Functional Medicine, Tren Baru di Dunia Medis untuk Kesehatan Lebih Optimal

functional medicine

Gaya hidup serba cepat, penuh tekanan dan kesibukan yang tinggi terkadang membuat Anda sering mengabaikan kesehatan. Akibatnya, stres, tubuh yang lelah dan gangguan fisik mulai menyerang sistem imun sehingga menimbulkan berbagai penyakit kronis. Terkadang, mengonsumsi obat-obatan juga tidak bisa memberikan kesembuhan yang maksimal. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui apa ketidakseimbangan yang terjadi dalam tubuh dan penyebabnya. Hal inilah yang disebut dengan functional medicine atau pengobatan medis fungsional. 

Apa itu Functional Medicine? 

“The Best Doctor Gives Least Medicines”

-Benjamin Franklin

Functional Medicine pertama kali ditemukan oleh dr. Jeffrey Bland, PhD., seorang pakar biokimia yang merupakan co-founder Institute for Functional Medicine (IFM) yang berdiri pada tahun 1991. Konsep ini sendiri merupakan suatu pendekatan medis yang menekankan prinsip mencari akar masalah (root cause) dari gangguan kesehatan.

Alasan Melakukan Functional Medicine

Dalam Functional Medicine, dokter menerapkan sistem kesehatan Health Care. Health care bertujuan agar pasien memperoleh pengetahuan lengkap dari dokter terkait kondisi kesehatannya, dan berupaya menyembuhkan penyakit dengan pendekatan secara holistik atau personal tanpa penggunaan obat. Umumnya, metode pengobatan ini dapat mengatasi beragam penyakit kronis maupun degeneratif.

Dokter akan mencari akar penyakit atau sebab utama gangguan kesehatan yang pasien alami dan bukan hanya melakukan pengobatan untuk gejalanya. Menurut dr. Worawit Kitisakronnakorn, pendiri Thai Institute of Functional Medicine (TIFM), sekaligus Direktur RS Better Being Hospital (RS BBH), menjelaskan bahwa masalah kesehatan pada tubuh atau sistem organ terjadi akibat adanya ketidakseimbangan pada proses fisiologi maupun biokimia dalam tubuh. 

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Spondylosis Lumbalis dan Penyebabnya

Dengan Functional Medicine, Anda dapat mempertahankan kesehatan yang optimal dalam jangka panjang. 

Kapan Sebaiknya Berkonsultasi dengan Praktisi Functional Medicine?

Apabila ada gejala penyakit yang dirasakan dan sudah mengganggu aktivitas, bahkan Anda sudah mengonsumsi obat-obatan, namun tidak juga membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Wellness. 

Dokter akan membantu memahami apa penyakit Anda sampai mencari ke akar penyebabnya. Selanjutnya, dengan menerapkan prinsip FM, Anda akan diajak untuk ikut berpartisipasi dalam mencapai kesembuhan yang optimal.

Layanan FM di Lamina Wellness

Lamina Wellness akan membantu memberikan keseimbangan tubuh, jiwa, dan pikiran melalui berbagai layanan berikut ini: 

  • Immune booster: Terapi infus vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh melalui pembuluh darah
  • Chelation: Suatu terapi yang bekerja dengan memasukkan obat chelating agents melalui pembuluh darah. Tujuannya yaitu untuk mengurangi timbunan logam berat yang berbahaya bagi tubuh
  • Antioksidan: Pemberian antioksidan melalui pembuluh darah untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah radikal bebas
  • Detoksifikasi hati: Terapi yang bertujuan untuk membuang zat toksin atau racun dalam tubuh
  • Avasin therapy: Terapi untuk relaksasi dan mengurangi ketegangan otot dengan alat bantu tertentu berukuran kecil pada titik accupressure
  • Akupunktur medik: Bekerja dengan menggunakan jarum akupunktur ke dalam titik rangsang tertentu dalam tubuh. Tujuannya yaitu untuk meredakan nyeri, mengurangi inflamasi, meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki fungsi organ.

Baca juga: Ini Pentingnya Immune Booster untuk Cegah Penyakit

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer