Penyebab Nyeri Punggung dan Kembung Secara Bersamaan

penyebab nyeri punggung dan kembung

Penyebab nyeri punggung dan kembung secara bersamaan bervariasi. Sayangnya, masih banyak orang yang meremehkan dua keluhan tersebut. Tapi tahukah kamu, jika penyebab nyeri punggung dan kembung bisa karena beberapa hal atau gejala dari penyakit tertentu, misalnya saraf kejepit.

Berikut adalah beberapa penyebab nyeri punggung dan kembung yang bisa datang bersamaan.

Penyebab Nyeri Punggung dan Kembung

1. Perubahan hormonal

Hormon adalah pengirim pesan kimiawi dalam tubuh. Pada perempuan yang sedang menstruasi, tak sedikit dari mereka mengeluhkan kembung, kram dan nyeri punggung.

Selain perubahan hormonal pada perempuan saat menstruasi yang bisa menimbulkan kedua keluhan tersebut, mereka yang menjalani terapi sulih hormon juga mungkin akan mengalami kembung dan nyeri punggung. Ada baiknya kondisi ini konsultasikan dengan dokter.

2. Kehamilan

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa kehamilan sering kali memunculkan keluhan kembung. Selain itu, bertambahnya berat badan saat kehamilan, akan memberikan tekanan tambahan pada punggung dan pinggul yang kemudian bisa menimbulkan rasa nyeri. Kedua keluhan tersebut akan hilang setelah melahirkan.

3. Herniated disc atau saraf kejepit

Ada banyak jenis cedera punggung, mulai dari cedera ringan seperti keseleo hingga yang berat seperti herniated disc atau saraf kejepit. Semuanya bisa menyebabkan nyeri punggung.

Yang membedakan dari saraf kejepit adalah biasanya ada rasa menjalar ke bagian tubuh lain. Termasuk juga pada perut yang menimbulkan sensasi tak biasa, termasuk kembung.

4. Masalah gas dalam pencernaan

Masalah gas dalam pencernaan sering kali membuat seluruh perut terasa penuh dan kembung. Kemudian, keluhan bisa menyebar ke punggung, menyebabkan nyeri punggung dan kembung. Masalah pencernaan atau gastrointestinal akibat virus, juga bisa menyebabkan kembung dan rasa nyeri.

Baca Juga:  10 Alasan Anda Harus Datang ke Lamina sebagai Solusi Terbaik Atasi Saraf Kejepit

Terkadang, gastrointestinal bisa menyebabkan nyeri otot. Hal ini bisa terjadi jika penderita mengalami kejang otot perut akibat gerakan usus besar yang tidak normal atau karena muntah-muntah.

5. Stres

Stres dan kecemasan yang besar bisa memicu kedua keluhan tersebut. Keluhan tersebut bisa terjadi pada orang yang stres terjadi karena tanpa sadar saat stres mereka mengencangkan otot-otot dan enggan makan.

6. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan nyeri punggung bagian bawah yang menyebar dari ginjal. Selain itu juga memicu penderitanya memiliki keinginan untuk terus ke toilet. Infeksi ginjal yang parah juga bisa menyebabkan muntah-muntah dan rasa kembung.

7. Kondisi Lainnya
  • Kelainan dan cedera tulang belakang
  • Kanker pankreas
  • Kelainan lever
  • Abdominal aortic aneurysms
  • Kelainan pencernaan serius seperti peritonitis dan obstrukti usus.

Meski jarang terjadi, namun kondisi tersebut perlu penanganan segera juga. Sebaiknya segera hubungi dokter ahli nyeri punggung, seperti yang ada di Lamina Pain and Spine Center untuk berkonsultasi terkait keluhan.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer