Logo Lamina

Hati-hati, Ketahui Dampak Terburuk dari Osteoporosis!

dampak dari osteoporosis

Ada berbagai dampak dari osteoporosis atau pengeroposan tulang, salah satunya yaitu dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan rentan patah. Osteoporosis memang dapat berkembang seiring bertambahnya usia, mulai dari kondisi yang ringan hingga parah jika tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Osteoporosis Sebabkan Patah Tulang Belakang

Seringkali kondisi osteoporosis yang sudah parah bisa mengakibatkan patah tulang belakang yang sangat berbahaya. Patah tulang belakang termasuk salah satu dampak atau komplikasi dari osteoporosis yang paling sering terjadi karena menurunnya kepadatan mineral pada tulang. 

Patah tulang belakang atau yang juga disebut fraktur vertebra merupakan kondisi yang serius dan dapat menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan. 

Selain karena osteoporosis, patah tulang belakang bisa terjadi karena terjatuh dari ketinggian, kecelakaan mobil, cedera olahraga, tumor maupun kanker tulang belakang. 

Gejala yang muncul akibat fraktur bervariasi tergantung dari lokasi patah dan keparahannya. Umumnya, Anda akan merasakan nyeri di area leher dan punggung, yang disertai dengan sensasi kebas, kesemutan, dan lumpuh sebagian tubuh hingga otot kaku. 

Baca juga: Waspada, Osteoporosis Bisa Sebabkan Patah Tulang Belakang

Pengobatan Patah Tulang Belakang

Dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS, dokter spesialis bedah saraf di Lamina Pain and Center mengungkapkan bahwa salah satu pengobatan terbaik untuk patah tulang belakang adalah dengan kyphoplasty. Kyphoplasty atau balloon kyphoplasty adalah tindakan minimal invasif yang dapat mengatasi fraktur tanpa harus melakukan prosedur operasi bedah terbuka. 

Prosedur Kyphoplasty

Melalui panduan alat X-Ray, dokter akan memasukkan jarum khusus dan balon ke area tulang belakang yang patah melalui insisi atau sayatan kecil. Ketika jarum sudah tepat pada posisinya, dokter akan mengembangkan balon untuk membuat ruang di tulang belakang dan menyuntikkan semen khusus. Semen tersebut bertujuan untuk memadatkan dan menguatkan tulang belakang yang mengalami fraktur. 

Baca Juga:  Penyebab Ujung Jari Tangan Sering Kesemutan Apa Saja?

Kelebihan Kyphoplasty

Kyphoplasty memiliki sejumlah keunggulan yang bisa menjadi pilihan tepat mengobati fraktur vertebra, antara lain:

  • Merupakan tindakan minimal invasif
  • Tanpa operasi
  • Risiko perdarahan minimal
  • Risiko kecil terjadi komplikasi pasca tindakan
  • Waktu tindakan relatif singkat
  • Tanpa rawat inap
  • Proses pemulihan lebih cepat daripada operasi

Setelah prosedur selesai, Anda bisa langsung pulang ke rumah jika tidak memiliki keluhan setelah tahap observasi pasca tindakan. Untuk berkonsultasi dengan dokter kami, silakan hubungi nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811 1443 599. Lamina juga memiliki layanan telekonsultasi bagi Anda yang terkendala jarak untuk memudahkan konsultasi langsung dengan dokter. 

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Dampak dari Osteoporosis?

Salah satu dampak dari osteoporosis yaitu dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan rentan patah.

Bagaimana Pengobatan Patah Tulang Belakang?

Salah satu pengobatan terbaik untuk patah tulang belakang adalah dengan kyphoplasty.

Apa itu Kyphoplasty?

Kyphoplasty atau balloon kyphoplasty adalah tindakan minimal invasif yang dapat mengatasi fraktur tanpa harus melakukan prosedur operasi bedah terbuka. 

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer