Logo Lamina

Cara Penyembuhan Radikulopati Servikal Tanpa Operasi

Cara Penyembuhan Radikulopati Servikal Tanpa Operasi - Lamina Pain and Spine Center

Dengan kemajuan teknologi modern di bidang kedokteran, cara penyembuhan radikulopati kini bisa dilakukan tanpa operasi bedah terbuka. Radikulopati servikal atau saraf kejepit leher bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya cedera berolahraga, sering mengangkat beban berat, proses penuaan, maupun kondisi medis seperti radang sendi dan diabetes.

Salah satu inovasi terbaru dalam pengobatan radikulopati servikal adalah dengan metode endoskopi CESSYS Joimax. CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System adalah teknologi terkini dari Jerman yang menggunakan alat endoskopi berteknologi canggih untuk membuang jaringan yang menekan saraf. Dengan endoskopi CESSYS, dokter hanya membutuhkan satu sayatan kecil sebesar 7mm, durasi tindakan sekitar 30-45 menit, lebih aman, tingkat keberhasilan mencapai 95%, dan proses penyembuhan lebih cepat.

Prosedur Endoskopi CESSYS Joimax

Seperti apa prosedurnya? Berikut uraian selengkapnya. 

Evaluasi Awal dan Diagnosis

Sebelum prosedur endoskopi dimulai, dokter bedah akan melakukan evaluasi mendalam untuk memahami penyebab radikulopati servikal. Hal ini dapat melibatkan pemeriksaan fisik, analisis gambaran pencitraan seperti MRI, dan diskusi dengan pasien tentang gejala dan riwayat medisnya.

Perencanaan Tindakan Endoskopi

Setelah diagnosis ditegakkan, perencanaan operasi endoskopi dilakukan. Proses ini mencakup penentuan titik akses yang optimal untuk meminimalkan kerusakan jaringan sekitar. Keunggulan endoskopi Joimax adalah kemampuannya untuk melakukan prosedur ini dengan sayatan kecil, mengurangi risiko komplikasi dan waktu pemulihan.

Prosedur Endoskopi

Saat prosedur dimulai, dokter spesialis bedah saraf akan memandu alat endoskop ke area yang terkena. Endoskop adalah instrumen tipis dengan kamera di ujungnya, memungkinkan dokter untuk melihat area target dengan jelas. Cara ini memungkinkan intervensi yang lebih presisi pada akar saraf atau struktur tulang yang menyebabkan radikulopati servikal.

Baca Juga:  Operasi Syaraf Kejepit di Pinggang yang Terjangkau

Pemulihan Lebih Cepat

Dibandingkan dengan pembedahan konvensional, prosedur endoskopi Joimax cenderung menghasilkan pemulihan yang lebih cepat. Pasien dapat mengalami penurunan nyeri dan gejala lainnya lebih cepat, serta dapat kembali ke aktivitas normal dengan lebih cepat.

Risiko dan Keamanan

Meskipun setiap prosedur bedah memiliki risiko, endoskopi Joimax memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan pembedahan terbuka. Ukuran sayatan yang lebih kecil mengurangi risiko infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Rehabilitasi dan Perawatan Pasca Operasi

Setelah prosedur selesai, pasien akan diberikan rencana rehabilitasi yang mencakup fisioterapi dan perawatan lainnya untuk memastikan pemulihan optimal. Penting untuk mengikuti panduan pasca operasi untuk memaksimalkan hasil penyembuhan.

Dengan penggunaan teknologi endoskopi Joimax, penyembuhan radikulopati servikal menjadi lebih efektif dan dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi pasien. Namun, sebelum menjalani endoskopi, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami di Lamina Pain and Spine Center untuk diagnosis dan metode pengobatan yang sesuai. 

Baca juga: Klinik Lamina, One Stop Service dengan Tim Dokter Terpercaya dan Teknologi Terbaik

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Radikulopati Servikal?

Radikulopati servikal atau saraf kejepit leher bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya cedera berolahraga, sering mengangkat beban berat, proses penuaan, maupun kondisi medis seperti radang sendi dan diabetes.

Apa Itu CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System?

CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System adalah teknologi terkini dari Jerman yang menggunakan alat endoskopi berteknologi canggih untuk membuang jaringan yang menekan saraf. Dengan endoskopi CESSYS, dokter hanya membutuhkan satu sayatan kecil sebesar 7mm, durasi tindakan sekitar 30-45 menit, lebih aman, tingkat keberhasilan mencapai 95%, dan proses penyembuhan lebih cepat.

Baca Juga:  Awas, Kolesterol Tinggi Berisiko Sebabkan Stroke

Bagaimana Prosedur CESSYS?

Urain prosedur CESSYS yang akan dijalani pasien, diantaranya:

1. Evaluasi awal dan diagnosis

2. Perencanaan tindakan endoskopi

3. Prosedur endoskopi

4. Pemulihan lebih cepat

5. Risiko rendah

***

Feature photo by freepik from Freepik

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer