Logo Lamina

Ketahui Penyebab Sakit Punggung Bawah dan Penanganannya

Ketahui Penyebab Sakit Punggung Bawah dan Penanganannya - Lamina Pain and Spine Center

Apakah Anda sering mengalami sakit punggung bagian bawah yang tak kunjung sembuh? Sakit punggung bawah atau low back pain memang sudah menjadi masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang. Bahkan, kondisi ini tak hanya menyerang orang-orang berusia tua, namun juga pada Anda yang berusia lebih muda. Rasa nyeri yang kerap muncul tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan. 

Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasi sakit punggung bawah? Berikut penjelasannya.

Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah

Sakit punggung bagian bawah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Cedera Otot atau Ligamen: Otot atau ligamen yang tertarik atau robek akibat aktivitas fisik yang berlebihan atau gerakan mendadak dapat menyebabkan nyeri akut.
  • Herniasi Diskus: Diskus yang menonjol atau pecah dapat menekan saraf di sekitarnya, menyebabkan nyeri yang tajam dan menjalar ke kaki.
  • Arthritis: Osteoarthritis pada tulang belakang dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan tulang, yang mengakibatkan rasa nyeri kronis.
  • Stenosis Spinal: Penyempitan kanal tulang belakang yang menekan saraf dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, atau kelemahan di punggung bagian bawah dan kaki.
  • Kondisi Kesehatan Lainnya: Penyakit seperti osteoporosis, infeksi tulang belakang, atau tumor juga dapat menjadi penyebab nyeri punggung bagian bawah.

Gejala yang Harus Diwaspadai

Sakit punggung bawah bisa bervariasi dari ringan hingga parah dan bisa muncul secara tiba-tiba atau berkembang perlahan. Berikut adalah beberapa gejala yang sering dialami:

  • Nyeri di punggung bawah yang konstan atau datang dan pergi adalah gejala umum. Nyeri ini bisa semakin buruk setelah melakukan aktivitas fisik atau duduk dalam waktu lama.
  • Sakit punggung bawah sering disertai dengan kekakuan, yang dapat membuat sulit untuk berdiri tegak atau melakukan gerakan tertentu.
  • Kram atau kejang otot di sekitar area punggung bawah bisa terjadi, terutama setelah melakukan aktivitas berat atau mengangkat beban yang tidak tepat.
  • Terkadang nyeri di punggung bawah dapat menjalar ke kaki, suatu kondisi yang dikenal sebagai skiatika. Skiatika bisa menyebabkan rasa nyeri, kesemutan, atau mati rasa di kaki.
  • Dalam beberapa kasus, sakit punggung bawah bisa menyebabkan kelemahan pada kaki, yang membuat sulit untuk berjalan atau berdiri dalam waktu lama.
Baca Juga:  Penyebab Bokong Terasa Nyeri dan Penanganannya

Cara Mengatasi Sakit Punggung Bawah

Untuk mengatasi sakit punggung bawah baik akut maupun kronis, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis. 

Salah satu metode penanganan yang efektif untuk nyeri punggung bawah adalah injeksi steroid epidural. Metode ini melibatkan pemberian obat steroid langsung ke dalam ruang epidural tulang belakang. Berikut adalah beberapa informasi penting tentang prosedur ini:

  1. Tujuan Injeksi Steroid Epidural
    • Mengurangi peradangan dan pembengkakan di sekitar saraf tulang belakang.
    • Mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan mobilitas pasien.
  2. Prosedur Injeksi
    • Pasien biasanya berbaring tengkurap atau miring.
    • Dokter akan menggunakan fluoroskopi (x-ray) untuk memandu jarum ke dalam ruang epidural.
    • Steroid dan anestesi lokal disuntikkan ke area yang ditargetkan.
  3. Manfaat Injeksi Steroid Epidural
    • Mengurangi rasa nyeri dan peradangan dengan cepat.
    • Membantu pasien untuk kembali ke aktivitas normal lebih cepat.
    • Mengurangi kebutuhan akan obat penghilang rasa nyeri oral yang bisa memiliki efek samping.
  4. Risiko dan Efek Samping
    • Ada efek samping yang mungkin terjadi seperti sakit kepala, peningkatan kadar gula darah, atau reaksi alergi terhadap obat.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang penyebab, gejala dan cara mengatasi nyeri punggung bawah. Rasa nyeri yang berkepanjangan sebaiknya memang tidak diabaikan dan harus segera ditangani dengan metode yang tepat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Lamina untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang sakit punggung bawah dan penanganannya, silakan chat kami melalui nomor whatsapp 0811-1443-599.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah?

Bagaimana Gejala Awal Sakit Punggung Bawah?

Nyeri di punggung bawah yang konstan atau datang dan pergi adalah gejala umum. Nyeri ini bisa semakin buruk setelah melakukan aktivitas fisik atau duduk dalam waktu lama.

Bagaimana Penanganan Sakit Punggung Bagian Bawah?

Salah satu metode penanganan yang efektif untuk nyeri punggung bawah adalah injeksi steroid epidural. Metode ini melibatkan pemberian obat steroid langsung ke dalam ruang epidural tulang belakang.

***

Featured photo by EyeEm from Freepik

Share via:
Artikel Terkait
Artikel Populer
Topik Populer