Kenali Berbagai Penyebab Saraf Kejepit di Pinggang Belakang

penyebab saraf kejepit

Sering merasakan nyeri di pinggang belakang? Hati-hati ya, mungkin saja Anda terkena saraf kejepit. Penyebab saraf kejepit di pinggang belakang bervariasi, biasanya karena faktor degeneratif atau cedera berolahraga. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pada saraf secara berlebihan sehingga akan timbul rasa nyeri dan gejala lainnya yang menyertai seperti kebas atau kesemutan. Umumnya, rasa nyeri ini bisa hilang dengan sendirinya, namun terkadang malah menjalar ke area tubuh lainnya. Lalu, adakah cara yang efektif mengatasi saraf kejepit? Ini kata dokter spesialis bedah saraf di Klinik Lamina. 

Area Tubuh yang Sering Terkena Saraf Kejepit

Saraf kejepit dapat terjadi di seluruh bagian tubuh tergantung di mana lokasi saraf yang mendapatkan tekanan. Namun, ada beberapa area tubuh yang paling sering terdampak akibat terkena saraf kejepit, antara lain: 

  • Leher dan bahu (tekanan pada saraf leher)
  • Punggung belakang dan dada atas (tekanan pada saraf toraks dan lumbar)
  • Lengan dan siku tangan (akibat tekanan pada saraf ulnaris)
  • Tangan dan pergelangan tangan (biasanya karena carpal tunnel syndrome

Penyebab Saraf Kejepit di Pinggang Belakang

Beberapa hal bisa menyebabkan saraf kejepit di pinggang belakang, yaitu: 

  • Cedera berolahraga atau karena terjatuh sehingga menimbulkan tekanan pada saraf lumbal
  • Proses penuaan atau degeneratif
  • Postur tubuh yang tidak benar ketika mengangkat beban berat
  • Melakukan aktivitas berulang dan gerakan yang mendadak atau tiba-tiba
  • Obesitas 
  • Infeksi tulang belakang
  • Arthritis atau radang sendi

Kurang bergerak atau beraktivitas juga dapat melemahkan otot di sekitar tulang belakang sehingga berisiko pada terjadinya saraf kejepit. 

Baca Juga:  Sakit Pinggang, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Baca juga: Perhatikan 5 Kebiasaan Saraf Kejepit yang Harus Dihindari

Gejala yang Muncul Mungkin Berbeda

Area yang mengalami saraf kejepit umumnya akan berbeda tergantung lokasi terjepitnya saraf. Namun, pada saraf kejepit di pinggang belakang, gejala yang umum timbul yaitu: 

  • Nyeri terpusat yang terasa di sepanjang area yang terkena. Biasanya Anda akan merasakan rasa sakit yang tajam dan hilang timbul. Meskipun, tak jarang rasa sakit ini bertahan dalam waktu yang lama. 
  • Beberapa orang mengalami mati rasa atau baal pada area pinggang.
  • Nyeri radikuler yang bisa menjalar ke area lainnya. Umumnya, terasa seperti tertusuk atau terbakar, yang berawal dari pinggang, bokong, paha, betis hingga ujung kaki.
  • Muncul sensasi kesemutan pada pinggang hingga ke kaki.
  • Rasa lemah atau berat saat bergerak dengan otot tertentu sehingga akan mengganggu aktivitas harian yang Anda lakukan.

Penanganan dengan Laser PLDD

Jika Anda telah mencoba melakukan penanganan di rumah, tapi gejala malah memburuk, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Anda mungkin saja memerlukan penanganan yang lebih intensif untuk mengatasi keluhan saraf kejepit di pinggang. 

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis bedah saraf kami di Lamina Pain and Spine Center. Anda akan mendapatkan diagnosa setelah menjalani sejumlah pemeriksaan, baik itu pemeriksaan fisik maupun radiologis. 

Menurut dr. Faisal, M.Ked, Sp.BS, dokter spesialis bedah saraf profeisonal di Klinik Lamina, salah satu metode terbaik di Klinik Lamina yaitu dengan Laser PLDD. PLDD atau Percutaneous Laser Disc Decompression adalah prosedur minimal invasif tanpa operasi yang dilakukan ketika saraf kejepit masih pada usia muda dan belum menimbulkan komplikasi yang parah.

Prosedurnya bekerja dengan memanfaatkan energi panas dari sinar laser sebesar 1200 Joule ke ruas tulang belakang, di mana terdapat tonjolan bantalan tulang yang menekan saraf. Tujuannya yaitu untuk mengempiskan tonjolan tersebut sehingga tidak lagi menekan saraf dan nyeri pun akan berkurang. 

Baca Juga:  Jenis Penyakit Yang Bisa Kamu Konsultasi Via Online

PLDD menggunakan teknologi C-arm fluoroskopi terbaru dengan tingkat akurasi tinggi, sehingga area yang ditargetkan lebih tepat. Dengan waktu tindakan hanya 30 menit dan bius lokal, Anda tidak perlu rawat inap dan bisa langsung pulang setelah observasi pasca tindakan. 

Selain minim risiko komplikasi dan kerusakan jaringan minimal, proses penyembuhan pun lebih cepat. 

Dengan banyaknya keunggulan dari PLDD, Anda tak perlu lagi khawatir dalam mengobati masalah saraf kejepit. Untuk berkonsultasi, silakan membuat janji dengan dokter spesialis bedah saraf kami dengan menghubungi nomor 021-7919-6999. Atau Anda juga bisa chat kami melalui whatsapp di nomor 0811-1443-599. 

Lamina juga memiliki layanan telekonsultasi bagi siapapun yang terkendala jarak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, chat dan hubungi kami sekarang ya! 

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer