preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri Ini 7 Penyebabnya

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri Ini 7 Penyebabnya
 Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri Ini 7 Penyebabnya

Sakit tulang belikat sebelah kiri mungkin penyebabnya hanya berupa kekakuan otot-otot pada sekitar area ini.

Sakit tulang belikat sebelah kiri ternyata penyebabnya banyak dan tidak hanya berkaitan dengan otot namun juga organ-organ yang letaknya dekat dengan tulang ini.

Aktivitas harian seperti untuk mencuci rambut, berpakaian, membuka pintu mobil, meraih gula di lemari saat membuat kopi, Anda menggunakan sendi bahu agar dapat melakukannya semua.

Jika mengalami sakit tulang belikat sebelah kiri, kemungkinan semua tugas itu tidak bisa Anda lakukan. Walau tulang belikat ini seringkali terabaikan, namun fungsinya sangat diperlukan bagi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan harian.

Tulang Belikat atau Scapula

Scapula atau shoulder blade ada sepasang yaitu kanan dan kiri pada bahu bagian belakang yang berbentuk segitiga. 

Setiap tulang belikat menghubungkan tulang lengan atas ke tulang selangka (clavicula) dan memiliki tiga kelompok otot yang melekat padanya untuk membantu menggerakkan sendi bahu.

Gejala Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri

Gejala yang paling sering muncul meliputi:

  • Nyeri sekitar scapula, terutama bagian atas dan tengah
  • Melemahnya lengan sehingga mengganggu pekerjaan atau tugas harian
  • Gerakan terbatas – misalnya tidak bisa mengangkat lengan hingga seatas bahu
  • Terdengar bunyi saat bahu bergerak
  • Scapula atau tulang belikat menonjol atau tampak dari belakang seperti sayap
  • Postur tubuh yang terkulai atau membungkuk depan pada sisi yang sakit
  • Sakit saat mengangkat lengan ke atas kepala atau membawa benda berat dengan lengan di samping

Tulang Belikat Sakit dan Ini Dia Penyebabnya

Sayangnya, nyeri pada tulang belikat tidak sesederhana nyeri akibat cedera. Dalam beberapa kasus, penyebab sakit tulang belikat sebelah kiri ini adalah adanya masalah pada organ terdekat.

Tulang belikat yang terasa sakit dapat disebabkan beberapa faktor seperti:

  • Kelemahan, ketidakseimbangan, kekakuan otot-otot yang mengendalikan gerak tulang belikat
  • Cedera pada saraf-saraf yang mempersarafi otot
  • Tulang-tulang yang menopang tulang belikat atau sendi bahu mengalami cedera
  • Gerakan yang dilakukan secara berlebihan atau berulang, misalnya melempar

Ada beberapa faktor tertentu yang dapat mempertinggi risiko Anda mengalami sakit atau nyeri pada tulang belikat, misalnya kifosis (kelengkungan tulang belakang yang berlebihan), cedera bahu berulang, aktivitas olahraga dengan banyak gerakan mengangkat lengan ke atas kepala.

Seiring dengan proses penuaan, proses degeneratif kemungkinan juga dapat menyebabkan nyeri pada tulang belikat. Kondisi yang terkait dengan perubahan degeneratif ini antara lain seperti peradangan sendi, pengapuran tulang belakang, tulang keropos (osteoporosis), menyempitnya rongga tulang belakang (stenosis spinal), frozen shoulder.

7 Penyebab Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri

Penyebab Pertama:

Postur tubuh yang buruk. Duduk lama dengan postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tulang belakang mengalami perubahan struktural yang pada akhirnya menyebabkan nyeri pada bagian bawah tulang belikat. Membungkuk, menunduk, atau duduk miring satu sisi — saat bekerja di belakang meja atau membaca ponsel, misalnya — dapat melemahkan otot dan membebani bantalan tulang belakang, otot, dan ligamen. Ketidakseimbangan rutin ini dapat menyebabkan nyeri tulang belakang bagian atas.

Penyebab Kedua:

Teknik mengangkat benda yang tidak tepat. Mengangkat benda melewati kepala tanpa teknik yang tepat dapat menyebabkan punggung dan bahu rentan cedera. Ketika mengangkat benda berat dan menahannya dengan posisi tulang belakang yang tidak sejajar, sehingga memberikan tekanan yang tidak semestinya pada tulang belakang. Bahkan menyebabkan ligament terkilir sehingga cenderung mencederai sendi bahu atau tulang belikat.

Penyebab Ketiga:

Penggunaan otot yang berlebihan misalnya saat mengecat langit-langit rumah, memindahkan furnitur atau olahraga softball adalah beberapa aktivitas berat yang membuat tulang belakang dan bahu bekerja lebih keras dari biasanya.

Penyebab Keempat:

Bantalan sendi ruas tulang leher menonjol (herniasi nukleus pulposus /HNP) sehingga menjepit saraf sekitar ruas tulang leher. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri yang menjalar hingga ke bahu, lengan, dan/atau tangan, kesemutan dan baal/kebas. Menonjolnya bantalan tulang leher bagian bawah kemungkinan nyerinya dapat menjalar ke tulang belikat. Herniasi pada segmen punggung atas, walau jarang, juga berpotensi menyebabkan nyeri pada tulang belikat.

Penyebab Kelima:

Dislokasi (bergesernya) tulang iga akibat tekanan yang berulang dalam waktu lama sehingga tulang iga tidak lagi sejajar. Walau kondisi ini jarang, namun juga dapat menyebabkan sakit pada tulang belikat dan kadang membuat Anda sesak napas.

Penyebab Keenam:

Gangguan pada jantung juga bisa menyebabkan sakit tulang belikat sebelah kiri. Kadangkala serangan jantung menimbulkan nyeri pada punggung atas dan/atau bahu, terutama pada perempuan.

Penyebab Ketujuh:

Fraktur kompresi akibat melemahnya tulang belakang (terutama punggung atas) dan kolaps atau runtuh sehingga menyebabkan nyeri pada tulang belakang. Biasanya fraktur kompresi ini seringnya akibat osteoporosis.

Selain 7 penyebab itu, beberapa faktor berikut juga dapat menyebabkan sakit atau nyeri pada tulang belikat, yaitu:

  • Kondisi tertentu pada paru-paru
  • Saluran cerna misalnya tukak lambung, masalah pada pankreas, batu empedu, hati
  • Fraktur pada tulang baik cedera olahraga atau kecelakaan kendaraan bermotor

Cara Mengatasi Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri

Hampir sebagian besar kasus nyeri pada tulang belikat dapat teratasi dengan tindakan non-bedah.

Dokter akan melakukan pemeriksaan seksama untuk menilai kondisi tulang belikat dan mencari penyebabnya. Bila perlu, pemeriksaan radiologis sebagai penunjang akan diperlukan.

Salah satu penanganannya adalah memberikan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang dapat membantu mengatasi nyeri dan pembengkakan.

Kemudian doker mungkin akan menggabungkannya dengan terapi fisik rehabilitasi medik yang berfokus pada gerakan penguatan otot-otot yang menjaga kestabilan dan otot penggerak tulang belikat serta latihan meregangkan otot-otot yang kaku agar rentang gerakan tulang belikat tidak terbatas lagi.

Anda juga bisa melakukan kompres pada tulang belikat yang terasa nyeri, dengan cara:

  • Kompres dingin: untuk membantu menghilangkan nyeri dan peradangan. Lakukan selama 15-20 menit dan ulangi setiap 2-3 jam sekali.
  • Kompres hangat: kompres ini dapat dilakukan sebelum melakukan gerakan peregangan dan penguatan (sesuai anjuran dokter). Kompres hangat ini juga bisa dilakukan dengan berendam dengan air hangat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 08.00 - 22.00
Selasa : 08.00 - 22.00
Rabu : 08.00 - 22.00
Kamis : 08.00 - 22.00
Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 22.00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online

    Daftar Online