Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang Seperti Apa? - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang Seperti Apa?

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang Seperti Apa?
 Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang Seperti Apa?

Posisi tidur saat sakit pinggang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Menjaga postur tubuh tidak hanya saat berdiri atau melakukan aktivitas, saat tidur pun Anda perlu menjaga postur atau menjaga kelengkungan alami tulang belakang agar tidak memperburuk sakit pinggang yang tengah mengusik.

Posisi tidur yang tidak tepat mungkin justru dapat memberikan tekanan atau beban berlebihan pada area tersebut sehingga berisiko memperburuk rasa sakit bagian pinggang.

Bukan berarti sakit pinggang membuat Anda tidak bisa memilih posisi tidur favorit, misalnya telentang atau menyamping. Namun yang harus Anda perhatikan, posisi mana yang tidak menyebabkan tekanan berlebihan pada tulang belakang.

Posisi Tidur dan Ketegangan Otot

Beberapa posisi tidur mungkin bisa membuat orang lain merasa nyaman saat tidur. Tetapi belum tentu posisi tidur yang sama dapat membuat tidur Anda menjadi nyenyak apalagi dengan adanya sakit pada area tulang belakang atau pinggang.

Posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan ketegangan berlebihan pada leher, pinggul, dan punggung, pinggang dan bahkan posisi tidak tepat dapat memperburuk sakit pinggang yang ada atau justru menimbulkan sakit pinggang pada Anda yang tadinya tidak bermasalah dengan pinggang.

Kebiasaan tidur telentang kadang membuat seseorang tidak nyaman atau bahkan dapat mempertinggi risiko mendengkur.

Nah itu sebabnya Anda perlu pahami posisi tidur agar dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan meredakan sakit pinggang baik saat berbaring maupun saat bangun pagi keesokan harinya.

Namun, banyak orang menemukan bahwa tidur telentang tidak nyaman atau menyebabkan dengkuran. Untungnya, beberapa posisi lain dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi ketegangan otot atau ligamen tulang belakang sehingga nyeri pun bisa berkurang.

Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang Seperti Apa Baiknya?

Posisi 1: Lurus telentang dengan meletakkan bantal pada bawah lutut

Berbaring telentang atau rebahan adalah sebagai posisi tidur ternyaman saat sakit pinggang. Namun untuk membuat Anda semakin nyaman dengan posisi tidur saat sakit pinggang seperti ini, ada triknya, yaitu:

  • Berbaring telentang dengan relaks dan posisi tubuh lurus
  • Gunakan bantal empuk untuk menopang atas bahu, leher dan kepala
  • Selipkan bantal kecil untuk menyangga lutut agar lutut sedikit tertekuk

Posisi seperti ini dapat membantu menjaga sudut kelengkungan alami tulang belakang dan mengurangi tekanan atau beban yang mungkin berlebihan pada leher, dan tulang belakang.

Berbaring ke salah satu sisi (menyamping) dan meringkuk seperti posisi janin dalam kandungan

Posisi menyamping seperti ini salah satu posisi tidur pilihan bagi Anda yang sakit pinggang, terutama yang penyebabnya adalah saraf kejepit.

Posisi ini akan membuat rongga-rongga sendi tulang belakang terbuka atau melebar sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman.

-Berbaring menyamping ke salah satu sisi yang Anda sukai

-Jangan lupa gunakan bantal yang empuk untuk menunjang area bahu, leher dan kepala

-Tekuk kedua lutut ke arah dada atau senyaman Anda

Posisi menyamping dengan meletakkan bantal antara kedua lutut

Terbayang posisi ini membuat Anda tidur dengan nyaman. Namun sayangnya posisi ini justru berpotensi  memperburuk sakit pada pinggang pinggang karena dapat menekan area ini.

Tidak masalah, Anda bisa mengakali posisi ini dengan menyelipkan bantal atau guling pada antara kedua lutut. Bantal penyangga ini dapat menjaga panggul, dan tulang belakang Anda dalam posisi yang lebih baik.

  • Rebahkan diri pada kasur dengan menyamping ke sisis kanan atau kiri.
  • Posisikan bantal yang menunjang kepala serta leher dan bahu atas
  • Tekuk kedua lutut sedikit dan selipkan bantal atau guling antara kedua lutut

Tidur tengkurap

Orang-orang yang sudah terbiasa tidur dengan posisi ini, tentu akan membuatnya tidur nyenyak. Namun pada yang mengalami sakit pinggang, posisi ini justru dapat membebani atau memberikan tekanan berlebihan pada tulang belakang, terutama pinggang dan punggung. Pastinya hal ini akan memperburuk sakit pinggang.

Sesekali Anda bisa mencoba posisi tidur seperti ini, tetapi harus tahu triknya yang bisa Anda coba seperti berikut:

  • Berbaring tengkurap
  • Letakkan bantal empuk yang tidak terlalu besar pada area perut bawah atau panggul untuk sedikit mengangkat bagian tengah tubuh dan membantu agar tulang belakang tetap sejajar
  • Jangan lupa gunakan bantal yang nyaman untuk menyangga kepala hingga bahu atau tanpa bantal pada kepala

Telentang pada kursi yang memiliki sandaran punggung (recliner seat)

Jika kursi ini terbuat dari kulit, coba letakkan alas terbuat dari bahan katun untuk mencegah berkeringat.

Gunakan bantal nyaman untuk menyangga area kepala atau bisa juga menggunakan bantal khusus leher yang berbentuk huruf U.

Posisi Tidur Ini Perlu Anda Hindari

1.Posisi tengkurap, dapat mengganggu kesejajaran normal tulang belakang dan posisi leher pun perlu Anda putar sedemikian rupa yang juga bisa mengakibatkan nyeri pada leher dan punggung bagian atas.

2.Tidur atau berbaring pada sisi yang terasa nyeri terutama pada Anda yang mengalami nyeri sciatica atau pada area bokong.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 08.00 - 22.00
Selasa : 08.00 - 22.00
Rabu : 08.00 - 22.00
Kamis : 08.00 - 22.00
Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 22.00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online