Waspada, Kenali Gejala Spondylolisthesis!

Gejala Spondylolisthesis - Lamina Pain and Spine Center

Spondylolisthesis adalah masalah pada tulang belakang yang sering menyebabkan nyeri punggung bawah. Gejala spondylolisthesis ini sebaiknya memang Anda waspadai karena bisa menimbulkan risiko komplikasi yang serius. Kondisi ini terjadi ketika tulang belakang bergeser dari posisi normalnya ke tulang belakang di bagian bawahnya, sehingga bisa menimbulkan tekanan berlebih pada saraf. Pada beberapa kasus, penanganan tanpa pembedahan, seperti endoskopi Joimax dapat menjadi pilihan.

Apa Penyebab Spondylolisthesis?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan spondylolisthesis, antara lain:

  • Cedera tulang belakang yang terjadi secara tiba-tiba atau berulang
  • Cacat lahir atau bawaan sejak lahir pada tulang belakang
  • Tumor
  • Pengikisan tulang belakang
  • Retak di bagian tulang belakang

Selain berbagai faktor penyebab tersebut, spondylolisthesis dapat lebih berisiko pada orang yang sering melakukan olahraga yang dapat memberikan tekanan berlebih di tulang belakang dan memiliki riwayat penyakit yang sama.

Seperti Apa Gejalanya?

Pada tahap awal dan kondisi yang tergolong ringan, Anda mungkin belum merasakan gejalanya. Bahkan, beberapa pasien tidak mengetahui bahwa mereka telah menderita spondylolisthesis ini. Biasanya, gejala yang paling sering terjadi yaitu rasa nyeri di bagian punggung bawah yang menjalar hingga ke bokong dan paha. Gejala lain yang mungkin muncul antara lain:

  • Spasme otot di bagian hamstring (otot di bagian belakang paha)
  • Kekakuan pada punggung belakang
  • Kesulitan berjalan maupun berdiri dalam waktu yang lama
  • Rasa nyeri saat membungkuk
  • Kebas atau mati rasa dan kesemutan di bagian kaki

Bagaimana Mengatasi Spondylolisthesis?

Agar gejala tidak bertambah parah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan memberikan diagnosis dengan melakukan anamnesis dan serangkaian pemeriksaan, baik fisik maupun radiologis, seperti Rontgen atau MRI juga diperlukan guna menegakkan diagnosis. 

Baca Juga:  Syaraf Terjepit Sama Dengan HNP? Gejala, Penyebab dan Penanganannya Apa?

Endoskopi Joimax adalah metode pengobatan terkini yang berasal dari Jerman yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah tulang belakang seperti spondylolisthesis. Tulang belakang yang bergeser dan menekan saraf dapat dihilangkan dengan menggunakan alat endoskop yang akan masuk ke bagian yang mengalami kerusakan atau gangguan. Dengan panduan kamera kecil yang terhubung dengan layar monitor HD,  dokter akan lebih mudah dan jelas dalam melihat visualisasi kondisi tulang belakang Anda.

Teknologi ini memiliki berbagai keunggulan, antara lain bukan tindakan bedah terbuka,  hanya dengan satu sayatan kecil, tidak merusak jaringan lain di sekitarnya, dan proses penyembuhan yang lebih cepat dari operasi besar. 

Apabila Anda memiliki keluhan nyeri punggung bawah akibat spondylolisthesis, berkonsultasilah dengan dokter dengan menghubungi nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp di 0811 1443 599.

Lamina Pain and Spine Center merupakan solusi tepat dan terbaik dalam menyembuhkan berbagai masalah nyeri dan tulang belakang yang Anda alami. Dengan teknologi terkini tanpa operasi, dokter ahli kami akan membantu mengelola gejala dengan penanganan yang tepat. Selain bisa berkonsultasi secara online, Anda juga bisa datang langsung ke klinik Lamina yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan. 

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Spondylosis Lumbalis dan Penyebabnya

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Spondylolisthesis?

Spondylolisthesis adalah masalah pada tulang belakang yang sering menyebabkan nyeri punggung bawah. Gejala spondylolisthesis ini sebaiknya memang Anda waspadai karena bisa menimbulkan risiko komplikasi yang serius.

Bagaimana Gejala Spondylolisthesis?

Beberapa gejalanya meliputi: 1. Spasme otot di bagian hamstring 2. Kekakuan pada punggung belakang 3. Kesulitan berjalan maupun berdiri 4. Rasa nyeri saat membungkuk 5. Kebas atau mati rasa dan kesemutan di bagian kaki

Baca Juga:  Mengenal Endoskopi Joimax Sebagai Prosedur Bedah Minimal Invasif

Bagaimana Menangani Spondylolisthesis dengan Endoskopi Joimax?

Endoskopi Joimax adalah metode pengobatan terkini yang berasal dari Jerman yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah tulang belakang seperti spondylolisthesis. Tulang belakang yang bergeser dan menekan saraf dapat dihilangkan dengan menggunakan alat endoskop yang akan masuk ke bagian yang mengalami kerusakan atau gangguan.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer