Logo Lamina

Pergelangan Tangan Sakit, Begini Cara Mengatasinya

pergelangan tangan sakit

Pergelangan tangan sakit merupakan kondisi yang perlu kamu waspadai. Kondisi pergelangan tangan sakit bisa muncul karena beberapa hal seperti, terjadinya cedera pada tulang, sendi dan juga jaringan sekitar tangan. Jika tidak mendapat penanganan serius, kondisi ini bisa menyebabkan masalah lain seperti, arthritis, asam urat ataupun penyakit sindrom carpal tunnel.

Kondisi pergelangan tangan sakit bisa menyerang semua usia. Pergelangan tangan sakit dapat terjadi karena kegiatan berulang seperti memotong dan mengetik dalam waktu yang tidak sebentar. 

Pergelangan tangan memiliki susunan sendi yang kompleks atas kombinasi 8 tulang kecil dari mulai tulang lengan bawah hingga bagian tangan. Antara tulang satu dengan tulang lainnya menyatu dalam sebuah jaringan kuat yaitu ligamen, sedangkan pada tulang dan otot melekat dengan tendon. Pergelangan tangan yang terasa nyeri akibat salah satu dari bagian tersebut mengalami cedera ataupun keseleo. 

Gejala nyeri pergelangan tangan

Nyeri yang terjadi pada pergelangan tangan bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti: 

  1. Terjadinya pembengkakan pada bagian jari tangan, 
  2. Mengalami kesulitan saat menggenggam atau memegang benda, 
  3. Bagian tangan terasa kaku atau merasa seperti tergelitik khususnya pada saat malam, 
  4. Tangan terasa nyeri dan juga tertusuk, 
  5. Terjadi pembengkakan dan juga kemerahan pada pergelangan tangan, 
  6. Hangat pada pergelangan tangan, 
  7. Kesulitan menggerakan pergelangan tangan dan muncul struktur yang tidak biasa pada pergelangan tangan, 
  8. Penderita mengalami demam. 

Penyebabnya pergelangan tangan sakit

Nyeri Pergelangan tangan bisa terjadi karena beberapa hal, termasuk aktivitas harian yang tidak kita sadari. Berikut beberapa penyebab pergelangan tangan sakit: 

Baca Juga:  Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri, Penyebab dan Pengobatannya
Akibat trauma 

Ketika seseorang pernah mengalami kecelakaan ataupun terjatuh pada posisi pergelangan yang salah, maka hal inilah yang bisa menjadi pemicu terjadinya keseleo dan juga patah tulang yang menyebabkan pergelangan tangan sakit. Untuk mengeceknya detail penyebab terjadinya patah tulang, seseorang yang mengalami keseleo ataupun patah tulang perlu melakukan pemeriksaan X-Ray. 

Asam urat 

Penyakit asam urat bisa terjadi akibat adanya kadar asam urat berlebih yang menumpuk pada sendi termasuk pergelangan tangan. Akibat hal tersebut, maka penderita asam urat biasanya akan mengalami nyeri pada pergelangan tangan hingga terjadi pembengkakan. 

Melakukan gerakan berulang 

Banyak orang yang tidak sadar jika melakukan aktivitas seperti kegiatan berulang bisa menyebabkan terjadinya nyeri pergelangan tangan. Beberapa kegiatan harian berulang yang bisa menyebabkan terjadinya nyeri pada pergelangan tangan, seperti, mengetik, menulis, menyetir, hingga aktivitas olahraga seperti bermain golf. 

Penyakit osteoarthritis

Meskipun penyebab nyeri akibat penyakit osteoarthritis cukup jarang terjadi. Namun, kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya sendi kaku dan bengkak akibat kondisi tulang rawan yang buruk. Kemudian, kondisi ini juga bisa terjadi untuk mereka yang kerap mengalami cedera pada bagian pergelangan tangan. 

Penyakit  rheumatoid arthritis

Penyakit rheumatoid arthritis bisa terjadi karena terdapat kelainan pada daya tahan tubuh seseorang yang menyerang jaringannya sendiri. Kondisi ini bisa mengakibatkan penderita mengalami nyeri pada pergelangan tangan.

Psoriatic arthritis

Psoriatic arthritis bisa terjadi karena seseorang mengalami kelainan kulit. Hal ini bisa menimbulkan nyeri pada pergelangan tangan. 

Sindrom Carpal Tunnel

Penyakit sindrom carpal tunnel (CTS) bisa terjadi akibat kegiatan berulang pada saraf median. Kondisi ini menyebabkan ibu jari, telunjuk dan jari tengah terasa mati rasa, kesemutan hingga nyeri. 

Baca Juga:  Pengobatan Tulang Belakang Keropos dengan Kypholasty

Mengobati pergelangan tangan sakit

Jika kamu merasakan sakit pada pergelangan tangan, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri yang terasa, seperti: 

  1. Lepaskan aksesoris ataupun perhiasan yang kamu gunakan, terutama pada bagian tangan yang terasa nyeri, 
  2. Kompres dengan es
  3. Jika kamu memiliki obat-obatan luar rekomendasi dari dokter, kamu bisa menggunakannya kembali untuk mengurangi rasa sakit, 
  4. Gunakan sarung tangan, agar tangan terasa lebih hangat, 
  5. Kamu juga perlu menghindari pergelangan tangan yang cedera ataupun nyeri saat berbaring agar sirkulasi darah pada tangan kamu bisa lebih lancar. 

Langkah sederhana di atas bisa kamu kerjakan jika kondisi pergelangan tangan masih tergolong ringan. Jika kamu sudah merasakan nyeri hebat dan membutuhkan bantuan, segeralah hubungi tenaga medis untuk mendapat penanganan tepat yang sesuai. 

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer