PLDD Adalah Metode Pengobatan Terkini untuk Atasi Sakit Pinggang Kronis

PLDD Adalah Metode Pengobatan Terkini untuk Atasi Sakit Pinggang Kronis - Lamina Pain and Spine Center

Sakit pinggang kronis adalah masalah kesehatan yang dialami oleh jutaan orang setiap tahunnya di seluruh dunia. Rasa sakit yang berkepanjangan di daerah pinggang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, membatasi mobilitas, dan mengurangi kualitas hidup. Beruntungnya, kemajuan dalam bidang teknologi medis telah membawa berbagai metode baru untuk mengatasi masalah ini. Salah satu teknologi terbaru yang menjanjikan adalah Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD).

Apa Itu PLDD?

PLDD adalah prosedur medis minimal invasif yang digunakan untuk mengobati sakit pinggang karena cedera, peradangan, ataupun herniasi cakram di tulang belakang. Teknologi ini bertujuan untuk meredakan nyeri dengan mengurangi tekanan pada saraf yang tertekan akibat perubahan struktural dalam cakram tulang belakang. Terapi ini memanfaatkan energi laser untuk mengurangi atau menghilangkan bantalan/ cakram yang menonjol, meredakan nyeri dan meningkatkan mobilitas pasien. 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Berikut ini adalah prosedur laser untuk mengatasi sakit pinggang kronis: 

  • Pemeriksaan Medis: Sebelum menjalani prosedur, Anda akan menjalani evaluasi medis yang komprehensif. Hal ini termasuk pemeriksaan fisik, pencitraan medis seperti MRI atau CT scan, dan diskusi dengan dokter untuk memahami gejala dan riwayat kesehatan.
  • Persiapan: Setelah dokter memberikan diagnosis herniasi cakram, tim medis akan mempersiapkan Anda untuk menjalani prosedur. Proses ini melibatkan pemantauan vital dan anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit selama prosedur.
  • Intervensi Laser: Selama PLDD, seorang dokter menggunakan panduan fluoroskopi atau pemindaian berbasis citra lainnya untuk memandu probe laser ke area yang menjadi sumber nyeri. Laser kemudian digunakan untuk mengurangi ukuran bantalan yang menonjol dengan memanaskan dan menguapkan bagian cakram yang menyebabkan tekanan pada saraf.
  • Proses Pemulihan: Setelah prosedur selesai, dokter akan memberikan saran medis untuk pemulihan. Biasanya, anda dapat pulang pada hari yang sama atau keesokan harinya. Pemulihan PLDD lebih cepat dibandingkan dengan pembedahan terbuka dan umumnya melibatkan sedikit atau tanpa rasa sakit.
Baca Juga:  Telemedicine, Layanan Kesehatan Jarak Jauh

Baca juga: Penanganan Saraf Kejepit dengan Metode Terbaru Laser PLDD

Kondisi yang Membutuhkan PLDD

Ada beberapa kondisi medis yang membutuhkan tindakan PLDD, antara lain: 

Kelebihan PLDD

  • Prosedur Minimal Invasif: PLDD bukan merupakan operasi bedah terbuka sehingga lebih aman untuk kondisi medis tertentu. Selain itu, risiko komplikasi dan waktu pemulihan biasanya lebih rendah.
  • Tingkat Keberhasilan Tinggi: PLDD telah terbukti efektif dalam mengurangi nyeri dan meningkatkan mobilitas pada banyak pasien dengan herniated disc.
  • Mengurangi Risiko Infeksi: Karena PLDD tidak melibatkan sayatan besar, risiko infeksi pasca operasi juga berkurang.
  • Pemulihan Cepat: Pasien dapat kembali ke aktivitas sehari-hari mereka dengan lebih cepat.

Teknologi PLDD adalah salah satu solusi pengobatan terkini yang menjanjikan untuk mengatasi sakit pinggang kronis akibat saraf kejepit maupun stenosis spinal. Dengan prosedur yang minimal invasif dan tingkat keberhasilan yang tinggi, metode pengobatan ini dapat membantu meredakan sakit pinggang kronis, sehingga memungkinkan mereka untuk kembali menjalani kehidupan yang aktif dan nyaman.

Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di Lamina Pain and Spine Center untuk menentukan diagnosis dan pengobatan yang sesuai. Silakan hubungi tim Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811-1443-599.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu PLDD?

PLDD adalah prosedur medis minimal invasif yang digunakan untuk mengobati sakit pinggang karena cedera, peradangan, ataupun herniasi cakram di tulang belakang. Teknologi ini bertujuan untuk meredakan nyeri dengan mengurangi tekanan pada saraf yang tertekan akibat perubahan struktural dalam cakram tulang belakang.

Bagaimana Prosedur Laser PLDD?

Berikut prosedur yang dilakukan dalam laser PLDD: 1. Pemeriksaan medis 2. Persiapan 3. Intervensi laser 4. Proses pemulihan

Baca Juga:  Saraf Terjepit Tulang Belakang Dapat Berdampak Pada Masa Depanmu

Apa Saja Kondisi Medis yang Membutuhkan Penanganan Laser PLDD?

Ada beberapa kondisi medis yang membutuhkan tindakan PLDD, antara lain: 1. Nyeri punggung 2. Sakit pinggang kronis 3. Stenosis spinal 4. Saraf kejepit 5. Skiatika

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer