Terapi Senam Saraf Terjepit Tulang Belakang, Begini Gerakannya

terapi saraf terjepit tulang belakang

Terapi senam saraf terjepit tulang belakang, bisa menjadi salah satu upaya untuk mengobati penyakit saraf terjepit atau dalam istilah medisnya Herniated Nukleus Pulposus (HNP).

Sensasi nyeri pada tulang belakang akan membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam bergerak. Nah, senam saraf terjepit yang bisa dipilih adalah dari beberapa gerakan yoga. Dengan tetap aktif bergerak bisa membantu mengurangi rasa tak nyaman dari keluhan  HNP ini, lho.

Manfaat Terapi Senam Saraf Terjepit Tulang Belakang

Tujuan utama dari terapi senam saraf terjepit tulang belakang ini adalah menguatkan dan menstabilkan otot punggung bawah penderita. Sehingga tekanan yang berlebih pada tulang belakang tidak diperlukan.

Bagi pengidap saraf terjepit, olahraga yang memiliki intensitas tinggi seperti kardio high-impact, atau latihan fisik angkat beban tidak disarankan.

Jadi, pilihlah olahraga yang ringan tapi bisa efektif untuk perbaikan/ proses penyembuhan syaraf kejepit. Misalnya saja latihan fisik berjalan santai, bersepeda, berenang, yoga dan pilates. Olahraga ini sangat baik untuk membantu memperbaiki kekuatan, fleksibilitas dan meringankan rasa nyeri di kaki dan punggung bawah.

Nah, kamu bisa memulai terapi senam saraf terjepit, dengan gerakan yang ringan, misalnya selama 10 menit pada hari pertama. Kemudian pada hari-hari berikutnya bisa meningkat, misalnya selama  30-40 menit.

Baca Juga: Fisioterapi  Tulang Belakang Agar Punggung Sehat dan Bugar

Jenis Terapi Senam Saraf Terjepit Tulang Belakang 

Berikut beberapa gerakan latihan fisik atau terapi senam saraf terjepit yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

1. Peregangan otot hamstring sambil duduk pada kursi

Duduk tegak dengan salah satu kaki menapak pada lantai dan satu lagi berada pada atas kursi yang lain. Secara perlahan, luruskan kaki semampu yang kamu bisa dan rasakan gerakan otot betis mengejang.

Baca Juga:  Nyeri Leher Biasa vs Nyeri Leher Saraf Kejepit, Apa Bedanya?

2. Peregangan dengan handuk

Tubuh dalam posisi tidur yang melentang dengan  posisi kaki lurus. Setelah itu, bawa salah satu lutut ke arah dada, pasang handuk atau apapun yang bisa kamu gunakan untuk menahan ke tumit kaki. Cobalah untuk meluruskan kaki yang menekuk dengan bantuan handuk tersebut.

3. Peregangan dengan dinding

Posisi tubuh dalam keadaan tidur telentang dekat dinding. Angkatlah salah satu kaki, sementara tekuk kaki yang lainnya. Rasakan otot kaki yang lurus tersebut dengan bertumpu pada dinding.

4. Penekanan spinal

Cari tiang yang cukup kuat untuk kamu dalam posisi bergantungan. Saat bergantungan, beri kesempatan ruas-ruas tulang belakang untuk merenggang. 

5. Gerakan-gerakan yoga  

Kamu bisa mencoba mulai dari gerakan cobra pose, cat -cow, plank dan child’s pose.  Lakukan gerakan ini secara perlahan dengan mengatur pernapasan yang baik.

6. Latihan low-impact untuk seluruh tubuh.

Kamu bisa melakukan jalan santai, bersepeda dan berenang untuk terapi saraf terjepit tulang belakang.

Baca Juga: Terapi Saraf Kejepit dengan Berenang

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer