Logo Lamina

Hati-hati, Ini Perbedaan Sakit Pinggang Biasa dan Saraf Kejepit!

Perbedaan Sakit Pinggang Biasa dan Sarat Kejepit - Lamina Pain and Spine Center

Setiap orang mungkin pernah mengalami sakit pinggang biasa, hingga kesulitan untuk beraktivitas. Namun, sakit pinggang ternyata bisa mengindikasikan saraf kejepit. Meskipun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di daerah pinggang, terdapat perbedaan penting antara kedua kondisi ini dalam hal penyebab, gejala, serta cara penanganannya.

Sakit Pinggang Biasa

Sakit pinggang biasa, atau yang juga dikenal sebagai nyeri punggung bawah non-spesifik, umumnya disebabkan oleh ketegangan otot atau cedera ringan pada area pinggang. Beberapa penyebab umum dari sakit pinggang biasa meliputi:

  • Cedera Otot atau Ligamen: Aktivitas fisik yang berlebihan, gerakan yang salah, atau mengangkat benda berat dapat menyebabkan cedera otot atau ligamen di daerah pinggang.
  • Postur Buruk: Duduk atau berdiri dengan postur yang salah dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan stres pada otot-otot pinggang.
  • Usia: Penuaan dapat menyebabkan perubahan degeneratif pada tulang belakang dan cakram tulang belakang, sehingga dapat mengakibatkan nyeri pinggang.

Gejala Sakit Pinggang Biasa

Perbedaan Sakit Pinggang Biasa dan Sarat Kejepit - Lamina Pain and Spine Center

Gejala sakit pinggang biasa meliputi rasa nyeri atau ketidaknyamanan di area pinggang yang dapat menjalar ke bokong atau paha. Nyeri ini umumnya bersifat tumpul atau nyeri, dan bisa menjadi lebih buruk saat bergerak atau melakukan aktivitas fisik.

Pengobatan Sakit Pinggang Biasa

Sakit pinggang biasa umumnya dapat teratasi dengan istirahat, penggunaan kompres hangat atau dingin, serta konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk meredakan nyeri dan peradangan. Pijat, fisioterapi, dan latihan penguatan otot juga dapat membantu mempercepat pemulihan.

Baca Juga:  Syaraf Terjepit di Pinggang Bukan Sakit Pinggang Biasa

Saraf Kejepit

Saraf kejepit terjadi ketika salah satu saraf di tulang belakang terjepit atau teriritasi oleh cakram rusak, tulang yang tumbuh berlebihan, atau struktur lain di sekitarnya. Ini sering kali mengakibatkan rasa sakit yang parah dan bisa menjalar ke daerah lain di tubuh. Penyebab umum saraf kejepit meliputi:

  • Herniasi Diskus: Cakram atau bantalan yang terletak di antara tulang belakang dapat mengalami herniasi atau keluar dari posisinya, dan menekan saraf di sekitarnya.
  • Stenosis Tulang Belakang: Suatu kondisi di mana saluran tulang belakang menyempit, menekan saraf tulang belakang.
  • Spondilolistesis: Tulang belakang bergeser keluar dari posisinya dan dapat menekan saraf.

Gejala Saraf Kejepit

Gejala saraf kejepit bisa meliputi rasa nyeri yang tajam, terbakar, atau menusuk di area pinggang, serta menjalar ke bokong, paha, atau kaki. Selain itu, seseorang juga dapat mengalami mati rasa, kesemutan, atau kelemahan di area yang terkena.

Pengobatan Saraf Kejepit

Pengobatan untuk saraf kejepit tergantung pada tingkat keparahan dan penyebabnya. Pilihan pengobatan meliputi istirahat, konsumsi obat pereda nyeri dan peradangan, serta dalam kasus yang lebih parah, tindakan medis lainnya untuk mengurangi tekanan pada saraf.

Di Lamina Pain and Spine Center, penanganan saraf kejepit yang efektif yaitu dengan endoskopi Joimax. Endoskopi Joimax merupakan prosedur minimal invasif dengan teknologi tinggi yang berasal dari Jerman. Teknologi ini menggunakan alat endoskopi yang akan masuk ke area tulang belakang yang menjadi sumber nyeri, untuk membantu menghilangkan tekanan atau kerusakan pada saraf. 

Dengan endoskopi Joimax, waktu tindakan menjadi lebih singkat, kerusakan jaringan minimal, tidak harus menjalani rawat inap dengan masa pemulihan yang lebih cepat.

Itulah tadi beberapa perbedaan antara sakit pinggang biasa dengan saraf kejepit. Apabila Anda memiliki keluhan nyeri pinggang akibat saraf kejepit, segeralah berkonsultasi dengan dokter di Lamina untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. 

Baca Juga:  Obat Pelemas Otot Untuk Syaraf Terjepit di Tulang Belakang

Silakan hubungi tim Assistance kami pada nomor yang tertera dan segeralah membuat janji temu dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan. 

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Apakah Obesitas Dapat Mengakibatkan Sakit Pinggang?

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Perbedaan Sakit Pinggang Biasa dan Saraf Kejepit?

Sakit pinggang biasa, atau yang juga dikenal sebagai nyeri punggung bawah non-spesifik, umumnya disebabkan oleh ketegangan otot atau cedera ringan pada area pinggang. Sedangkan saraf kejepit terjadi ketika salah satu saraf di tulang belakang terjepit atau teriritasi oleh cakram rusak, tulang yang tumbuh berlebihan, atau struktur lain di sekitarnya.

Apa itu Endoskopi Joimax?

Endoskopi Joimax merupakan prosedur minimal invasif dengan teknologi tinggi yang berasal dari Jerman. Teknologi ini menggunakan alat endoskopi yang akan masuk ke area tulang belakang yang menjadi sumber nyeri, untuk membantu menghilangkan tekanan atau kerusakan pada saraf.

Bagaimana Cara Mengobati Saraf Kejepit?

Pengobatannya tergantung pada tingkat keparahan dan penyebabnya. Pilihan pengobatan meliputi istirahat, konsumsi obat pereda nyeri dan peradangan, serta dalam kasus yang lebih parah, tindakan medis lainnya untuk mengurangi tekanan pada saraf.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer