Logo Lamina

Cara Meringankan Nyeri Tulang Ekor

nyeri-tulang-ekor

Nyeri tulang ekor lebih rentan dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Penyebabnya beravariasi, mulai dari posisi duduk yang kurang tepat, duduk di tempat yang permukaannya keras, alami cedera, aktivitas yang berlebihan, dan atau,  setelah melahirkan.

Ketika tulang ekor mengalami gangguan, akan muncul rasa sakit yang kemungkinan bisa  bertambah parah saat duduk atau melakukan aktivitas tertentu. Rasa sakit ini juga bisa timbul saat berdiri terlalu lama, bangun dari posisi duduk, buang air besar, hingga selama menstruasi. Lebih lanjut, bisa menyebar ke bokong, kaki dan pinggul.

Cara meringankan nyeri tulang ekor

Nyeri tulang ekor bisa hilang sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau bulan. Namun, jika rasa nyeri masih terasa Anda dapat meringankannya dengan beberapa cara, seperti berikut:

Pijat otot

Pijat otot yang melekat pada tulang ekor secara perlahan dan lembut untuk membantu meringankan rasa nyeri.

Fisioterapi

Fisioterapi dengan melakukan latihan fisik seperti teknik dasar relaksasi panggul.  Namun, untuk melakukan gerakan fisioterapi mana yang tepat, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau fisioterapis.

Mengonsumsi obat

Cara meringankan nyeri pada tulang ekor berikutnya adalah dengan mengonsumsi obat. Dokter kemungkinan akan meresepkan obat anti-nyeri atau suntikan pada tulang ekor. Dalam kasus tertentu, dokter kemungkinan akan menyarankan melakukan operasi.

Jangan duduk terlalu lama

Cobalah untuk tidak duduk dalam waktu yang lama, Anda bisa melakukan peregangan sederhana,berdiri dan berjalan setiap beberapa jam sekali. Selain itu, cobalah sesekali mengubah posisi duduk Anda dengan mencondongkan badan ke arah depan agar dapat meringankan nyeri.

Baca Juga:  Mandi Air Hangat Bisa Sembuhkan Saraf Kejepit, Mitos atau Fakta?

Gunakan bantal khusus

Gunakan bantal khusus untuk duduk yang bertujuan agar dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang ekor atau tulang belakang. Bantal khusus ini sudah didesain sesuai dengan kebutuhan penderita dengan bagian belakang diberi celah.

Kompres dingin dan hangat

Anda dapat mengompres area tulang ekor dengan kompres dingin dan hangat secara bergantian selama 10 sampai 15 menit beberapa hari sekali.

Jika langkah-langkah di atas masih belum bisa meredakan nyeri Anda atau kondisi semakin parah, segera konsultasi dengan dokter. Kemungkinan dokter akan menyarankan melakukan operasi sebagai langkah terakhir.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer