Logo Lamina

Jari Tangan Kaku, Bisa Karena 5 Penyebab Ini

jari tangan kaku

Jari tangan kaku bisa terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini juga bisa menyerang semua kalangan umur secara mendadak dan bersamaan dengan rasa kaku serta kesulitan menggerakkan jari tangan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kaku dan nyeri pada jari tangan. Kondisi ini bisa terjadi akibat kelelahan hingga alarm kesehatan yang menyerang bagian sendi. 

Penyebab jari tangan kaku 

Jari tangan kaku bisa terjadi karena berbagai kondisi. Berikut beberapa penyebab yang perlu kamu tahu: 

Trigger Finger

Trigger finger adalah kondisi yang menyebabkan jari kaku dan terkunci pada posisi menekuk ataupun meregang, Kondisi trigger finger sangat mengganggu aktivitas harian. Hal ini karena trigger finger membuat penderita tidak nyaman akibat gejala yang tiba-tiba muncul. 

Nyeri pada jari tangan bisa terjadi terutama saat menekuk ataupun meluruskan jari. Penderita Trigger finger selain merasakan nyeri, umumnya mereka juga mengalami munculnya benjolan pada pangkal jari. Benjolan ini bisa mengeluarkan bunyi saat jari bergerak atau ketika meluruskan jari tangan. 

Fenomena Raynaud

Sindrom Raynaud bisa terjadi akibat kondisi berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh sehingga penderita mengalami kulit yang pucat dan tubuh terasa dingin. Sindrom Raynaud menyerang pada salah satu jari tangan ataupun kaki baru kemudian menyebar ke jari yang lainnya. Mereka yang mengalami Sindrom Raynaud selain merasakan dingin dan juga kulit yang pucat. Sindrom Raynaud umumnya bersamaan dengan gejala lain seperti, nyeri dan rasa panas seperti terbakar saat aliran darah kembali cepat. 

Baca Juga:  Mandi Air Hangat Bisa Sembuhkan Saraf Kejepit, Mitos atau Fakta?
Radang Tendon 

Jari tangan kaku dan terasa nyeri terjadi akibat adanya peradangan pada tendon yang menghubungkan tulang dan otot yang berbentuk jaringan dengan penyambung keras. Bagian ini berfungsi menggerakan jari pada tangan. Saat tubuh menggerakkan otot dan tendon pada bagian lengan secara bersamaan, pada penderita radang tendon akan mengalami kaki dan juga merasakan nyeri. 

Tangan kelelahan  

Nyeri yang terjadi pada jari tangan bisa terjadi akibat kelelahan saat melakukan gerakan yang berulang menggunakan jari tertentu pada waktu yang tidak sebentar. 

Osteoarthritis 

Jari tangan kaku dan juga nyeri akibat osteoarthritis bisa terjadi pada bagian tangan. Radang sendi atau osteoarthritis bisa terjadi dan menimbulkan nyeri pada jari-jari tangan. Kondisi ini menyebabkan jari menjadi kaku, bengkak, sakit dan muncul benjolan pada bagian sendi jari yang terasa kaku. 

Cara mengurangi gejala jari tangan kaku

Jika kamu mengalami keluhan satu ini, kamu bisa melakukan beberapa tindakan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti: 

Kompres dengan air hangat atau dingin 

Kamu bisa membantu meredakan keluhan dengan mengompresnya dengan air hangat ataupun dingin secara rutin. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk pemilihan jenis air hangat ataupun dingin yang cocok meredakan nyeri yang kamu alami. 

Dengan bahan alami 

Kamu bisa meredakan keluhan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti, jahe, teh hijau, kunyit hingga minyak ikan. Dikutip dari Healthline, bahan-bahan alami tersebut dipercaya bisa mengatasi nyeri yang terjadi pada jari yang terasa kaku. Namun, efektifitas bahan-bahan ini hingga kini masih terus diteliti. 

Obat pereda nyeri 

Jari tangan yang terasa kaku juga bisa reda dengan obat seperti ibuprofen. Sebelum memilih obat ini, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan saran penanganan terbaik. 

Baca Juga:  Kyphoplasty, Prosedur Minimal Invasif yang Efektif Atasi Patah Tulang Belakang
Operasi 

Pada kondisi yang cukup serius keluhan ini memerlukan tindakan medis operasi untuk penangannya, misalnya pada penderita trigger finger. Setelah tindakan operasi, penderita trigger finger juga memerlukan terapi fisik untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer