty adalah tindakan minimal invasif yang dapat membantu mengoreksi deformitas dan mengembalikan struktur/ bentuk tulang belakang ke posisinya semula. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan balon khusus untuk memberikan ruang pada tulang belakang yang kolaps karena fraktur kompresi. Setelah ruang tercipta, dokter kemudian akan mengisinya dengan semen khusus tulang untuk mengembalikan bentuk dan posisinya. 

Kyphoplasty merupakan metode terkini dalam penanganan fraktur kompresi tulang belakang. Keunggulannya yakni bukan tindakan pembedahan, waktu pengerjaan yang relatif singkat, risiko komplikasi pasca tindakan rendah, dan proses pemulihan yang lebih cepat. Prosedur ini juga sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis bedah yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. 

Baca Juga:  Tennis Elbow Penyebab Tangan Tidak Bisa Menggenggam

Apabila Anda mengalami berbagai gejala patah tulang yang telah dijelaskan sebelumnya, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kami di Klinik Lamina. Dokter akan memberikan diagnosis dan membantu mengelola gejala dengan penanganan medis secara tepat. 

Bagi Anda yang terkendala jarak, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kami melalui online (telekonsultasi). Silakan buat janji konsultasi dengan Chat ke nomor 0811-1443-599.

***

Referensi Penulisan

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu patah tulang belakang?

Patah tulang belakang adalah kondisi yang terjadi akibat dislokasi atau fraktur (retak) di bagian tulang belakang (vertebra). Lokasinya bisa terjadi di bagian mana saja di sepanjang ruas tulang belakang

Apa saja gejala patah tulang belakang?

Gejalanya meliputi nyeri punggung hebat, terutama saat beraktivitas,sulit berjalan atau sakit saat membungkuk, pembengkakan di lokasi fraktur, dan kekakuan di bagian otot punggung.

Bagaimana penanganan patah tulang belakang?

Penanganan patah tulang belakang yaitu dengan Kyphoplasty atau balloon kyphoplasty. Ini adalah tindakan minimal invasif yang dapat membantu mengoreksi deformitas dan mengembalikan struktur/ bentuk tulang belakang ke posisinya semula.

***

Feature photo by Wavebreak Media from Freepik

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer