Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Terapi Saraf Kejepit Dengan Berenang, Begini Caranya!

Ada beragam pilihan terapi saraf kejepit dan salah satunya adalah dengan berenang. Kebanyakan dokter dan ahli terapi fisik merekomendasikan berenang sebagai salah satu terapi saraf kejepit.

Mengapung di air bisa membantu mengurangi beban ketika bergerak. Daripada kamu  hanya berbaring di kasur, mengapung di kolam bisa membuat punggung menjadi lebih santai,lho.  

Terapi saraf kejepit dengan berenang

Saat berada dalam air, berat badan akan terasa berkurang sehingga mampu mengurangi beban tubuh ketika bergerak. Selain sebagai terapi fisik, berenang juga bisa membantu menguatkan otot tulang belakang serta menguatkan bantalan yang cedera. Saat berenang, tidak akan menyebabkan bantalan tulang yang cedera terkena benturan ataupun tekanan sehingga bisa mengurangi rasa sakit akibat saraf kejepit.

Namun, sebelum melakukan terapi ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan lakukan secara bertahap ya.

Baca juga: Hidroterapi adalah salah satu bentuk terapi dengan media air

Prinsip gaya renang bagi penderita saraf kejepit

Bagi penderita saraf kejepit atau HNP bisa saja mengalami nyeri parah yang bisa menjalar dari punggung sampai kaki. Oleh karena itu, gaya renang yang harus mereka lakukan perlu menerapkan prinsip aman, seperti:

  1. Hindari gerakan yang menekan tulang belakang, sebagian besar gaya renang adalah melakukan putaran berulang pada punggung bawah dan pinggang. Kondisi ini ternyata bisa memberikan penekanan pada tulang belakang yang kemudian akan memperparah kerusakan pada area tersebut.
  2. Fokuskan diri pada gaya renang yang tidak banyak melibatkan gerakan punggung.

Gaya renang yang disarankan untuk terapi saraf kejepit

Samapai saat ini, gaya renang yang disarankan bagi penderita saraf terjepit  adalah gaya bebas dan gaya punggung. Keduanya, tidak melibatkan lengkungan punggung sehingga baik bagi saraf.

  1. Renang gaya bebas

Gaya ini melibatkan gerakan tangan memutar bagaikan baling-baling yang secara bersamaan melakukan tendangan kaki. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Ulurkan kedua tangan ke dalam air dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan jari-jari tangan terbuka.
  • Mengayunkan salah satu tangan ke sisi tubuh kemudian angkat kengan sehingga seluruh bagian tangan membentuk sudut 45 derajat
  • Setelah tangan menyentuh air, kamu bisa mengayunkannya ke arah tubuh bagaikan kamu sedang mendayung
  • Secara bersamaan, menggerakkan pinggul dan paha untuk membuat gerakan menendang yang cepat. Lakukan dua tendangan untuk setiap satu ayunan tangan
  • Setiap kali ayunkan tangan, tubuh ikut beputar
  • Gaya punggung

Gaya ini tidak membuat punggung bekerja keras sehingga penderita saraf kejepit disarankan untuk melakukannya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Posisi tubuh rata dengan air dan menghadap ke atas sehingga membantu tubuhmu mengapung
  • Mulai menendang dengan tenaga dari pinggang.  Sementara itum salah satu kaki bergerak naik dan kaki satunya melakukan gerakan tendangan
  • Ayunkan tangan dengan gerakan memutar seperti sedang mendayung. Usahakan tangan selalu kembali ke sisi tubuh
  • Putar bahu dan pinggang pada setiap kali menganyunkan tangan

Saraf kejepit bisa membatasi gerak ataupun aktivitas harian penderitanya. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi. Melalui terapi berenan dengan beberapa penyesuaian dan anjuran dokter atau ahli fisioterapi, penderita tetap bisa olahraga dengan nyaman.

Author:

Penulis

Ditinjau oleh:

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2022, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved. PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online