Nyeri Pergelangan Tangan, Ketahui Penyebabnya - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Nyeri Pergelangan Tangan, Ketahui Penyebabnya

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Nyeri Pergelangan Tangan, Ketahui Penyebabnya
 Nyeri Pergelangan Tangan, Ketahui Penyebabnya

Nyeri pergelangan tangan merupakan rasa sakit yang timbul karena adanya peradangan pada ligamen atau otot, tulang, maupun persyarafan pada tangan.

Gejala yang sering timbul adalah sakit saat pergelangan tangan kamu gerakan, namun hal ini juga bergantung dari struktur tangan yang terkena.

Jika mengenai saraf, maka tidak hanya rasa nyeri yang timbul, namun juga terasa baal dan kesemutan. Sementara itu, jika bagian otot yang terkena, umumnya dapat terlihat karena terjadi pembengkakan dan kemerahan.

Penyebab dan Faktor Risiko Nyeri Pergelangan Tangan

Penyebab sakit pada pergelangan tangan beragam, bisa karena artritis, gout, hingga Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Dari ketiga penyebab tersebut, CTS merupakan kondisi yang cukup sering terjadi akibat aktivitas sehari-hari.

Kondisi ini bisa terjadi akibat penekanan saraf medianus pada pergelangan tangan yang menyebabkan rasa sakit, paresthesia, numbness, dan kelemahan pada sepanjang perjalan saraf medianus.

Diagnosis Nyeri Pergelangan Tangan

Selain dari gejala, untuk mengetahui penyebab sakit, dokter bisa melakukan pemeriksaan laboratorium untuk pemeriksaan rheumatoid factor serta asam urat. Selain itu bisa juga melakukan pemeriksaan lanjutan dengan X-ray atau CT-scan hingga MRI. EMG bisa kamu lakukan sesuai indikasi terutama untuk CTS.

Pencegahan

Cara mencegah kondisi ini paling utama adalah dengan istirahatkan tangan kamu jika memiliki riwayat cedera atau saat bekerja terlalu keras dengan tangan. Hindari menggunakan satu tangan saat beraktivitas. Untuk kamu yang bekerja dengan mengetik atau menulis, carilah posisi yang nyaman.

Penanganan

Penanganan awal dapat kamu lakukan dengan imobilisasi pergelangan tangan, kompres dingin. Konsumsi obat anti-inflamasi seperti ibuprofen atau natrium diklofenak untuk pereda nyeri.

Kapan Kamu Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti yang telah di atas terutama kesemutan dan baal, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Konsultasi dokter online menjadi salah satu solusi layanan kesehatan bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 masih menjadi kekhawatiran masyarakat.

Melalui layanan ini, pasien dapat berkonsultasi masalah kesehatan, khususnya nyeri. Konsultasi bisa kamu lakukan secara online dengan dokter spesialis bedah saraf terkualifikasi. Lebih lanjut, dokter akan memberikan diagnosis dan pemberian sara tata laksana kepada pasien, seperti pengobatan dan tindakan medis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online