Jangan Sepelekan Gejala Saraf Kejepit di Pinggang Belakang!

gejala saraf kejepit di pinggang

Jika Anda merasakan sakit pinggang yang menjalar hingga ke kaki, bisa jadi itu adalah gejala saraf kejepit di pinggang belakang. Keluhan ini berbeda dengan nyeri pinggang biasa. Sebab, bukan hanya sekedar rasa nyeri dan pegal yang dirasakan, namun sakitnya bisa meluas ke area tubuh lainnya dan berlangsung lebih lama. Kondisi ini sebaiknya memang segera tertangani dengan pengobatan yang tepat, karena jika tidak bisa mengakibatkan risiko kelumpuhan pada anggota tubuh. 

Beda Nyeri Pinggang Biasa dan Saraf Kejepit

saraf-kejepit-di-pinggang

Hingga kini, masih banyak orang yang tidak bisa membedakan seperti apa gejala sakit pinggang biasa dan saraf kejepit di pinggang. Pada dasarnya, sakit pinggang biasa diawali dengan rasa pegal dan lama kelamaan bisa terasa seperti nyeri yang menusuk hingga Anda kesulitan untuk berdiri tegak ataupun berjalan. Penyebabnya biasanya karena otot yang kaku dan tegang, misalnya setelah mengangkat benda berat, kurang pemanasan sebelum berolahraga, dan terlalu lama berdiri atau duduk. Nyeri pinggang biasa dapat membaik dengan sendirinya dengan perawatan rumahan hanya dalam hitungan hari. 

Sedangkan, pada kasus saraf kejepit umumnya tidak bisa sembuh hanya dengan minum obat anti nyeri, beristirahat, atau kompres dingin saja dan rasa nyerinya bisa berlangsung lebih lama. Saraf kejepit terjadi karena adanya bantalan tulang yang menonjol dan menekan saraf di sekitarnya. Oleh karena itu, rasa sakitnya bisa sampai menjalar ke area tubuh lainnya, seperti mulai dari pinggang, bokong, paha dan pergelangan kaki. Penekanan pada saraf ini dapat berakibat pada terganggunya fungsi motorik dan sensorik pada tubuh. 

Baca Juga:  Strategi Pengobatan Fraktur Karena Osteoporosis

Gejala Saraf Kejepit di Pinggang Belakang

Saraf kejepit di pinggang belakang dapat menyebabkan gejala yang bervariasi, antara lain: 

  • Rasa nyeri hebat dan muncul sensasi terbakar atau tertusuk benda tajam
  • Nyeri menjalar mulai dari pinggang, bokong hingga ke tungkai
  • Kebas dan kesemutan di pinggang dan kaki 
  • Melemahnya otot dan sendi pada area yang terkena saraf kejepit
  • Kesulitan menggerakkan area pinggang dan sekitarnya
  • Pinggang terasa sakit ketika berjalan, duduk lama atau bahkan saat berbaring

Anda sebaiknya mewaspadai berbagai gejala tersebut karena jika terlambat menanganinya, bisa menyebabkan risiko komplikasi yang sangat parah seperti kerusakan saraf permanen hingga kelumpuhan. 

Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami tanda saraf kejepit seperti tersebut di atas. 

Baca juga: Kenali Berbagai Penyebab Saraf Kejepit di Pinggang Belakang

Bagaimana Mendiagnosis Saraf Kejepit?

Pada tahap awal, dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan dan mulai melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Di Lamina Pain and Spine Center, kondisi saraf kejepit Anda akan ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah saraf kami yang handal dan berpengalaman. 

Selanjutnya, dokter juga akan menyarankan pemeriksaan radiologis seperti MRI (Magnetic Resonance Imaging) guna menegakkan diagnosa. Hasil MRI nantinya juga akan dokter gunakan untuk melihat seberapa parah tekanan pada saraf oleh bantalan tulang yang menonjol, serta lokasi terjepitnya saraf. 

Penanganan Kasus Saraf Kejepit dengan PLDD

PLDD atau Percutaneous Laser Disc Decompression adalah teknik minimal invasif untuk mengatasi saraf kejepit yang belum terlalu parah. Dengan memanfaatkan sinar laser sebesar 1200 Joule yang disuntikkan pada bantalan tulang, prosedur ini bertujuan untuk mengempiskan atau mengecilkan tonjolan bantalan tulang yang menekan saraf. Teknik ini menggunakan panduan teknologi C-arm agar lebih aman dengan tingkat akurasi yang tinggi. 

Baca Juga:  Ketahui Dampak Faktor Degeneratif pada Kesehatan Tulang Belakang

Keunggulan prosedur PLDD, antara lain:

  • Tanpa pembedahan
  • Waktu tindakan relatif singkat
  • Tingkat keberhasilan tindakan sekitar 95%
  • Tanpa rawat inap
  • Bisa langsung pulang setelah tindakan apabila tidak ada keluhan
  • Proses penyembuhan lebih cepat 

Beberapa pusat pengobatan tulang belakang di dunia telah menggunakan teknik PLDD, termasuk di Indonesia. Lamina Pain and Spine Center merupakan salah satu klinik terbaik yang menggunakan PLDD dan metode pengobatan berteknologi tinggi lainnya untuk mengatasi saraf kejepit. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai PLDD, silakan hubungi Assistance Center kami di nomor  021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811-1443-599. 

Lamina juga memiliki layanan telekonsultasi bagi Anda yang tidak bisa datang langsung ke klinik karena terkendala jarak. Hal ini tentu akan memudahkan dalam berkomunikasi langsung dengan dokter kami terkait diagnosa dan gejala penyakit yang anda alami.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer