Hindari Kram Otot atau Nyeri Otot Punggung

kram otot--

Kram otot setiap orang pasti pernah mengalaminya. Salah satu jenis kondisi ini yang biasa terjadi adalah kram otot punggung atau nyeri otot punggung. Biasanya terjadi karena mengalami cedera pada bagian otot punggung entah karena tertarik ataupun robek.
Rasa nyeri yang muncul, bisa bersifat ringan hingga berat. Nyeri ringan bisa membaik dengan mengonsumsi obat pereda nyeri sedangkan nyeri berat memerlukan penanganan yang lebih serius bahkan rehabilitasi dalam jangka panjang.

Apa saja penyebab Kram Otot Punggung?

  • Tidak pemanasan sebelum melakukan olahraga atau angkat beban berat
  • Memulai olahraga setelah menjalani gaya hidup sedentari atau  kegiatan yang mengacu pada segala jenis aktivitas yang dilakukan di luar waktu tidur dalam waktu panjang, seperti setelah patah tulang atau sakit berat
  • Latihan berlebihan pada otot punggung
  • Sementara itu, penyebab kondisi ini yang kronis adalah penggunaan otot berlebihan secara berulang-ulang. Kegiatan olahraga angkat beban dan kebiasaan mengangkat benda berat berulang kali merupakan salah satu contoh. Namun, penyebab yang paling sering terjadi adalah kebiasaan duduk dengan posisi yang salah dalam jangka waktu lama.

Bagaimana cara mencegah kram otot punggung?

Cara mencegah lebih mudah adalah dengan Smenjalani gaya hidup yang lebih sehat. Selain itu, ada beberapa cara mencegah kondisi ini terjadi, antara lain:


1.Hindari duduk dalam satu posisi dalam jangka waktu lama.
2.Pertahankan postur yang baik saat berdiri maupun duduk. Begitupun, saat mengangakat beban berat.
3.Olahraga untuk menjaga berat badan ideal
4.Berhenti kebiasaan merokok
5.Lebih peka terhadap sinyal yang tubuh berikan

Jika kamu sering mengalami kram otot atau nyeri otot punggung sebaiknya istirahat setidaknya satu sampai tiga hari. Jika nyeri masih terasa, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, lebih penting juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Baca Juga:  Nyeri Punggung Bisa Sembuh Dengan Tidur di Lantai, Benarkah?

Selain itu, jika kamu ingin berolahraga juga sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mencegah kesalahan saat berolahraga dan menyebabkan kondisi yang lebih serius. Mungkin kondisi ini terlihat sepele, namun jika kamu mengabaikannya juga bisa menjadi penyebab dari gangguan kesehatan pada tubuh.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer