Posisi Duduk yang Baik untuk Tulang Belakang Lebih Sehat

posisi duduk yang baik untuk tulang belakang - Lamina Pain and Spine Center

Bagi para pekerja kantoran, menjaga postur tubuh atau posisi duduk yang baik cenderung sering diabaikan. Pasalnya, postur tubuh yang buruk saat duduk berjam-jam di depan komputer atau saat pertemuan bisnis dapat membuat tulang belakang, khususnya punggung dan pinggang rentan terkena gangguan. Anda tentu tak ingin hal itu itu terjadi bukan?

Mengutip laman National Library of Medicine, duduk selama lebih dari setengah hari kerja dengan postur buruk seperti membungkuk terlalu lama dapat meningkatkan risiko nyeri punggung bawah atau low back pain (1).

Mengapa Posisi Duduk yang Baik Penting untuk Kesehatan Tulang Belakang?

Posisi Duduk yang Baik untuk Tulang Belakang - Lamina Pain and Spine Center

Ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menjaga posisi duduk yang baik untuk menjaga tulang belakang, antara lain: 

  • Menghindari Masalah Tulang Belakang: Duduk dengan postur yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah tulang belakang, seperti nyeri punggung, hernia tulang belakang, dan bahkan skoliosis. Postur yang baik membantu menjaga tulang belakang tetap sejajar dan mencegah tekanan berlebih pada tulang belakang.
  • Mengurangi Stres pada Otot: Ketika kita duduk dengan postur yang buruk, otot-otot tertentu menjadi terlalu tegang sementara otot-otot lain menjadi lemah. Ini dapat menyebabkan ketegangan otot, nyeri, dan ketidaknyamanan.
  • Meningkatkan Produktivitas: Postur yang baik saat duduk dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan fokus, produktivitas, dan kreativitas.
  • Mengurangi Risiko Cedera: Dengan menjaga postur tubuh yang baik, kita dapat mengurangi risiko cedera, terutama pada bagian tubuh seperti leher, bahu, dan pinggul.
Baca Juga:  Nyeri Punggung Berkepanjangan Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Cara Menjaga Posisi Duduk yang Baik untuk Tulang Belakang

  • Pilih Kursi yang Ergonomis: Gunakan kursi yang dirancang khusus untuk mendukung postur tubuh yang baik. Pastikan kursi tersebut memiliki penyangga untuk punggung dan dapat disesuaikan tingginya.
  • Atur Monitor dengan Benar: Monitor komputer harus berada pada tingkat mata Anda, sehingga Anda tidak perlu menunduk atau mengangkat kepala untuk melihatnya.
  • Gunakan Bantal Penyangga: Jika perlu, gunakan bantal penyangga di bagian punggung untuk membantu menjaga postur yang baik.
  • Berdiri untuk Peregangan: Cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar setiap 30-60 menit untuk mengurangi tekanan pada tubuh Anda.
  • Latihan Postur: Latihan yang menguatkan otot inti, seperti latihan plank, dapat membantu Anda menjaga postur yang baik.
  • Perhatikan Postur Anda: Selalu perhatikan postur tubuh Anda saat duduk. Pastikan Anda duduk dengan punggung lurus, bahu rileks, dan kaki datar di lantai.
  • Istirahat dengan Tepat: Jika Anda merasa lelah, cobalah untuk istirahat sejenak dan melakukan peregangan untuk mengurangi ketegangan otot.

Posisi duduk yang baik bukan hanya masalah kenyamanan, tetapi juga kunci untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan tubuh secara keseluruhan. Dengan menjalani perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari, Anda dapat mencegah berbagai masalah kesehatan yang berpotensi serius dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima. Jadi, ingatlah untuk selalu menjaga posisi duduk dengan benar, karena kesehatan tulang belakang adalah investasi berharga bagi masa depan.

Baca juga: 4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Saraf Kejepit

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Manfaat Menjaga Posisi Duduk yang Baik?

Beberapa manfaat dari menjaga posisi duduk yang baik, diantaranya: 1. Menghindari masalah tulang belakang 2. Mengurangi stres pada otot 3. Meningkatkan produktivitas 4. Mengurangi risiko cedera

Baca Juga:  Pengidap Obesitas Rentan Terkena Saraf Kejepit, Benarkah?

Bagaimana Cara Duduk yang Baik untuk Tulang Belakang?

1. Pilih kursi yang ergonomis 2. Atur monitor dengan benar 3. Gunakan bantal penyangga 4. Berdiri untuk peregangan 5. Latihan postur 6. Perhatikan postur 7. Istirahat dengan tepat

Bagaimana Cara Memilih Kursi yang Ergonomis?

Gunakan kursi yang dirancang khusus untuk mendukung postur tubuh yang baik. Pastikan kursi tersebut memiliki penyangga untuk punggung dan dapat disesuaikan tingginya.

Referensi:

  1. Lis AM, Black KM, Korn H, Nordin M. Association between sitting and occupational LBP. Eur Spine J. 2007;16:283–98. doi: 10.1007/s00586-006-0143-7. 
Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer