Apakah Nyeri Otot dan Salah Urat Berbeda? Begini Penjelasannya

Nyeri otot dan salah urat seringkali dianggap sama oleh masyarakat awam. Biasanya, seseorang yang mengalami nyeri pada anggota tubuh tertentu pasti akan anggapannya salah urat. Lalu, apakah kondisi tersebut sebenarnya termasuk nyeri otot atau salah urat? atau keduanya sama saja?

Pembuluh darah vena yang ada pada lengan, kaki, atau leher sering disebut dengan urat. Pembuluh darah vena memang lebih mudah terlihat dan berwarna kebiruan daripada pembuluh darah arteri yang terletak jauh lebih dalam pada bawah kulit. Sebagian orang, menyebut pembuluh darah yang terlihat sebagai urat.

Apa itu nyeri otot?

Bagian tertentu dari otot yang memiliki konsistensi lebih keras atau yang dalam istilah medisnya tendon. Tendon inilah yang sering mengalami nyeri. Tendon merupakan penghubung antara otot dengan tulang. Jadi hampir pada setiap persendian memiliki tendon.

Jadi, nyeri otot merupakan gangguan otot berupa kram otot yang biasanya penyebabnya karena kondisi otot yang meregang secara berlebihan. Sensasi yang terasa adalah nyeri yang menusuk dan biasanya terjadi pada area tendon. Lebih lanjut, keluhan bersifat temporer atau bisa hilang dalam beberapa hari.

Bagaimana membedakan nyeri otot dan salah urat?

1. Ketahui penyebabnya

Ketahui dulu penyebab nyeri yang sedang kamu alami. Apakah karena benturan, terjatuh, atau sendi yang terpelintir seperti pada kasus keseleo.

2. Ada hubungan dengan olahraga atau tidak

Pada kasus benturan karena olahraga, maka nyeri bisa berasal dari otot, mengingat otot memiliki luas permukaan yang luas sehingga memudahkan terbentur. Jika sendi terpelintir pada kasus keseleo, maka kemungkinan besar cedera pada bagian urat dalam ligamen. Otot tendon juga bisa menjadi sumber nyeri ketika melakukan olahraga yang berlebihan.

Baca Juga:  Daftar Obat Syaraf Kejepit dan Pilihan Pengobatan Lainnya

3. Karakteristik nyeri

Jika bagian tertentu terasa nyeri ketika kamu menggerakkannya, maka kemungkinan bisa berasal dari otot tendon atau urat pada ligamen.

Melalui penjelasan tersebut, kamu dapat lebih mengenali kondisi ketika terkena salah urat atau nyeri otot. Saat kamu menggerakkan bagian tubuh untuk melawan beban, lalu timbul rasa nyeri maka kemungkinan nyeri berasal dari otot.

Nyeri otot dan salah urat tak janrang dianggap sebagian orang sepele. Tetapi, jika penanganannya salah, bisa berdampak lain bagi kesehatan. Jadi, jika kamu mengalami cedera, berkonsultasilah dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer