Tulang Ekor Sakit: Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

Tulang Ekor Sakit - Lamina Pain and Spine Center

Tulang ekor sakit atau istilah lainnya yaitu Coccydynia, adalah kondisi medis yang ditandai dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah tulang ekor atau bagian bawah tulang belakang. Tulang ekor, atau coccyx, adalah bagian kecil dan fleksibel di ujung bawah tulang belakang manusia. Coccydynia dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang dengan membatasi gerakan, membuat duduk menjadi sulit, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Mengapa Tulang Ekor Terasa Sakit?

Tulang Ekor Sakit - Lamina Pain and Spine Center

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan rasa sakit di tulang ekor, antara lain:

  • Trauma atau Cedera: Cedera pada daerah tulang ekor, seperti jatuh atau benturan keras, dapat menyebabkan peradangan dan rasa nyeri yang bisa menjalar hingga ke kaki.
  • Posisi Duduk yang Buruk: Duduk dalam posisi yang tidak nyaman atau terlalu lama dapat memberikan tekanan ekstra pada tulang ekor, menyebabkan peradangan dan nyeri.
  • Kelainan Tulang Ekor: Beberapa orang lahir dengan kelainan pada bentuk atau struktur tulang ekor, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan seiring waktu.
  • Infeksi: Meskipun jarang terjadi, infeksi pada daerah tulang ekor atau jaringan di sekitarnya dapat menyebabkan rasa nyeri.
  • Penyakit tertentu: Kondisi medis seperti radang sendi atau osteoartritis juga dapat menyebabkan peradangan di daerah tulang ekor.

Apa Gejalanya?

Gejala utama coccydynia adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah tulang ekor. Rasa sakit ini dapat berupa nyeri tumpul, rasa terbakar, atau sensasi menusuk. Gejala mungkin memburuk saat duduk atau saat berdiri setelah duduk untuk waktu yang lama.

Dokter biasanya mendiagnosis coccydynia melalui riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan radiologis, seperti sinar-X atau MRI, untuk mengidentifikasi kelainan pada tulang ekor atau jaringan di sekitarnya. 

Baca Juga:  Penting! 7 Pantangan Syaraf Kejepit Yang Perlu Kamu Tahu

Bagaimana Mengatasi Tulang Ekor Sakit?

Salah satu pengobatan yang cukup efektif untuk mengatasi nyeri karena coccydynia yaitu dengan injeksi steroid epidural. Injeksi steroid epidural adalah prosedur penyuntikkan obat steroid antiinflamasi dan anestesi lokal ke dalam ruang epidural di dekat tulang ekor. Tujuannya adalah untuk meredakan peradangan dan nyeri yang terkait dengan coccydynia. Steroid ini bekerja dengan mengurangi peradangan di area yang terkena, sedangkan anestesi lokal membantu menghilangkan rasa sakit sementara.

Apabila Anda memiliki keluhan nyeri di bagian tulang ekor, sebaiknya jangan diabaikan. Rasa nyeri tersebut bisa semakin parah dan mengganggu aktivita sehari-hari yang Anda lakukan. Segeralah periksakan diri ke Lamina Pain and Spine Center untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Yuk, konsultasi sekarang!

Baca juga: Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Kantoran Akibat Posisi dan Lama Duduk

Frequently Asked Questions (FAQ)

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Apa Itu Coccydynia?” answer-0=”Coccydynia adalah kondisi medis yang ditandai dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah tulang ekor atau bagian bawah tulang belakang. Tulang ekor, atau coccyx, adalah bagian kecil dan fleksibel di ujung bawah tulang belakang manusia.” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Apa Penyebab Tulang Ekor Sakit?” answer-1=”Beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan rasa sakit, antara lain: 1. Trauma dan cedera 2. Posisi duduk yang buruk 3. Kelainan tulang ekor 4. Infeksi 5. Kondisi medis tertentu” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Bagaimana Cara Mengatasai Nyeri Coccydynia?” answer-2=”Salah satu pengobatan yang cukup efektif untuk mengatasi nyeri karena coccydynia yaitu dengan injeksi steroid epidural. Injeksi steroid epidural adalah prosedur penyuntikkan obat steroid antiinflamasi dan anestesi lokal ke dalam ruang epidural di dekat tulang ekor. Tujuannya adalah untuk meredakan peradangan dan nyeri yang terkait dengan coccydynia.” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]

Baca Juga:  Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai
Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer