Sering Nyeri Wajah Sebelah Kanan Apakah Trigeminal Neuralgia? - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Sering Nyeri Wajah Sebelah Kanan Apakah Trigeminal Neuralgia?

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Sering Nyeri Wajah Sebelah Kanan Apakah Trigeminal Neuralgia?
 Sering Nyeri Wajah Sebelah Kanan Apakah Trigeminal Neuralgia?

Sering nyeri wajah sebelah kanan mungkin menjadi penanda Anda mengalami nyeri wajah sebelah atau trigeminal neuralgia.

Nyeri akibat trigeminal neuralgia ini bisa saja terjadi pada berbagai area wajah. Nyeri bisa terasa sekitar mulut, mata, pipi, hidung dan lainnya.

Jenis nyerinya bergantung pada penyebabnya. Nyeri yang terasa tumpul dan berdenyut pada salah satu sisi wajah, mungkin penyebabnya adalah adanya kerusakan gigi, atau bisa juga bila saraf trigeminal Anda bermasalah.

Trigeminal Neuralgia

Diagnosis TN ini bergantung pada keluhan dan karakteristiknya yaitu terjadi hanya pada salah satu sisi wajah, dan rasanya menusuk.

Trigeminal neuralgia penyebabnya adalah kelainan pada saraf trigeminus yang bercabang tiga masing-masing cabangnya menuju area dahi, pipi, dan rahang.

Saraf trigeminus atau saraf otak kelima ini bersinggungan atau menempel secara tidak sengaja dengan pembuluh darah. Karena pembuluh darah ini selalu berdenyut, otomatis saraf akan selalu tertekan dan ini yang menjadi sumber nyeri.

Nyeri umumnya terasa pada bagian wajah, sesuai daerah yang dipersarafi. Jika mengenai cabang saraf yang menuju rahang atau pipi, maka area inilah yang akan terasa nyeri.

Nyeri dapat timbul kapan saja dan saat Anda melakukan berbagai aktivitas misalnya menyentuh atau membersihkan wajah, mencukur, menyikat gig, minum minuman atau makan makanan panas atau dingin atau bahkan juga timbul saat mengunyah atau hanya terkena desiran angin.

Sering Nyeri Wajah Sebelah Kanan, Mungkin Ini Penyebab Lainnya

Penyebabnya terbagi dua, yaitu neurologis dan vaskular.

Neurologis

1.Neuralgia genikulat yang nyerinya timbul dengan sentuhan ringan, menguap (mengantuk), berbicara bahkan mengunyah. Kmungkinan penyebabnyae pembuluh darah yang menekan saraf. Nyeri biasanya mereda dengan cepat dan merespons baik pada pemberian obat yang sama untuk atasi TN.

2.Neuralgia glosofaringeal, nyeri terasa saat menelan, berbicara, tertawa, menelan atau batuk. Penyebabnya berhubungan dengan saraf glosofaringeal.

3.Neuralgia oksipital yang nyerinya timbul pada satu sisi kulit kepala yang menjadi sangat peka atau nyeri saat keramas atau tiduran. Bahkan nyerinya bisa terasa pada salah satu mata.

4.Neuritis trigeminal. Nyerinya seperti terbakar atau kesemutan dari dahi ke rahang pada salah satu sisi wajah saja. Penyebabnya kemungkinan adanya cedera pada saraf trigeminal, infeksi virus atau bakteri.

Vaskular

Penyebab dalam kategori vaskular ini antara lain cluster headache, thunderclap headache, migren fasial, arteritis temporal, temporomandibular disorder (TMD) dan nyeri fasial.

Lainnya

Sering nyeri wajah sebelah kanan bisa juga penyebabnya adalah sinusitis atau infeksi pada rongga sinus. Namun nyerinya bisa juga terasa pada kedua sisi wajah.

Begitu pula bila ada masalah pada mata, dapat menyebabkan nyeri wajah sebelah. Kanker juga bisa menyebabkan Anda sering nyeri wajah sebelah kanan.

Membutuhkan Penanganan yang Tepat

Sering nyeri wajah sebelah kanan apalagi nyerinya sangat menyiksa, tentu dapat melumpuhkan berbagai aktivitas.

Nyeri ini memerlukan penanganan yang tepat dan sesuai dengan hasil pemeriksaan baik fisik, neurologis maupun radiologis.

Dokter akan meresepkan obat tertentu, seperti antikonvulsan, dan obat antinyeri.

Bila penyebab sering nyeri wajah sebelah kanan Anda adalah trigeminal neuralgia, maka kemungkinan dokter merekomendasikan radiofrekuensi ablasi (RFA) yang dokter lakukan tanpa rawat inap.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 08.00 - 22.00
Selasa : 08.00 - 22.00
Rabu : 08.00 - 22.00
Kamis : 08.00 - 22.00
Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 22.00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online