TMJ Adalah Sendi Rahang Yang Sering Nyeri dan Bagaimana Pengobatannya? - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

TMJ Adalah Sendi Rahang Yang Sering Nyeri dan Bagaimana Pengobatannya?

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • TMJ Adalah Sendi Rahang Yang Sering Nyeri dan Bagaimana Pengobatannya?
 TMJ Adalah Sendi Rahang Yang Sering Nyeri dan Bagaimana Pengobatannya?

TMJ adalah temporomandibular joint atau sendi rahang. Mungkin istilah ini belum banyak yang mengenalnya. Kalau sendi ini terganggu, bisa menyebabkan nyeri yang dampaknya bisa memengaruhi kualitas hidup.

Sendi yang termasuk ke dalam sendi engsel ini cukup kompleks dan memiliki mekanisme yang unik. Saat bekerja membutuhkan kerja sendi kiri dan kanan secara harmonis. Untuk itu perlu terjadi gerakan yang simultan perlu didukung oleh kerja otot-otot pengendalinya dalam kondisi sehat dan berfungsi dengan baik pula.

Dalam keseharian, sendi ini sangat berperan terutama saat membuka dan menutup mulut seperti makan, berbicara, menguap dan lain lain.

Bila area sendi rahang ini terjadi nyeri, aktivitas harian Anda pun menjadi terganggu.

TMJ Adalah Sendi Antara Rahang Atas dan Rahang Bawah

Area ini berperan dalam gerakan mengunyah. Pergerakan rahang melibatkan beberapa komponen gigi geligi, otot pengunyah dan sendi rahang (TMJ). Selain itu juga didukung dengan aktivitas otot-otot leher dan punggung.

Ketika mengunyah, rahang yang normal tidak hanya bergerak ke atas dan ke bawah, tetapi juga ke samping. Agar dapat bergerak, sendi rahan juga didukung oleh aktivitas otot-otot leher dan punggung, serta sendi.

Bila ada satu saja komponen tersebut terganggu atau bermasalah, tentu dapat memengaruhi komponen lain saat Anda mengunyah. Hal ini bisa saja mengakibatkan nyeri.

TMD dan Gejalanya

Temporomandibular disorders (TMD) terjadi saat sendi rahang terganggu sehingga mengakibatkan sekumpulan gejala klinik yang melibatkan otot-otot yang berperan dalam proses mengunyah, sendi rahang, atau keduanya.

TMD ini dapat diaktakan sebagai sekumpulan gejala yang melibatkan sendi rahang dan otot

Gejala-gejala yang timbul akibat TMD ini dapat berupa:

  • Nyeri pada rahang atau sendi
  • Nyeri terasa sekitar telinga
  • Sulit mengunyah atau nyeri saat mengunyah
  • Nyeri pada wajah
  • Sulit membuka atau menutup mulut
  • Sendi berbunyi

Bisa juga disertai dengan nyeri otot pada leher dan bahu; kadang telinga berdengung; dan vertigo.

Penyebab Timbulnya Nyeri pada TMJ Adalah

Penyebab nyeri biasanya multifaktor, misalnya cedera, stres emosional, kebiasaan menggeretakkan gigi, sering mengatupkan rahang atas dengan rahang bawah dengan keras, dan lainnya.

Menurut jurnal American Dental Association (1990), cedera merupakan penyebab utamanya, sekitar 40%. Cedera tersebut misalnya terpukulnya rahang, kepala, dan leher.

Penelitian terbaru juga menunjukkan benturan pada airbag saat terjadinya kecelakaan mobil juga bisa menyebabkan nyeri padaTMJ.

Pengobatan TMJ

Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter atau dokter spesialis TMJ yaitu dokter gigi.

Dengan berkonsultasi langsung, dokter akan melakukan pemeriksaan TMJ atau evaluasi sehingga dokter dapat mengidentifikasikan masalahnya dan sekaligus menentukan pengobatan yang tepat.

Keluhan nyeri rahang akibat adanya masalah pada TMJ dapat menghilang dengan sendirinya atau tidak memerlukan perawatan. Namun ada beberapa kondisi yang mungkin memerlukan penanganan atau pengobatan lebih lanjut.  

Dokter juga akan meresepkan obat-obatan tertentu, seperti antidepresan trisiklik, yang dapat membantu menurunkan rasa nyeri.

Bila perlu, pada kasus peradangan dengan nyeri berat, dokter kemungkinan akan melakukan injeksi kortikosteroid secara langsung ke dalam sendi rahang atau TMJ ini. Kortikosteroid ini dapat membantu meredakan pembengkakan, mengurangi nyeri.  Atau bisa juga dengan injeksi botulinum toksin untuk membantu mengurangi nyeri saat mengunyah.

Tindakan korektif gigi agar kondisi gigi menjadi lebih baik sehingga permukaan gigit Anda menjadi seimbang, misalnya dengan perbaikan tambalan atau protesa gigi.

Alat ‘bite guards’ saat tidur juga bisa menjadi pertimbangan agar mencegah Anda menggeretakkan gigi saat tidur.

Dalam beberapa kasus yang lebih parah lainnya, perbaikan sendi dengan tindakan bedah mungkin menjadi pilihan akhir bila TMJ Anda masih bermasalah.

Atasi Nyeri Rahang

  • Lakukan kompres rahang yang terasa nyeri dengan air hangat
  • Jangan mengunyah makanan yang kenyal, keras atau yang berukuran besar
  • Hindari membukat mulut secara berlebihan, misalnya saat menguap, tertawa
  • Mengunyah pada kedua sisi atau seimbang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 08.00 - 22.00
Selasa : 08.00 - 22.00
Rabu : 08.00 - 22.00
Kamis : 08.00 - 22.00
Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 22.00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online