Obat Alami Saraf Kejepit, Ternyata Kencur Salah Satunya!

kencur

Obat alami saraf kejepit masih menjadi pilihan alternatif bagi sebagian kalangan masyarakat. Bahan alami yang biasanya digunakan cukup beragam, salah satunya  adalah tanaman kencur. Namun, seberapa efektifkah khasiat tanaman kencur ini untuk mengobati saraf kejepit? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu saraf kejepit? 

Saraf kejepit atau  dalam istilah medis  hernia nukleus pulposus (HNP), merupakan kondisi ketika  bantalan ruas tulang belakang terjadi pergeseran sehingga membuat syaraf tulang belakang tertekan. 

Penyebab kondisi  tersebut ada beberapa faktor,  bisa karena usia, riwayat keluarga yang memiliki penyakit ini,  melakukan gerakan berulang dalam jangka waktu yang lama, postur tubuh yang salah saat duduk atau mengambil barang yang jatuh, dan mengangkat beban berat.

HNP biasanya menyebabkan gejala, berupa  rasa nyeri yang parah pada bagian saraf yang terjepit. Keluhan ini umumnya menyerang  lumbal atau tulang belakang bagian bawah (pinggang). Penderita HNP lumbal  biasanya akan merasakan gejala nyeri paling hebat pada bagian bokong, paha, dan juga betis.

Lebih lanjut, HNP juga bisa terjadi pada bagian leher (HNP servikal/ saraf terjepit leher) meskipun kasusnya tidak sebanyak saraf terjepit pinggang. J Pasien HNP servikal biasanya akan merasakan gejala nyeri pada  bagian bahu, leher, dan lengan.

Cara mengobati saraf kejepit akan berbeda-beda bergantung pada lokasi syaraf yang terjepit dan  tingkat keparahannya. Oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan, terapi fisik atau bahkan pembedahan. 

Meski begitu, masih ada sebagian masyarakat yang memilih menggunakan obat alami saraf kejepit sebagai solusinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman tradisional, seperti kencur. Lalu, seberapa efektifkah tanaman kencur untuk mengobati saraf kejepit? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga:  Saraf Terjepit Tulang Belakang Dapat Berdampak Pada Masa Depanmu

Kencur sebagai obat alami saraf kejepit

Kencur atau tanaman  Kaempferia galanga adalah  salah satu jenis tanaman herba dalam keluarga jahe (Zingiberaceae) yang dikenal dapat menjadi ramuan rumahan atau obat tradisional. Tanaman ini memiliki kandungan yang bersifat antiradang, antioksidan, antinyeri, dan antibakteri.

Kencur mengandung minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang banyak orang percaya memiliki manfaat atau khasiat sebagai obat.  Selanjutnya, kencur juga memiliki  kandungan, seperti pati, asam metil kanil, sineol, etil ester, asam sinamat, Selanjutnya, ada kandungan vitamin K, vitamin B, vitamin C, dan folat. Sementera kandungan mineralnya, ada fosfor, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, zink, dan selenium. 

Baca Juga: Ragam Jenis Pengobatan Saraf Kejepit

Seberapa efektif kencur sebagai obat alami saraf kejejepit?

Penderita saraf kejepit yang percaya akan khasiat kencur biasanya akan mengonsumsi kencur olahan yang sudah berupa jamu atau bahkan suplemen. 

Namun, ada juga yang ingin mengolahnya sendiri dengan cara  menumbuk bagian rimpang serta daunnya hingga halus. Selain itu, bisa  juga dengan cara menyangrainya kemudian rebus bersama-sama dengan bahan lainnya.

Lalu, seberapa efektifkah kencur sebagai obat alami saraf kejepit? Sampai saat ini, belum ada penelitian terkait manfaat  kencur sebagai obat  alami saraf kejepit. Namun, alasan  kencur sering dipercaya dapat menjadi obat adalah karena adanya kandungan yang bersifat antinyeri dan antiradang. Hal inilah yang kemudian orang percayai setelah mengonsumsi kencur, gejala saraf terjepit mereka berupa rasa nyeri atau sakit berkurang. 

Meskipun dapat membantu mengurangi keluhan nyeri bukan berarti kencur bisa mengobati penyakit saraf kejepit. Jadi, sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter saraf untuk mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat. 

Baca Juga: Rekomendasi Dokter Saraf Terbaik Di Jakarta 

Baca Juga:  HNP Adalah Penyakit Saraf Terjepit Apa Penyebabnya?

Perlu diketahui lebih lanjut,  sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter saraf  jika mengalami keluhan nyeri parah, seperti tertusuk  pada bagian tulang belakang. Semakin cepat mendapatkan penanganan yang tepat, semakin kecil risiko komplikasi yang mungkin bisa terjadi kemudian hari. Keterlambatan penanganan, bisa berisiko alami kelumpuhan pada penderitanya.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer